Info Gunung Welirang Terkini Usai Viralnya Kabar Gunung Welirang Meletus

Info Gunung Welirang terkini usai viralnya video yang memperlihatkan cahaya merah disertai kilatan di atas puncak Gunung Arjuna Welirang masih menjadi rasa penasaran bagi banyak orang.

Dalam video yang beredar memang puncak gunung Welirang berwarna merah disertai kilat, hal ini tentu mengingatkan masyarakat sekitar Kota Malang akan terjadinya letusan Gunung Kelud beberapa tahun lalu.

Terlebih lagi, Gunung Welirang yang berstatus sebagai gunung berapi semakin membuat masyarakat di sekitar Gunung Welirang harus ekstra hati-hati mengingat kejadian di Gunung Semeru yang erupsi tanpa peringatan terlebih dahulu.

Baca Juga: Gunung Welirang Dikabarkan Meletus Usai Viralnya Video Warna Merah Di Puncak Gunung Welirang

Berdasarkan website magma.esdm.go.id, status Gunung Welirang terkini berada di level 1 atau dalam status normal.

Bahkan dalam kurun waktu tujuh hari terakhir, status Gunung Welirang tidak berubah, masih tetap dalam level 1 (normal) dan seakan tidak terpengaruh dengan gejolak yang terjadi di Gunung Semeru maupun di Gunung Merapi.

Dalam website tersebut juga dijelaskan mengenai pengamatan terakhir Gunung Welirang.

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 30-40 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah ke arah utara, timur laut dan timur.

Meskipun berstatus normal, namun rekomendasi yang dikeluarkan oleh badan terkait merekomendasikan agar penduduk atau masyarakat di sekitar Gunung Arjuno Welirang dan juga para pengunjung, wisatawan dan pendaki dilarang untuk memasuki areal kawah aktif Gunung Arjuno Welirang.

Larangan ini harus menjadi perhatian pengunjung, karena bisa saja asap yang dikeluarkan dari Gunung Welirang mengandung zat-zat yang berbahaya.