Sidang Isbat Awal Ramadan 2024 Dilaksanakan Hari Ini

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Sidang Isbat penentuan awal puasa Ramadan 2024 akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama di hari Minggu (10/3/2024) ini.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kementerian Agama di situs resminya, sidang isbat akan digelat di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl, M.H. Thamrin, Jakarta Psusat.

Sidang Isbat akan melibatkan banyak orang seperti Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam dan tamu undangan lainnya seperti pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” papar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin  pada Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Pelaksanaan Sidang Isbat 2024

Pelaksanaan Sidang Isbat 2024 akan dibagi menjadi tiga tahap.

Tahap pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) yang akan dipaparkan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

Sesi tahap pertama ini akan dibuka untuk umum dan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.

Tahap kedua, Sidang Isbat 2024 akan menentukan penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah. Penetapan ini akan digelar tertutup setelah Shalat Maghrib.

Pada tahap kedua pelaksanaan Sidang Isbat 2024 ini, sidang isbt akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang telah dilakukan oleh Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

Tahap ketiga adalah tahap pengumuman atau konferensi pers.

Di tahap ketiga pelaksanaan Sidah Isbat penentuan puasa Ramadan 2024 ini, tim sidang isbat 2024 akan menggelar konferensi pers dan mengumumkan hasil sidang isbat.

Pengumuman hasil sidang isbat ini akan disiarkan secara lansung oleh media sosial Kemenag.

  • Gempa Tuban Magnitudo 6,1, Terasa Sampai Malang

    Gempa Tuban Magnitudo 6,1, Terasa Sampai Malang

    Gempa mengguncang Tuban hari ini (Jumat, 22/3/2024) pukul 11.22 WIB. Kekutan gempa yang mengguncang tersebut dirasakan hingga Kota Malang. Selain kota Malang, getaran Gempa Tuban tersebut juga terasa di Surabaya, yang memang secara jarak lebih dekat dengan Tuban. “Info Gempa Mag:6.0, 22-Mar-24 11:22:45 WIB, Lok:5.74 LS, 112.32 BT (132 km TimurLaut TUBAN-JATIM), Kedlmn:10 Km ::BMKG”…


  • Jadwal Buka Puasa Malang Hari Ini, Rabu 13 Maret

    Jadwal Buka Puasa Malang Hari Ini, Rabu 13 Maret

    Jadwal buka puasa di kota Malang hari ini, Rabu 13 Maret 2024 bertepatan dengan Adzan Maghrib hari ini yaitu pada pukul 17.47 WIB. Bagi warga Kabupaten Malang, jadwal buka puasa di kabupaten Malang hari ini pada pukul 17.47 WIB.


  • Sholat Tarawih: Ibadah Di Malam Ramadan yang Penuh Berkah

    Sholat Tarawih: Ibadah Di Malam Ramadan yang Penuh Berkah

    Sholat Tarawih adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Ibadah ini memiliki tata cara tersendiri yang perlu dipahami dengan baik agar pelaksanaannya menjadi sah dan diterima di sisi Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang tata cara sholat Tarawih, waktu pelaksanaannya, bacaan niat beserta artinya,…