Doa Ya Hayyu Ya Qayyum Birahmatika Astaghitsu: Arti, Makna dan Tata Cara Berdoanya

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Doa Ya Hayyu Ya Qayyum Birahmatika Astaghitsu adalah salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk menghilangkan segala masalah maupun untuk meminta kepada Allah jika memiliki hajat hidup yang besar.

Ya Hayyu Ya Qayyum merupakan bacaan dzikir dengan menyebutkan dua nama Allah SWT dari Asmaul Husna, yakni Al-Hayyu dan Al-Qayyum.

Al-Hayyu memiliki arti bahwa Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Hidup Kekal Abadi, pencipta 18 ribu alam dari ketiadaan dan yang memberikan kehidupan.

Al-Qayyum berarti Yang Berdiri Sendiri. Tidak hanya memberikan kehidupan, Allah pula yang berdiri sendiri menjaga serta melindungi kehidupan tersebut.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan membaca dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum di setiap pagi dan petang.

Dari Anas, ia pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dalam keadaan duduk lantas ada seseorang yang shalat, kemudian ia berdo’a,

“Allahumma inni as-aluka bi-anna lakal hamda, laa ilaha illa anta al-mannaan badii’us samaawaati wal ardh, yaa dzal jalali wal ikram, yaa hayyu yaa qayyum [artinya: Ya Allah, aku meminta pada-Mu karena segala puji hanya untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Yang Banyak Memberi Karunia, Yang Menciptakan langit dan bumi, Wahai Allah yang Maha Mulia dan Penuh Kemuliaan, Ya Hayyu Ya Qayyum –Yang Maha Hidup dan Tidak Bergantung pada Makhluk-Nya-].”

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh ia telah berdo’a pada Allah dengan nama yang agung di mana siapa yang berdo’a dengan nama tersebut, maka akan diijabah. Dan jika diminta dengan nama tersebut, maka Allah akan beri.”

Imam Ghazali juga menjelaskan mengenai keutamaan Ya Hayyu Ya Qayyum. Menurutnya, orang yang mengalami kesusahan dan menghadapi berbagai masalah sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca, “Ya Hayyu Ya Qayyum Birahmatika Astaghisu” (Wahai Dzat yang Maha Hidup dan yang Maha Berdiri Sendiri, dengan segala rahmat Engkau-lah aku memohon bantuan.)

Zikir Ya Hayyu Ya Qayyum merupakan zikir yang dipanjatkan Rasulullah SAW saat menghadapi suatu masalah. Harapannya Allah SWT akan memberikan kemudahan atas kesulitan yang kita hadapi.

Bacaan zikir Ya Hayyu Ya Qayyum dijelaskan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam Kitab Al-Jawabul Kafi Liman Saala ‘Anid Dawaaisy-Syafi sebagaimana dinukil Ustadz Syauqi Abdillah Zein dalam buku Jurus-Jurus Langit Pengguyur Rezeki, bahwa Ya Hayyu Ya Qayyum dikenal sebagai Ismullahil ‘Adzham.

“Barangsiapa yang merutinkan 40 kali setiap antara sholat sunnah fajar dengan sholat subuh, membaca “ya hayyu ya qayyum la ilaha illa anta birahmatika astagitsu”, maka hatinya akan hidup dan tidak akan mati.”

Ismul a’dzham atau Ismullahil a’dzham merupakan nama Allah SWT yang paling agung yang ada di dalam Al-Qur’an. Maka, apabila berzikir atau berdoa menggunakan nama-nama ini, doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Bacaan Ya Hayyu Ya Qayyum Arab dan Artinya

يَاحَيُّ يَا قَيُّومُ

Ya Hayyu ya Qayyum

Artinya: “Wahai Sang Mahahidup dan Sang Maha Berdiri Sendiri (Mandiri)”

Tata Cara Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum Birahmatika Astaghitsu

Seperti dzikir lainnya, Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum Birahmatika Astaghitsu sebenarnya bisa dibaca kapanpun, namun sebenarnya ada waktu-waktu tertentu yang akan semakin bisa menambah fadilah dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum Birahmatika Astaghitsu ini.

Waktu yang pertama adalah seperti yang disebutkan oleh Ibnu Qayyim, yaitu waktu yang terbaik untuk membaca dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum Birahmatika Astaghitsu ini adalah pada saat antara sholat sunnah fajar dengan sholat shubuh dengan dibaca sebanyak 40 kali.

Waktu yang kedua yang dipercaya juga tepat adalah pada saat 1/3 malam terakhir, dan dibaca sebanyak 21x.

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BCA Bioskop Trans TV BTS Cara Daftar Harga Film Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Gempa Larantuka - NTT Internet Internet Wifi Jadwal Pertandingan Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Malang Manchester United MyRepublic Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Review Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral

Tinggalkan komentar