Harga Minyak Goreng Melambung Tinggi, Pengusaha Hingga Ibu Rumah Tangga Menjerit

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Harga minyak goreng melambung tinggi di pasaran, bahkan tak sedikit dari ibu-ibu rumah tangga yang menjerit merasakan kenaikan harga minyak goreng ini.

Bahkan Nanyak mendengar dari seorang ibu-ibu yang bertekat untuk mengurangi membeli minyak goreng dan menggantinya dengan merebus makanan.

Selain ibu-ibu rumah tangga, para pelaku bisnis yang memiliki bisnis makanan seperti gorengan maupun makanan rumahan dan juga pengusaha krupuk juga menjerit akibat kenaikan harga minyak goreng yang naik tinggi ini.

Seperti yang dilansir dari Republika, pengusaha krupuk kulit ikan di Indramayu juga mengeluhkan hal yang sama.

Pengusaha krupuk ikan di Indramayu mengeluhkan harga minyak goreng yang terus naik sejak sepekan terakhir dari harga Rp 14.000 per liter menjadi Rp 19.000 per liter.

Saat ini di pasaran harga minyak goreng kemasan ukuran 2 liter saat ini berkisar Rp35.000 dari semula Rp30.000. Untuk minyak curah naik menjadi Rp20.000/liter dari semula Rp18.000-19000/liter.

Seperti yang dilansir dari Kompas, kenaikan harga minyak goreng ini disebabkan karena beberapa sebab.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengungkap penyebab kenaikan harga minyak goreng karena adanya kenaikan harga minyak sawit mentah dan kurangnya pasokan bahan baku di pasar minyak nabati dan lemak secara global akibat pandemi dan cuaca buruk.

Saat ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah berusaha untuk melakukan stabilisasi harga minyak goreng dan meminta agar pedagang dan produsen diminta tetap menjual minyak goreng dengan harga eceran tertinggi yang diberlakukan.

  • Harga BBM Pertamina Terbaru di Bulan Mei 2024, Turun?

    Harga BBM Pertamina Terbaru di Bulan Mei 2024, Turun?

    Harga BBM Pertamina di bulan Mei 2024 ini tidak ada penyesuaian harga oleh PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga. Jadi harga BBM Pertamina tidak turun dan juga tidak naik, atau tetap. Saat ini, BBM Pertamina terbagi menjadi dua kelompok harga yaitu BBM Pertamina subsidi dan BBM Pertamina non subsidi. Karena harga BBM Pertamina di…


  • Tanggal Merah Mei 2024, Mulai Atur Cuti Lagi

    Tanggal Merah Mei 2024, Mulai Atur Cuti Lagi

    Tanggal merah di bulan Mei 2024 ini bisa dikatakan lumayan banyak. Tanggal merah bulan Mei 2024 yang pertama ada di tanggal 1 Mei 2024. Tanggal merah 1 Mei 2024 diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Meskipun tanggal merah, namun tanggal 1 Mei ini cukup rawan jika digunakan untuk agenda berlibur, karena biasanya banyak demo buruh dimana-mana.…


  • Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle

    Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle

    Tari Rangkuk Alu menjadi trending topik di hari Senin (29/4/2024) ini. Hal ini tak lain karena banyak yang penasaran mengenai Tari Rangkuk Alu yang jadi Google Doodle hari ini, seperti bertanya darimana asal permainan Rangkuk Alu, tujuan tarian Rangkuk Alu dan lain – lain. Asal Tari Rangkuk Alu Berdasarkan situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset…