Cara Mendapatkan VPN Gratis Untuk Buka Website Yang Diblokir Dengan Lancar

Pernah bertanya, bagaimana sih cara mendapatkan VPN yang gratis supaya bisa buka website-website yang diblokir oleh Pemerintah?

Cara untuk mendapatkan VPN gratis supaya bisa membuka website yang diblokir oleh pemerintah ini sebenarnya sangat mudah.

Tetapi sebelum Nanyak lanjutkan caranya, kalian perlu note terlebih dahulu jika cara yang Nanyak bagikan ini bukan untuk membuka jaringan VPN yang ada di kantor kalian ya.

Kalau cara untuk menggunakan VPN jaringan kantor, kalian dapat membacanya di artikel Nanyak yang berjudul Cara Menggunakan VPN, Biar Kerja Di Rumah Makin Nyaman

VPN Adalah….

Sebelum melangkah lebih lanjut, kita harys tahu dulu, apa sih VPN itu?
Dan apa sih untung rugi menggunakan VPN?

Dua poin penting tersebut perlu kita ketahui agar kita tidak salah kaprah mengenai VPN itu sendiri.

Pengertian VPN

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, jika diartikan dalam bahasa umum, VPN adalah jaringan virtual atau maya yang membuat jaringan kita seakan-akan memiliki jalur jaringan sendiri.

Secara teknis, VPN adalah alat atau tool keamanan yang dapat melindungi jaringan anda. Dengan VPN, jaringan asli kita dibungkus dan dilindungi oleh VPN sehingga jaringan kita lebih aman. Tatkala kita terhubung dengan VPN online, aktivitas internet kita akan dienkripsi dan alamat IP Anda yang sebenarnya disembunyikan sehingga pihak ISP, pemerintah ataupun hacker tidak bisa melacak aktivitas internet kita.

Kelebihan Menggunakan VPN

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kelebihan VPN adalah untuk melindungi aktivitas internet kita.

Dengan menggunakan VPN, pihak ISP, pemerintah dan orang lain tidak bisa “mengintip” aktivitas internet kita sehingga kita bisa membuka website-website yang diblokir oleh pemerintah seperti melihat Netflix (sekarang Netflix sudah ngga diblokir lho), melihat video-video yang diupload di Vimeo, membuka website media sosial Reddit, dan masih banyak lagi.

Seperti yang dilansir oleh Wizcase.com, 50% pengguna internet menggunakan VPN untuk mengakses konten hiburan yang dibatasi atau diblokir oleh pemerintah. Tentu dalam hal ini juga untuk membuka situs-situs porno seperi xvideos, xhamster dan lain-lain yang diblokir oleh pemerintah Indonesia.

Sementara itu ada 30% pengguna internet yang menggunakan VPN untuk mengakses file atau situs web yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kelebihan lain VPN tentu saja dapat mempercepat kecepatan internet kalian. Karena dengan menggunakan VPN, ISP kita tidak bisa melihat aktivitas internet kita, sehingga kita bisa terbebas dari pembatasan-pembatasan bandwidth yang diberlakukan oleh ISP kita.

Kekurangan Menggunakan VPN

Meskipun VPN memiliki banyak kelebihan, tetapi VPN juga memiliki beberapa kelemahan.
Terlebih lagi jika yang kita gunakan adalah VPN gratisan.

Berikut ini beberapa kekurangan menggunakan VPN:

  1. Sedikit memperlambat kecepatan internet
    Ya ini memang agak sedikit membingungkan karena salah satu kelebihan VPN dapat mempercepat koneksi internet kita, tetapi disisi lain VPN juga bisa mengurangi kecepatan internet kita.

Kenapa kok bisa memperlambat kecepatan internet kita?
Hal ini karena saat menggunakan VPN, terutama VPN gratisan, jalur internet kita memutar terlebih dahulu.
Contoh jika kita menggunakan VPN dari Amerika, maka jalur internet kita akan memutar ke Amerika terlebih dahulu sebelum sampai ke situs tujuan.

  1. Keamanan Data
    Keamanan data harus menjadi perhatian utama jika kalian ingin menggunakan VPN, terutama VPN gratisan.

Kenapa?
Karena beberapa penyedia VPN akan menyimpan data atau log penggunanya.
Untuk itu selalu pastikan membaca terlebih dahulu kebijakan privasi penyedia VPN, terutama mengenai kebijakan menyimpan log dan berbagi data.

  1. Berbagi Alamat IP Dengan Orang Lain
    Salah satu kekurangan atau kelemahan menggunakan VPN yang lain adalah kita akan berbagi alamat IP dengan orang lain.

Jika ada orang dalam satu jaringan yang berbuat tidak baik dan menyebabkan alamat IP tersebut diblokir, maka kita tentu akan merasakan imbasnya secara langsung.

VPN Gratis

Nah, setelah kalian paham dengan kelebihan dan kekurangan VPN, kini saatnya Nanyak bagikan tips bagaiman cara memilih VPN gratisan yang bagus.

Saat memilih VPN gratisan ataupun yang berbayar, pastikan kalian perhatikan beberapa poin penting seperti kecepatan, enkripsi data, kebijakan privasi dan juga kemampuan VPN untuk bisa digunakan mengakses secara global.

Memilih VPN Gratis Menggunakan SoftEther

Ada beberapa software ataupun aplikasi VPN Gratis yang ada di internet, kalian dapat memilih sesuai kebutuhan ataupun kemudahan fitur yang ditawarkan, tetapi di sini Nanyak akan membahas bagaimana cara mendapatkan VPN Gratis dengan program aplikasi bernama SoftEther.

Softether Adalah….

Apa itu SoftEther?
SoftEther VPN Client Manager adalah satu-satunya perangkat lunak yang dioperasikan secara langsung oleh pengguna akhir rata-rata yang menggunakan sistem VPN oleh SoftEther VPN. VPN Client Manager memungkinkan Anda untuk mengontrol Klien VPN, membuat pengaturan koneksi baru atau Virtual Network Adapters dan menghubungkan ke SoftEther VPN Server menggunakan pengaturan koneksi.

Program SoftEther Client Manager ini hanya jalan di sistem operasi Windows ya guys, bukan digunakan untuk operasi Android maupun iOS.

Cara Download Program Aplikasi SoftEther Client Manager

Program aplikasi SoftEther Client Manager ini bisa didownload secara gratis melalui situs resminya.

Berikut ini langkah-langkah untuk mendownload program aplikasi VPN Gratis yang disediakan oleh SoftEther:

  1. Silahkan kalian menuju website resmi SoftEther yang beralamat di softether.org
  2. Kemudian pilih menu Download
  3. Atau kalian bisa langsung klik link ini untuk langsung menuju ke halaman download vpn gratis SoftEther.
  4. Ikuti petunjuk download yang ada di halaman tersebut.
  5. Saat sebelum download, pilih “SoftEther VPN Client”
download program vpn gratis softether
download program vpn gratis softether

Setelah program aplikasi VPN Gratis dari SoftEther ini telah selesai di download, install aplikasi ini di dalam laptop atau komputer kalian.

Cara Menggunakan Dan Memilih VPN Gratis Dari SoftEther

Setelah program aplikasi SoftEther kalian install di laptop atau komputer kalian, langkah selanjutnya tentu saja menggunakan program SoftEther Client Manager tersebut.

Berikut Nanyak informasikan cara menggunakan dan memilih VPN gratis yang telah disediakan oleh program SoftEther Client ini.

  • Buka program aplikasi SoftEther Client Manager yang sudah terinstall di laptop ataupun komputer2. Double click tulisan “VPN Gate Public VPN Relay Servers”
Langkah-langkah memilih vpn gratis dari SoftEther
Langkah-langkah memilih vpn gratis dari SoftEther
  • Akan terbuka window baru yang berisi VPN Gate Public VPN Relay Servers.
    Ini adalah daftar VPN gratis yang bisa kalian pilih.
    Kalian bisa pilih berdasarkan negara dan kecepatan penyedia vpn gratis ini.
Langkah-langkah memilih vpn gratis dari SoftEther
Langkah-langkah memilih vpn gratis dari SoftEther
  • Double click salah satu penyedia VPN gratis yang ada dalam daftar tersebut, dan kalian akan mulai terhubung ke jaringan penyedia VPN secara otomatis.

Untuk berhenti menggunakan VPN gratis dari SoftEther Client Manager ini, kalian hanya perlu klik kanan dan pilih disconnect.

Nah, seperti itulah cara mendapatkan dan memilih VPN gratis melalui program SoftEther Client Manager. Dengan menggunakan program ini, kalian dapat membuka situs-situs yang tidak bisa dibuka di Indonesia karena diblokir oleh ISP maupun pemerintah.

Bijaklah dalam menggunakan program VPN gratis ini, karena sebenarnya internet itu adalah apa yang kita cari. Cari yang positif, maka kita akan menemukan banyak hal positif, begitupula sebaliknya, cari yang negatif akan kita temukan beberapa hal negatif pula.

Baca Juga: Cara Menggunakan VPN, Biar Kerja Di Rumah Makin Nyaman