Gunung Welirang Dikabarkan Meletus Usai Viralnya Video Warna Merah Di Puncak Gunung Welirang

Baru saja Nanyak menerima video-video yang menggambarkan kilatan-kilatan petir dan juga warna merah yang membumbung di atas puncak gunung Welirang.

Bersamaan dengan itu pula kemudian tersebar berita jika Gunung Welirang yang berdekatan dengan Gunung Arjuna dikabarkan meletus.

Seperti yang dilansir dari Jatimnow, penampakan kilat dan kepulan asap merah di atas Gunung Welirang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB pada hari Senin (13/12/2021) ini.

Fenomena tersebut diabadikan oleh warga yang melihatnya dan kemudian tersebar di grup-grup Whatsapp, termasuk di grup Whatsapp keluarga Nanyak.

Benarkah Gunung Welirang meletus atau erupsi?

Hingga Nanyak selesai menulis berita terkini ini, belum ada keterangan apapun terkait dengan status Gunung Welirang saat ini.

UPDATE

Warna merah dan kilatan petir diatas puncak Gunung Welirang ternyata merupakan fenomena alam yang diakibatkan karena  cuaca ekstrem yang berasal dari awan Cumulonimbus (CB), hal tersebut lumrah ketika siangnya terik, maka biasanya sore hari muncul awan CB. 

Jadi berita mengenai Gunung Welirang meletus adalah tidak benar

Mengenal Gunung Welirang

Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif yang letaknya bersebalahan dengan Gunung Arjuna.

Gunung Welirang memiliki ketinggan 3.156 m dpl yang secara adminstratif terletak di tiga kabupaten di Jawa Timur yakni Kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto.

Welirang ata walirang (nama kunonya) dalam bahasa Jawa berarti belerang.