Doa Niat Puasa Ramadan Dan Artinya

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Puasa Ramadan 2024 sudah didepan mata, nah sudah tahukah kalian dengan doa niat puasa ramadan?

Bacaaan doa niat puasa Ramadan biasanya dilakukan sebelum melaksanakan puasa Ramadan di malam harinya atau saat sesudah sahur puasa Ramadan.

Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam di dunia, di bulan Ramadan ini pula umat Islam diwajibkan untuk berpuasa Ramadan.

Sebagaimana Allah telah berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Di bulan Ramadhan ini pula kejadian-kejadian penting bersejarah umat Islam terjadi, seperti turunnya kitab suci Al-Quran pada tanggal 17 Ramadhan dan juga turunnya malam Lailatul Qadar yang merupakan malam penuh kemuliaan.

Nah, agar puasa menjadi sah, maka sebelum menjalankan puasa Ramadhan, diwajibkan terlebih dahulu bagi umat muslim untuk membaca doa niat puasa ramadhan.

Bagaimana dan kapan doa niat puasa Ramadan ini dibaca, berikut selengkapnya:

Doa Niat Puasa Ramadan: Bacaan Dan Arti

Doa niat puasa Ramadaan yang dibacakan sebelum menjalankan ibadah puasa keesokan harinya menjadi salah satu bagian terpenting dalam menjalankan puasa keesokan harinya, karena dari niatlah akan ditentukan seseorang akan mendapatkan ganjaran atau tidak dan seberapa besar ganjaran yang akan diterima.

Doa niat puasa Ramadan ini sebenarnya telah diajarkan kepada kita sejak kecil, diajarkan oleh orang tua, guru ngaji bahkan sampai di sekolah-sekolah.

Tetapi sebagai seorang manusia, tentu saja kita bisa lupa dengan yang telah diajarkan itu semua, karena doa niat puasa yang hanya dibacakan saat bulan Ramadan yang datang setahun sekali.

Oleh karena itu tak ada salahnya apabila kita kembali mengingat bagaimana doa niat puasa Ramadan ini

Bacaat Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

Sebelum membaca doa niat puasa Ramadhan di bawah ini, sebaiknya bacalah basmalah terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan membaca doa niat puasa di bawah ini.

Doa Niat Puasa Ramadan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghodin an’ adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala.”

Arti Doa Niat Puasa Ramadan

Setelah membaca doa niat puasa Ramadan di atas, alangkah baiknya jika kita tak hanya sekedar membaca doa nya saja, melainkan juga mengerti arti dari doa puasa Ramadan yang telah kita baca tersebut.

Arti dari doa niat puasa Ramadan tersebut adalah:
“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Itulah doa niat puasa Ramadan beserta artinya.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Tentang Puasa Ramadan

Puasa Ramadhan adalah praktik puasa Islam dari fajar hingga matahari terbenam selama bulan Ramadhan, yang merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam. Puasa adalah salah satu dari Lima Rukun Islam dan dianggap sebagai cara bagi umat Islam untuk menyucikan jiwa mereka, meningkatkan ketakwaan mereka kepada Allah, dan berempati kepada mereka yang kurang beruntung.

Selama bulan Ramadhan, umat Islam tidak makan, minum, dan kebutuhan fisik lainnya di siang hari. Ini termasuk menahan diri dari merokok, aktivitas seksual, dan bentuk pemanjaan diri lainnya. Muslim juga didorong untuk menghabiskan lebih banyak waktu membaca Al-Quran, berdoa, dan melakukan tindakan amal.

Puasa berbuka saat matahari terbenam dengan makan yang disebut iftar. Keluarga dan komunitas berkumpul untuk berbuka puasa dan berbagi makanan. Bulan Ramadhan juga merupakan waktu bagi umat Islam untuk berkumpul dan memperkuat ikatan mereka satu sama lain.

Puasa Ramadhan tidak diwajibkan bagi individu yang sedang hamil, menyusui, bepergian, lanjut usia, atau memiliki kondisi kesehatan yang menghalangi mereka untuk berpuasa.

Namun, mereka yang tidak dapat berpuasa selama bulan Ramadhan dianjurkan untuk mengganti hari-hari yang terlewat di lain waktu atau memberikan makanan kepada mereka yang membutuhkan.

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BCA Bioskop Trans TV BTS Cara Daftar Harga Film First Media Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Internet Internet Wifi Jadwal Pertandingan Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Malang Manchester United MyRepublic Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Piala AFF 2020 Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral

Komentar ditutup.