Doa Berbuka Puasa Ramadan, Lengkap dengan Artinya

Photo of author
Penulis Nanyak

Doa berbuka puasa diucapkan oleh orang yang berpuasa Ramadan saat waktu berbuka telah tiba, yakni saat adzan Magrib telah dikumandangkan.

Sebelum mulai minum ataupun makan setelah puasa mulai waktu matahari terbit hingga matahari terbenam, umat muslim yang menjalankan puasa Ramadan akan mengucapkan doa berbuka puasa.

Puasa Ramadan sendiri merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat manusia (muslim) yang mampu.

Adapun menganai dalil perintah ibadah puasa di bulan Ramadhan terdapat dalam Quran Surah Al Baqarah ayat 183.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Terjemahan: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Bagi umat muslim yang berhalangan atau tidak mampu menjalankan ibadah puasa Ramadan dapat menggantinya dikemudian hari atau menggantinya dengan membayar fidyah.

Kembali ke doa berbuka puasa Ramadan.

Di masyarakat kita terdapat dua versi doa buka puasa Ramadan, salah satunya adalah yang sudah sering diajarkan dan digunakan oleh kita.

Doa puasa Ramadan yang juga sering kita dengar di televisi tersebut berbunyi:

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Selain doa berbuka puasa Ramadan tersebut, ada satu versi doa buka puasa lagi yang dipercaya bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW.

Doa buka puasa versi lainnya tersebut berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Ketahui Juga:

Doa Buka Puasa Ramadhan Ternyata Ada 2 Macam Lo

  • Gibran Cari Orang Yang Marah-Marah Di Tengah Jalan

    Gibran Cari Orang Yang Marah-Marah Di Tengah Jalan

    Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo mencari orang yang marah-marah di tengah jalan. Niatan Gibran mencari orang yang marah-marah tersebut terungkap dalam akun twitter Gibran, “Saya cari”, tulis Gbran singkat dalam akun Twitter pribadinya tersebut sembari mengunggah video milik akun @revelurra yang menayangkan sosok laki-laki berbaju merah berbadan besar yang sedang marah-marah di tengah jalan. Dalam ... Read more


  • Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa kembali mengguncang Jakarta pada Hari Sabtu (3/12/2022) sore ini. Menurut laporan awal BMKG, Gempa yang melanda Jakarta ini berpusat di Barat Data Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitude 6,4. Gempa yang berpusat di Garut Dan dirasakan hingga Jakarta ini langsung menjadi trending topic di jagat Twitter.


  • Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store hadir dengan konsep baru yang menarik di Mall Olympic Garden (MOG) Malang yang akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda karena memberikan personalisasi bagi konsumen. Refit  Levi’s®  store  di  Malang  ini  adalah  strategi  Levi’s®️  untuk  terus  mengakselerasi  laju  bisnisnya  di Indonesia serta memperluas jangkauan produk dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi ... Read more