Sidang Isbat Awal Ramadan 2024 Dilaksanakan Hari Ini

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Sidang Isbat penentuan awal puasa Ramadan 2024 akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama di hari Minggu (10/3/2024) ini.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kementerian Agama di situs resminya, sidang isbat akan digelat di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl, M.H. Thamrin, Jakarta Psusat.

Sidang Isbat akan melibatkan banyak orang seperti Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam dan tamu undangan lainnya seperti pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” papar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin  pada Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Pelaksanaan Sidang Isbat 2024

Pelaksanaan Sidang Isbat 2024 akan dibagi menjadi tiga tahap.

Tahap pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) yang akan dipaparkan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

Sesi tahap pertama ini akan dibuka untuk umum dan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.

Tahap kedua, Sidang Isbat 2024 akan menentukan penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah. Penetapan ini akan digelar tertutup setelah Shalat Maghrib.

Pada tahap kedua pelaksanaan Sidang Isbat 2024 ini, sidang isbt akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang telah dilakukan oleh Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

Tahap ketiga adalah tahap pengumuman atau konferensi pers.

Di tahap ketiga pelaksanaan Sidah Isbat penentuan puasa Ramadan 2024 ini, tim sidang isbat 2024 akan menggelar konferensi pers dan mengumumkan hasil sidang isbat.

Pengumuman hasil sidang isbat ini akan disiarkan secara lansung oleh media sosial Kemenag.

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BCA Bioskop Trans TV BTS Cara Daftar Harga Film Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Internet Internet Wifi Jadwal Pertandingan Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Malang Manchester United MyRepublic Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral Whatsapp Wisata