Doa Niat Puasa Ramadhan Dan Artinya

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam di dunia, di bulan Ramadhan ini pula umat Islam diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan.

Sebagaimana Allah telah berfirman dalam Surat Al-Baqarah :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Di bulan Ramadhan ini pula kejadian-kejadian penting bersejarah umat Islam terjadi, seperti turunnya kitab suci Al-Quran pada tanggal 17 Ramadhan dan juga turunnya malam Lailatul Qadar yang merupakan malam penuh kemuliaan.

Nah, agar puasa menjadi sah, maka sebelum menjalankan puasa Ramadhan, diwajibkan terlebih dahulu bagi umat muslim untuk membaca doa niat puasa ramadhan.

Doa Niat Puasa Ramadhan: Bacaan Dan Arti

Doa niat puasa Ramadhan yang dibacakan sebelum menjalankan ibadah puasa keesokan harinya menjadi salah satu bagian terpenting dalam menjalankan puasa keesokan harinya, karena dari niatlah an ditentukan seseorang akan mendapatkan ganjaran atau tidak dan seberapa besar ganjaran yang akan ia terima.

Doa niat puasa Ramadhan ini sebenarnya telah diajarkan kepada kita sejak kecil, diajarkan oleh orang tua, guru ngaji bahkan sampai di sekolah-sekolah.

Tetapi sebagai seorang manusia, tentu saja kita bisa lupa dengan yang telah diajarkan itu semua, karena doa niat puasa yang hanya dibacakan saat bulan Ramadhan datang setahun sekali.

Doa Niat Puasa Ramadhan

Sebelum membaca doa niat puasa Ramadhan di bawah ini, sebaiknya bacalah basmalah terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan membaca doa niat puasa di bawah ini.

Doa Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghodin an’ adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala.”

Arti Doa Niat Puasa Ramadhan

Setelah membaca doa niat puasa Ramadhan di atas, alangkah baiknya jika kita tak hanya sekedar membaca doa nya saja, melainkan juga mengerti arti dari doa yang kita baca.

Arti dari doa niat puasa Ramadhan tersebut adalah:
“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Komentar ditutup.