Cara Mengolah Vanilla Bean Supaya Bisa Digunakan Untuk Memasak

Apakah selama ini Anda tahu darimana rasa dan aroma vanilla berasal?

Banyak orang yang akan menjawab jika rasa dan aroma vanilla tentu saja berasal dari perisa atau perasa makanan dengan rasa dan aroma vanilla.

Tetapi tahukah darimana sumbernya perisa makanan tersebut?

Nah, bagi yang belum tahu, perisa atau perasa makanan dan minuman rasa vanilla sebenarnya berasal dari vanilla bean atau buah vanilla yang sudah diolah.

Vanilla Bean Tahittian Luxury dan Gourmet

Vanilla Bean Adalah

Apa itu vanilla bean, kok baru dengar ya?

Ya, kata vanilla bean memang bukanlah kata yang umum, sehingga jarang didengar maupun digunakan oleh masyarakat luas, hanya orang-orang yang bergerak dibidang jual beli di komoditi vanilla saja yang sering menggunakan istilah vanilla bean ini.

Vanilla bean adalah vanilla alami berupa buah polong yang dihasilkan dari tanaman vanilla. Vanilla bean dan vanilli sama sama memilili aroma khas vanilla. Hanya saja, vanilla bean merupakan vanilla alami, sedangkan vanilli yang biasa anda jumpai di pasar merupakan vanilli sintetis yang dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan kimia, sehingga diperoleh aroma seperti vanilla.

Warna Vanilla Bean Yang Bisa Diolah

Vanilla bean yang baru dipetik dari pohon vanilla berwarna hijau, namun buah vanilla yang baru dipetik ini tidak bisa langsung diolah untuk makanan atau minuman, harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu agar bisa diolah untuk bahan makanan dan minuman.

Warna vanilla bean yang siap diolah berwarna coklat atau kehitaman dan berbentuk panjang.

Warna vanilla bean yang coklat kehitaman ini didapatkan dari proses ezimatis dalam vanilla bean selama tahapan proses kuring yang dilakukan.

Bagian Vanilla Bean Yang Bisa Diolah

Saat pertamakali membeli vanilla bean, tentu sebagai orang awam kita akan bertanya, bagian mana yang bisa digunakan untuk perasa makanan dan minuman yang akan kita buat?

Jadi di dalam vanilla bean, terdapat biji kecil yang sangat banyak, berbentuk seperti bubuk dan berwarna hitam. Serbuk biji inilah yang anda gunakan sebagai flavor, karena aroma dan cita rasa vanilli berasal dari serbuk biji tersebut.

Namun tak hanya bijinya, kulitnya juga bisa digunakan sebagai aroma dan rasa vanilla, meskipun tidak sekuat bijinya.

Cara Mengolah Vanilla Bean

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mengolah vanilla bean ini, yaitu:

Mendapatkan Serbuk Vanilla Bean

Dalam vanilla bean terdapat biji atau serbuk yang bisa dimanfaatkan untuk perisa.

Serbuk biji vanilla bean terletak didalam, sehingga anda perlu mengambilnya. Serbuk vanilla bean dapat diperoleh dengan cara membuka atau menyayat vanilla bean di atas telenan kering secara perlahan dan hati-hati dari ujuan buah. Sayatan dilakukam secara melintang dengan menggunakan pisau.

Setelah disayat, buka vanilla bean dengan perlahan, maka Anda akan melihat serbuk biji vanilla bean.

Setelah terlihat, keruk dengan perlahan biji vanilla tersebut dengan menggunakan punggung pisau, dan lakukan dengan perlahan, kemudian tempatkan serbuk vanilla tersebut di wadah yang tertutup agar bisa digunakan kapanpun anda butuhkan.

Memanfaatkan Vanilla Bean

Setelah serbuk vanilla diambil sampai habis, kulit vanillanya jangan langsung dibuang, karena kulit dari vanilla bean tersebut dapat digunakan juga sebagai aroma vanilla karena masih memiliki aroma dan citarasa vanilli walaupun tidak sebanyak dari serbuk bijinya.

Nah, itulah cara mengolah vanilla bean, sangat mudah dilakukan dan anda bisa mengurangi bahan kimia pada pembuatan kue, puding ataupun sirup buatan anda sendiri.

Selamat mencoba mengolah vanilla bean, dan jika Anda membutuhkan vanilla bean dengan harga murah dan berkualitas, Anda dapat menghubungi Prima Commodity yang meruapakan salah satu suplier Vanilla Bean terpercaya di Indonesia karena sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.