Doa Buka Puasa Ramadhan Ternyata Ada 2 Macam Lo

Photo of author
Penulis Nanyak

Tak afdol rasanya jika sudah memberikan artikel mengenai doa niat puasa Ramadan tanpa disertai dengan artikel mengenai doa buka puasa Ramadan.
Ini seperti memberikan gelas tanpa tutup, ada kata pembuka tapi tak ada kata penutup.

Sama halnya dengan doa niat buka puasa Ramadan, doa buka puasa Ramadhan ini juga menjadi adab yang dilakukan oleh umat muslim di dunia saat berbuka puasa.

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan

Selama ini ada satu doa berbuka puasa yang telah umum dilafalkan oleh umat muslim di dunia saat berbuka puasa di waktu Maghrib.

Saat ini terdapat Ada 2 doa yang biasa digunakan oleh umat muslim di dunia untuk berbuka puasa saat Maghrib.

Doa Buka Puasa Ramadan yang Pertama

Doa buka puasa Ramadan yang pertama yaitu:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.”

Artinya adalah “”Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Doa Buka Puasa Ramadan yang Kedua

Selain doa puasa Ramadan yang pertama di atas, ada doa buka puasa Ramadan yang lain yang biasa digunakan oleh umat muslim.

Seperti yang dijelaskan dalam artikel doa buka puasa yang ada di Tribunnews, doa buka puasa Ramadan yang kedua ini adalah seperti yang diriwayatkan oleh HR Abu Dawud 2018.

Doanya yaitu:
ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya:

“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Lalu, doa buka puasa manakah yang terbaik atau yang dianjurkan?
Kedua doa buka puasa tersebut baik, pilih dan bacalah salah satu doa buka puasa tersebut sebelum melakukan buka puasa Ramadan saat waktu Maghrib telah datang.

  • Gibran Cari Orang Yang Marah-Marah Di Tengah Jalan

    Gibran Cari Orang Yang Marah-Marah Di Tengah Jalan

    Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo mencari orang yang marah-marah di tengah jalan. Niatan Gibran mencari orang yang marah-marah tersebut terungkap dalam akun twitter Gibran, “Saya cari”, tulis Gbran singkat dalam akun Twitter pribadinya tersebut sembari mengunggah video milik akun @revelurra yang menayangkan sosok laki-laki berbaju merah berbadan besar yang sedang marah-marah di tengah jalan. Dalam ... Read more


  • Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa kembali mengguncang Jakarta pada Hari Sabtu (3/12/2022) sore ini. Menurut laporan awal BMKG, Gempa yang melanda Jakarta ini berpusat di Barat Data Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitude 6,4. Gempa yang berpusat di Garut Dan dirasakan hingga Jakarta ini langsung menjadi trending topic di jagat Twitter.


  • Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store hadir dengan konsep baru yang menarik di Mall Olympic Garden (MOG) Malang yang akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda karena memberikan personalisasi bagi konsumen. Refit  Levi’s®  store  di  Malang  ini  adalah  strategi  Levi’s®️  untuk  terus  mengakselerasi  laju  bisnisnya  di Indonesia serta memperluas jangkauan produk dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi ... Read more