4 Cara Mudah Cek IMEI iPhone, Jangan Lupa Untuk Simpan Di Dompet

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Cara cek IMEI di iPhone ini wajib diketahui oleh para pemilik iPhone untuk mengetahui apakah iPhone yang dibeli asli atau tidak dan juga bisa digunakan untuk mencari iPhone yang hilang.

Di dunia yang terhubung secara digital saat ini, perangkat seluler telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita.

iPhone dari Apple adalah salah satu merek paling populer di pasar, dan jutaan orang menggunakan iPhone mereka setiap hari.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identifikasi unik yang diberikan untuk setiap perangkat seluler, termasuk iPhone. Mengetahui IMEI iPhone Anda bisa sangat penting, terutama jika Anda perlu melaporkan perangkat hilang atau dicuri.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mudah mengecek IMEI di iPhone Anda.

Baca juga artikel berikut:

IMEI Adalah

Sebelum kita membahas cara mengecek IMEI di iPhone, mari kita pahami apa sebenarnya IMEI itu.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Artinya, IMEI adalah nomor unik yang diberikan untuk setiap perangkat seluler, termasuk iPhone.

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 digit dan digunakan oleh penyedia layanan seluler untuk mengidentifikasi perangkat tertentu, serta untuk melacak perangkat yang hilang atau dicuri.

Nomor IMEI tidak hanya penting bagi penyedia layanan seluler, tetapi juga bagi pengguna. Jika iPhone Anda hilang atau dicuri, Anda dapat menggunakan nomor IMEI untuk melacak atau melaporkan perangkat Anda ke pihak berwenang.

Selain itu, nomor IMEI juga diperlukan jika Anda ingin membuka kunci iPhone Anda dari penyedia layanan seluler tertentu.

Cara Cek IMEI iPhone

Ada 4 cara untuk melakukan cek nomor IMEI di iPhone Anda. Berikut adalah beberapa cara yang paling umum digunakan:

1. Mengecek IMEI melalui Pengaturan iPhone:

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Umum”.
  • Pilih “Tentang”.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Nomor IMEI, MEID dan ICCID”.
Cara cek IMEI iPhone melalui menu pengaturan

Pada layar ini, Anda akan melihat nomor IMEI iPhone Anda. Anda dapat menyalin nomor ini dan menyimpannya di tempat yang aman dengan cara sentuh dan tahan nomor yang akan disalin

2. Mengecek IMEI di Bagian Belakang iPhone:

Anda juga dapat menemukan nomor IMEI di bagian belakang iPhone Anda jika iPhone yang Anda miliki seri iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone SE (generasi 1), iPhone 6 Plus dan iPhone 6. Caranya:

  • Balikkan iPhone Anda.
  • Lihat di bagian belakang perangkat dekat logo Apple. Nomor IMEI biasanya dicetak kecil di sana.
Cara cek IMEI iPhone di belakang casing iPhone

Tetapi jika iPhone Anda adalah seri yang lebih lama seperti seri iPhone 3G,iPhone 3GS, iPhone 4 (model GSM) dan iPhone 4s, maka Anda bisa cek nomor IMEI iPhone pada bagian baki SIM.

Cek IMEI iPhone di baki SIM Card

3. Mengecek IMEI melalui iTunes:

Jika Anda lebih suka menggunakan komputer, Anda juga dapat mengecek nomor IMEI iPhone Anda menggunakan iTunes. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Buka iTunes jika belum terbuka secara otomatis.
  • Pilih perangkat iPhone Anda dari daftar perangkat di iTunes.
  • Klik tab “Ringkasan”.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan nomor IMEI.
Cek iMEI iPhone melalui iTunes

4. Mengecek IMEI melalui Situs Web Resmi Apple:

Anda juga dapat menggunakan situs web resmi Apple untuk mengecek nomor IMEI iPhone Anda. Caranya:

  • Buka browser web Anda dan kunjungi situs web Apple di www.apple.com.
  • Di bagian bawah halaman, temukan dan klik opsi “Dukungan”.
  • Di halaman Dukungan, cari dan klik opsi “Pilih iPhone Anda”.
  • Pilih model iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi “Identifikasi dan Nomor Seri”.
  • Di sini Anda akan melihat nomor IMEI iPhone Anda.

Mengapa Anda Perlu Cek IMEI di iPhone Anda?

Ada beberapa alasan mengapa penting untuk mengetahui nomor IMEI iPhone Anda:

1. Melacak iPhone yang Hilang atau Dicuri:

Jika iPhone Anda hilang atau dicuri, nomor IMEI bisa sangat berguna. Anda dapat memberikan nomor IMEI kepada penyedia layanan seluler Anda atau kepada pihak berwenang untuk membantu melacak perangkat Anda.

2. Memeriksa Status Kehilangan atau Dicuri:

Anda juga dapat memeriksa apakah iPhone Anda dilaporkan hilang atau dicuri dengan menggunakan nomor IMEI. Jika Anda berencana untuk membeli iPhone bekas, memeriksa status kehilangan atau dicurinya perangkat tersebut bisa mencegah Anda membeli barang curian.

3. Memeriksa Garansi:

Nomor IMEI juga digunakan untuk memeriksa status garansi iPhone Anda. Dengan mengetahui nomor IMEI, Anda dapat memeriksa apakah perangkat Anda masih dalam garansi atau tidak.

4. Membuka Kunci iPhone dari Penyedia Layanan Seluler:

Jika iPhone Anda dikunci ke penyedia layanan seluler tertentu, Anda akan memerlukan nomor IMEI untuk membuka kunci perangkat tersebut.

Mengetahui nomor IMEI iPhone Anda adalah langkah penting untuk melindungi perangkat Anda dan informasi pribadi Anda. Anda dapat dengan mudah mengecek nomor IMEI di iPhone Anda melalui pengaturan perangkat, melalui iTunes, atau menggunakan situs web resmi Apple.

Dengan mengetahui nomor IMEI, Anda dapat melacak perangkat Anda jika hilang atau dicuri, memeriksa status kehilangan atau dicurinya perangkat, memeriksa status garansi, dan membuka kunci iPhone dari penyedia layanan seluler tertentu.

Jadi, pastikan untuk menyimpan nomor IMEI iPhone Anda di tempat yang aman agar Anda dapat dengan mudah mengaksesnya jika diperlukan.

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BCA Bioskop Trans TV BTS Cara Daftar Harga Film Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Gempa Larantuka - NTT Internet Internet Wifi Jadwal Pertandingan Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Malang Manchester United MyRepublic Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Review Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral

Tinggalkan komentar