Titik Lokasi Ibukota Indonesia Baru

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Letak atau titik lokasi Ibokota Indonesia baru di Nusantara wajib kita ketahui bersama sebagai warga negara Indonesia.

Seperti yang sudah disiapkan oleh pemerintah Indonesia saat ini, titik lokasi Ibukota Indonesia akan berpindah, dari sebelumnya di Jakarta ke Nusantara yang berada di Kalimantan Timur.

Persiapan pemindahan titik lokasi Ibukota Indonesia sebagai pusat pemerintahan Republik Indonesia telah berjalan lama, Pada 2019 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan letak ibu kota baru Indonesia. Ibu kota akan dipindah ke dua kabupaten di Kalimantan Timur, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di tahun 2024 ini menjadi fase awal perpindahan pusat pemerintahan dengan ditandai berpindahnya Istana Negara bersama 4 Kementerian yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Sekretariat Negara.

Lalu dimanakah titik lokasi ibukota Indonesia baru ini?

Menurut UU IKN Pasal 6, berikut letak ibu kota baru Indonesia secara geografis:

• Bagian Utara: 117° 0′ 31.292″ Bujur Timur dan 0° 38′ 44.912″ Lintang Selatan
• Bagian Selatan: 117° 11′ 51.903″ Bujur Timur dan 1° 15′ 25.260″ Lintang Selatan
• Bagian Barat: 116° 31′ 37.728″ Bujur Timur dan 0° 59′ 22.510″ Lintang Selatan; dan
• Bagian Timur pada 117° 18′ 28.084″ Bujur Timur dan 1° 6′ 42.398″ Lintang Selatan.

Dengan batas-batas wilayah Ibukota Nusantara meliputi:

• Di Selatan berbatasan dengan Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan; Kecamatan Balikpapan Barat; Kecamatan Balikpapan Utara; dan Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.
• Di Barat berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara; dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.
• Di Utara berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan, dan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara; serta
• Di Timur berbatasan dengan Selat Makassar.

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BCA Bioskop Trans TV BTS Cara Daftar Harga Film Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Internet Internet Wifi Jadwal Pertandingan Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Malang Manchester United MyRepublic Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral Whatsapp Wisata