Grand Launching Fakultas Vokasi dan Peresmian Gedung Laboratorium Vokasi dan Industri Kreatif

Universitas Brawijaya akhirnya berhasil mewujudkan mimpi di masa depan, yakni sukses meresmikan Fakultas Vokasi dan Gedung Laboratorium Industri Kreatif.

Acara grand launching Fakultas Vokasi dan peresmian Gedung Laboratorium Vokasi dan Industri Kreatif ini digelar pada hari ini (Rabu, 02/02/2022) di Jalan Dieng Atas, Kunci Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Baca Juga: Vokasi UB Gelar Khataman Al-Quran dan Sumbang Penghafal Al Quran

Acara peresmian ini dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR., M.S. dengan menandatangani Prasasti yang sudah disiapkan.

“Alhamdulillah meskipun terlambat 1 bulan, namun tanpa mengurangi syukur peresmian gedung ini dapat digelar” ungkap Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR., M.S.

Peresmian Fakultas Vokasi dan Gedung Laboratorium Indutri kreatif dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc..,Ph.D dan 391 tamu undangan jajaran pimpinanRektorat Universitas Brawijaya, Senat Akademik Universitas, para dekan dan wakil Dekan fakultas, beserta sivitas akademika Fakultas Vokasi.

“Bukan seberapa Besar gedungnya, namun menangkap masa depan yang di bawa kedepan saat inilah yang perlu di apresiasi” ujar Ditjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto, S.T.,M.Sc dalam sambutannya.

Fakultas Vokasi, resmi didirikan dan dibentuk setelah disahkannya Peraturan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 93 Tahun 2021 tertanggal 28 Desember 2021. Fakultas Vokasi menyelenggarakan dan mengelola Pendidikan vokasi yaitu Sarjana Terapan Desain Grafis, Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan, Ahli Madya Administrasi Bisnis, Ahli Madya Keuangan dan Perbankan, dan Ahli Madya Teknologi Informasi.

“Saya Bersyukur atas diresmikannya Fakultas Vokasi dan Gedung Laboratorium industri kreatif hari ini” Ungkap Dekan Prof. Dr. Unti Ludigdo SE.,M.si.,Ak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat dan massive di segala bidang, maka pada tahun 2022, Fakultas Vokasi berencana mengajukan 5 (lima) program studi sarjana terapan baru yaitu Bisnis Jasa Makanan Halal, Robotika dan Kecerdasan Artifisial, Keuangan dan Manajemen Perbankan, Bisnis Digital, dan Terapi Gigi dan Mulut. Perkembangan Program. studi di Fakultas Vokasi tersebut juga diimbangi dengan peningkatan sarana dan prasarana, salah satunya yaitu pembangunan Gedung.

Pembangunan Gedung Laboratorium Vokasi dan Industri Kreatif bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan pembelajaran yang aktif, kreatif, kolaboratif, menyenangkan dan efektif.

Pembangunan gedung tersebut merupakan ikhtiar Fakultas Vokasi dalam merealisasikan cita-cita dan harapan untuk menguatkan keahlian praktis mahasiswanya dan ruang interaktif antar sivitas akademika yangberdampak pada tingginya produktifitas.

Gedung Laboratorium Vokasi dan Industri Kreatif merupakan gedung Fakultas Vokasi yang terletak di areal kampus II Universitas Brawijaya (Kampus Dieng) di Kota Malang.

Gedung 7 (tujuh) lantai yang memiliki Rooftop ini berdiri di atas lahan seluas 1200 m2. Pada awal tahun 2022 pembangunan gedung Fakultas Vokasi sudah mencapai 100% atau pada tahap akhir, sehingga gedung Fakultas Vokasi siap digunakan untuk kegiatan belajar mengajar pada tahun ajaran Semester Genap 2021/2022.

Fasilitas Co Working Space, laboratorium restoran indoor dan outdoor, laboratorium olah makanan, laboratorium front office dan back office, workshop interior, laboratorium kamar hotel, laboratorium mini bar, laboratorium MICE (Meetings, incentives, conferencing, exhibitions), studio gambar, laboratorium fotografi dan videografi, laboratorium motion capture, workshop elektronika, laboratorium komputer, auditorium, ruang kuliah, ruang dosen dan ruang. pimpinan adalah fasilitas yang disediakan Fakultas Vokasi untuk mendukung proses belajar mengajar khususnya mendukung kegiatan praktek bagi mahasiswa yang dicetak untuk menjadi tenaga ahli dan terampil di bidangnya.