Cara Mengobati Sakit Gigi di Rumah, Siapkan Bahan – Bahan Mujarab Ini

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Bagaimana cara mengobati sakit gigi di rumah tanpa harus ke dokter gigi?

Sakit gigi adalah masalah umum yang dapat memengaruhi siapa pun, kapan pun. Nyeri gigi dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari gigi sensitif hingga masalah serius seperti infeksi gigi atau gigi berlubang.

Nah, salah satu permasalahan umum yang sering terjadi saat sakit gigi adalah gigi berlubang namun malas atau takut ke dokter gigi dengan berbagai macam alasan.

Baca juga artikel berikut ini:

Penyebab Sakit Gigi

Sebelum membahas mengenai cara mengobati sakit gigi di rumah, tanpa harus ke dokter gigi, kalian harus paham bahwa ada beberapa penyebab munculnya sakit gigi.

  1. Karies atau Gigi Berlubang: Ini adalah penyebab paling umum dari sakit gigi. Karies gigi dapat mengakibatkan lubang di gigi, yang kemudian dapat menyebabkan nyeri gigi yang parah.
  2. Infeksi Gigi: Infeksi gigi dapat terjadi ketika bakteri masuk ke dalam pulpa gigi (bagian dalam gigi yang berisi saraf dan pembuluh darah). Infeksi gigi dapat menyebabkan nyeri hebat dan pembengkakan.
  3. Gusi Radang atau Gingivitis: Gingivitis adalah peradangan gusi yang disebabkan oleh penumpukan plak. Hal ini dapat menyebabkan gusi berdarah, bengkak, dan nyeri.
  4. Gigi Sensitif: Gigi sensitif dapat terjadi akibat ausnya lapisan luar gigi (email) atau penarikan gusi, yang menyebabkan paparan saraf gigi.
  5. Gigi Tergores atau Patah: Gigi yang tergores atau patah juga dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.

Sakit gigi sebenarnya juga tidak datang secara tiba-tiba, tetapi ada tanda dan gejala sakit gigi mulai menyerang.

Berikut beberapa tanda umum jika sakit gigi akan segera kalian rasakan:

  • Nyeri atau ketidaknyamanan di area gigi atau gusi
  • Sensitivitas terhadap makanan atau minuman panas, dingin, atau manis
  • Pembengkakan di sekitar gigi atau gusi
  • Demam
  • Nyeri saat mengunyah atau menekan gigi
  • Sakit saat ditekan

Cara Mengobati Sakit Gigi di Rumah

Cara mengobati sakit gigi di rumah bisa menggunakan bahan-bahan yang umum seperti air hangat, obat pereda nyeri, obat kumur dan obat gosok.

Nah, berikut ini beberapa cara mengobati sakit gigi:

1. Bersihkan Area Gigi yang Sakit Dengan Benang Gigi

Jika nyeri gigi disebabkan oleh sisa makanan yang terjebak di antara gigi, membersihkan area tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi dengan lembut.

Selain menggunakan benang gigi, bersihkan area gigi yang sakit dengan berkumur dengan air hangat.
Jika gigi kalian berlubang, biasakan untuk selalu berkumur sesudah makan, atau sebelum tidur.

Cara berkumur yang baik untuk membersihkan gigi yaitu dengan memasukkan air hangat ke dalam mulut hanya sedikit saja, tidak sampai mulut terasa penuh.
Kemudian berkumurlah seperti biasa, dan rasakan jika sisa-sia makanan terasa lepas dari sela-sela gigi.

2. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Jika berkumur tidak cukup, gunakan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa nyeri sakit gigi.

Penggunaan obat pereda nyeri over-the-counter seperti ibuprofen (misalnya, Advil) atau parasetamol (misalnya, Tylenol) dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Jika obat-obatan tersebut tidak ada, carilah obat untuk sakit kepala di kotak obat kalian.

3. Gunakan Kompres Dingin

Menerapkan kompres dingin ke pipi di dekat gigi yang sakit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Tempelkan kantung es yang dibungkus dengan handuk tipis ke pipi Anda selama 15-20 menit.

4. Kompres Hangat

Selain kompres dingin, kompres hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Tempelkan handuk yang dibasahi air hangat ke pipi Anda selama 15-20 menit.

5. Gunakan Obat Kumur Antiseptik

Berkumur dengan larutan air garam hangat atau obat kumur antiseptik dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

6. Hindari Makanan dan Minuman yang Panas, Dingin, atau Manis

Makanan dan minuman yang panas, dingin, atau manis dapat meningkatkan sensitivitas gigi Anda. Cobalah untuk menghindari makanan dan minuman ini sementara Anda mengalami sakit gigi.

7. Minum Banyak Air

Minum banyak air dapat membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri dari mulut Anda, serta mengurangi risiko infeksi.

8. Gunakan Bantal Tambahan

Jika nyeri gigi membuat sulit bagi Anda untuk tidur, cobalah menggunakan bantal tambahan untuk mendukung kepala dan leher Anda.

9. Minum Obat Penghilang Nyeri

Jika Anda merasa sakit gigi Anda tidak tertahankan, Anda dapat minum obat penghilang nyeri sesuai dosis yang direkomendasikan.

10. Gosok Dengan Balsam

Gosok bagian pipi yang terasa sakit karena sakit gigi dengan balsam, hangatnya akan dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Pijat juga daerah sekitar tengkuk, pundak dan bawah pundak, karena jika dipijat di area ini, rasa nyeri karena sakit gigi bisa berkurang.

Jika rasa sakit gigi masih berlanjut dan mengganggu aktivitas kalian, maka sudah saatnya kalian harus berkunjung ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan sakit gigi lebih lanjut.

Cara Mencegah Sakit Gigi

Tentu saja, langkah terbaik dalam mengatasi sakit gigi adalah dengan mencegahnya terjadi. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah sakit gigi di masa depan:

  1. Sikat Gigi Secara Teratur: Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari selama dua menit setiap kali.
  2. Gunakan Benang Gigi: Gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari untuk membersihkan sela-sela gigi Anda.
  3. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur: Lakukan pemeriksaan gigi rutin setidaknya setiap enam bulan sekali.
  4. Hindari Makanan dan Minuman Manis: Batasi asupan makanan dan minuman manis, terutama yang mengandung gula tambahan.
  5. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluorida: Fluorida membantu memperkuat email gigi dan melindungi gigi dari kerusakan.
  6. Gunakan Pelindung Gigi: Jika Anda bermain olahraga kontak atau memiliki kebiasaan menggertak gigi di malam hari, gunakan pelindung gigi untuk melindungi gigi Anda dari cedera.

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BCA Bioskop Trans TV BTS Cara Daftar Harga Film Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Gempa Larantuka - NTT Internet Internet Wifi Jadwal Pertandingan Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Malang Manchester United MyRepublic Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Review Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral

Tinggalkan komentar