Ini Yang Harus Dilakukan Saat Mendapatkan Arti Mimpi Yang Buruk Menurut Islam

Mimpi merupakan bunga tidur yang seringkali datang disaat kita tidur.

Tetapi tahukah kalian, jika mimpi yang datang tersebut terkadang merupakan mimpi yang bisa diartikan dan kelak akan berguna di kehidupan kalian?

Baca Juga: Arti Mimpi Melihat Orang Jatuh Dari Ketinggian

Tafsir Mimpi Dalam Islam

Di dalam Islam, tafsir mimpi merupakan disiplin ilmu yang sangat sulit untuk dipelajari daripada ilmu-ilmu yang lain.

Hal ini karena mimpi penuh dengan simbol yang tidak bisa ditelan begitu saja, tetapi harus dikupas dengan hati-hati dengan menggunakan bahasa hati.

Bahkan ada pula yang mengatakan jika ilmu tafsir mimpi merupakan salah satu bagian dari wahyu kenabian, sehingga tidak semua orang bisa menafsirkan atau mengartikan mimpi yang dialaminya sendiri atau dialami oleh orang lain.

Dalam Islam, nabi yang memiliki keahlian dalam menerjemahkan mimpi salah satunya adalah Nabi Yusuf As.

Seperti yang tertulis dalam Al-Quran, Nabi Yusuf pernah menafsirkan mimpi raja.

Mimpi Al Aziz telah dijelaskan dalam surat Yusuf ayat 43 dan 44. Dirinya tengah bermimpi cukup unik sehingga membuatnya penasaran dengan arti dibaliknya.

Nabi Yusuf yang mendengar kabar ini maka Nabi Yusuf pun tertarik untuk mentafsirkannya. Peristiwa ini menjadi awal mula perkenalannya dengan raja Mesir. Ketertarikan Raja kepada Nabi Yusuf pun juga semakin kuat hingga akhirnya terbongkarlah tipu daya Zulaikha atas fitnahnya.

Baca Juga: Arti Mimpi Genten Rumah Rusak

Tiga Jenis Mimpi Dalam Islam

Islam sendiri mengelompokkan mimpi dalam tiga jenis. Hal ini seperti yang diriwayatkan dalam salah satu hadits dimana Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengelompokkan jenis mimpi menjadi tiga bagian.

وَالرُّؤْيَا ثَلَاثٌ، الحَسَنَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ، وَالرُّؤْيَا يُحَدِّثُ الرَّجُلُ بِهَا نَفْسَهُ، وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلَا يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا وَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ

“Mimpi itu ada tiga. Mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi karena bawaan pikiran seseorang (ketika terjaga), dan mimpi menyedihkan yang datang dari setan. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian senangi, maka jangan kalian ceritakan pada siapa pun, berdirilah dan shalatlah!” (HR Muslim).

Dalam Hadits Riwayat Muslim tersebut tertulis jelas apabila kita mengalami mimpi buruk atau mimpi yang artinya keburukan, maka janganlah kita sebarkan atau ceritakn mimpi buruk tersebut ke orang lain.

Menurut Nanyak menceritakan mimpi buruk tersebut akan membuat orang lain merasa prihatin, sedih dan berpikir negatif, sehingga mimpi buruk tersebut akan membawa energi negatif kepada kita dan juga orang lain.

Karena itu, dalam Hadits Riwayat Muslim tersebut secara tegas juga menganjurkan kepada kita apabila bermimpi jelek atau arti mimpinya jelek, maka kita untuk segera melakukan sholat agar pikiran dan hati kita menjadi tenang dan tidak lagi memikirkan arti mimpi buruk tersebut.

Baca Juga: Arti Mimpi Pasangan Selingkuh