Cara Menggunakan VPN di Hp Android

Dapat akses VPN gratisan ataupun dari kantor tapi ngga tau cara menggunkan VPN di hp android kalian?

Kalau ini yang terjadi, pasti kalian kesel banget kan?
Sudah ngebet pingin buka website yang diblokir dengan menggunakan VPN, tapi kalian ngga tahu cara menggunakan VPN di hp android milik kalian.

Nah… sekarang kalian ngga perlu khawatir lagi, karena Nanyak akan kasih tahu bagaimana cara menggunakan VPN di hp android.

Hp android yang Nanyak gunakan untuk tutorial ini adalah hp sejuta umat, Xiaomi Redmi Note 8. Tetapi jika kalian punya hp android dengan merk lain, kalian juga bisa gunakan cara ini kok, karena pada dasarnya ara menggunakan VPN di hp android itu mirip-mirip semua.

Cara Pasang VPN di HP Android

1. Akun VPN

Sebelum masuk ke langkah-langkah mengatur VPN di hp android kita mulai, pastikan terlebih dahulu jika kalian memiliki akun VPN yang masih aktif dan bisa digunakan.

Akun VPN ini biasanya terdiri dari:

  • IP Address atau alamat IP VPN
  • Username / nama
  • Password / kata sandi

Setelah memastikan bahwa akun VPN yang kalian punya masih bisa digunakan, yuk kita lanjutkan ke langkah kedua.

2. Menu Pengaturan

Di hp android kalian, bukalah menu setting atau pengaturan.

Nah, kemudian untuk memasukkan konfigurasi VPN yang telah kalian miliki seperti di nomor 1 di atas (Akun VPN), kalian bisa ikuti langkah-langkah berikutnya di bawah ini:

  • Connection & Sharing atau Koneksi
  • VPN

3. Setting VPN

Di halaman menu VPN kemudian pilih Add VPN atau Tambahkan VPN.

Kemudian silahkan isi konfigurasi VPN seperti yang telah kalian dapatkan.

Yang perlu diingat juga adalah, tipe dari VPN harus sama dengan tipe VPN yang telah kalian dapatkan, karena jika tidak sama, VPN di hp android tidak akan bisa bekerja dengan sempurna.

Berikut ini jenis dan tipe VPN:

  • PPTP
  • L2TP/IPSec PSK
  • L2TP/IPSec RSA
  • IPSec Xauth PSK
  • IPSec Xauth RSA

Setelah memilih tipe VPN yang sesuai, kemudian masukkan pengaturan lain di kolom isian yang tersedia seperti alamat IP (IP Address), Username dan Password.

Setelah semua pengaturan dilakukan, kini saatnya menguji coba apakah VPN yang telah diatur tadi bisa bekerja dengan baik.

Cara untuk mengujicoba VPN yang telah disetting yaitu dengan menghidupkan VPN di hp kemudian buka website yang diblokir dengan menggunakan VPN tersebut.

Jika website yang diblokir tidak bisa dibuka dengan menggunakan VPN yang telah diatur tadi ada kemungkinan jika pengaturan VPN nya kurang tepat atau bisa juga alamat IP VPN tersebut juga diblokir oleh provider.
Jika ini yang terjadi, maka kalian perlu alamat IP VPN yang baru atau buat akun VPN yang baru.

Nah kebalikannya jika kalian telah bisa membuka website yang diblokir, berarti VPN di hp android kalian telah bekerja dengan sempurna.

Baca Juga Tentang VPN: