Arti CC Di Motor dan Mobil, Wajib Tahu Biar Ga Salah Kaprah

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Pernah dengar istilah CC di motor atau mobil?

Kalau belum pernah mendengar CC, tentu kamu bukan termasuk golongan pecinta otomotif seperti mobil dan motor, hayo ngaku deh….

Ketika kita berbicara tentang mobil dan motor, seringkali istilah CC ini terungkap oleh kita ataupun lawan bicara kita.

“Wah, motor baru nih bro?
Gila, ini motor yang CC nya 250 itu kan?”

Kira-kira seperti itu obrolan bocah laki-laki pecinta motor yang lihat temannya bawa motor baru.

Lalu apa sih sebenarnya arti CC di motor dan mobil itu?

Arti CC di Motor dan Mobil

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, CC sebenarnya adalah singkatan dari cubical centimeter (centimeter kubik) yaitu merupakan volume ruang silinder pada suatu mesin.

Semakin besar cubical centimeter atau CC pada mesin motor atau mobil, maka akan semakin besar pula tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut.

Karena sentimeter kubik atau CC merupakan isi silinder dalam satuan cm3, maka besarnya CC kendaraan sama saja dengan besarnya volume silinder. Isi atau volume silinder ini menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder saat kendaraa melakukan langkah isap.

Sebagai contoh, mesin motor 110 cc tentu tenaganya akan sangat berbeda dengan tenaga mesin motor yang memiliki mesin 250 cc.

Karena CC motor atau mobil yang besar memiliki tenaga yang besar pula, maka tak heran juga jika cc motor atau mobil yang besar juga membutuhkan asupan bahan bakar yang lebih banyak daripada mesin yang memiliki cc lebih kecil.

Selain BBM yang butuh lebih besar, CC motor atau mobil yang besar juga berpengaruh terhadap pajak kendaraan yang harus dibayarkan.

Semakin besar cc motor atau mobil kalian, maka akan semakin besar pula pajak yang harus dibayarkan kepada negara.

  • 5 Arti Mimpi Melihat Matahari Terbit

    5 Arti Mimpi Melihat Matahari Terbit

    Apa ya arti mimpi melihat matahari terbit? Dalam kehidupan, melihat pemandangan matahari terbit adalah bisa dikatakan sesuatu yang cukup langka. Untuk bisa menikmati momen melihat matahari terbit, kita harus mencari tempat yang tepat seperti ke gunung maupun pantai. Meskipun telah pergi ke gunung ataupun pantai, namun untuk bisa melihat proses matahari terbit juga butuh keberuntungan,…


  • Harga BBM Pertamina Terbaru di Bulan Mei 2024, Turun?

    Harga BBM Pertamina Terbaru di Bulan Mei 2024, Turun?

    Harga BBM Pertamina di bulan Mei 2024 ini tidak ada penyesuaian harga oleh PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga. Jadi harga BBM Pertamina tidak turun dan juga tidak naik, atau tetap. Saat ini, BBM Pertamina terbagi menjadi dua kelompok harga yaitu BBM Pertamina subsidi dan BBM Pertamina non subsidi. Karena harga BBM Pertamina di…


  • Tanggal Merah Mei 2024, Mulai Atur Cuti Lagi

    Tanggal Merah Mei 2024, Mulai Atur Cuti Lagi

    Tanggal merah di bulan Mei 2024 ini bisa dikatakan lumayan banyak. Tanggal merah bulan Mei 2024 yang pertama ada di tanggal 1 Mei 2024. Tanggal merah 1 Mei 2024 diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Meskipun tanggal merah, namun tanggal 1 Mei ini cukup rawan jika digunakan untuk agenda berlibur, karena biasanya banyak demo buruh dimana-mana.…