Cara Mengatasi WiFi Rumah Yang Lemot

Lagi enak-enaknya streaming drama korea atau youtube eh tiba-tiba aja WiFi di rumah jadi lemot banget, pasti sebel banget kan?

Tetapi sebelum kalian ngamuk-ngamuk ga jelas akibat wifi rumah yang lemot lebih baik kalian tahu dulu apa sih kira-kira penyebab wifi di rumah lemot tiba-tiba.

Penyebab WiFi Di Rumah Lemot

Cara mengatasi wifi rumah yang lemot sebenarnya sangat mudah, tetapi sebelumnya kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa dan bagaimana cara kerja jaringan internet wifi ini.

Terlebih lancar tidaknya internet wifi di rumah, di kantor, dan dimanapun kalian berada dipengaruhi oleh tiga faktor utama yakni kecepatan internet, pengaturan jaringan dan jumlah pemakai dalam saat bersamaan.

Jika salah satu dari tiga faktor tersebut terpenuhi maha bisa dipastikan internet wifi di rumah atau kantor akan menjadi lemot.

WiFi adalah

WiFi sebenarnya adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang jika digambarkan secara mudah adalah akses jaringan (internet maupun intranet) tanpa menggunakan kabel.

Teknologi WiFi saat ini bekerja dalam gelombang microwave 2,4 GHz dan 5 GHz.

Hape maupun laptop keluaran lama biasanya menggunakan gelombang WiFi 2.4 GHz G dan N.

Cara kerja WiFi

Karena merupakan jaringan nirkabel atau tanpa kabel, cara kerja WiFi secara kasat mata sebenarnya sangat mudah dan hanya membutuhkan satu alat atau beberapa alat pemancar saja tanpa perlu kabel yang sangat panjang untuk menjangkau area yang luas.

Nah, alat pemancar WiFi ini disebut dengan Access Point (Akses Poin) atau yang disingkat dengan AP.

Akses poin inilah yang oleh masyarakat sekarang lebih banyak disebut sebagai modem wifi, dikarenakan modem dan wifi menjadi satu perangkat.

Jaringan WiFi

Jika kalian telah berlangganan wifi Indihome, MyRepublic, First Media, MNC dan lainnya tentu sedikit banyak kalian pasti akan bisa memahami jaringan WiFi di rumah.

Baca Juga:

Review Internet MyRepublic Paket Gamer: Kelebihan dan Kekurangan Dari Sudut Pandang Pengguna

Review Internet First Media: Kelebihan dan Kekurangan First Media Dari Mata Pelanggan

Jika belum atau ingin refresh bisa melanjutkan membaca ya…

Jaringan internet yang masuk ke rumah kita akan tetap dihubungkan dengan kabel.
Kabel ini diambil dari tiang terdekat milik provider internet bersangkutan.

Dari kabel kemudian masuk ke sebuah alat yakni modem.
Dulu, modem ini merupakan sebuah perangkat sendiri, dan jika ingin mendistribusikan atau menyebarkan jaringan internet harus menggunakan alat lain lagi yang bernama switch hub maupun akses poin.

Kabel dari tiang –> modem / modem wifi –> WiFi / LAN –> hp, laptop, komputer, perangkat lain

Namun seiring majunya teknologi, modem sekarang telah dilengkapi dengan switch hub dan akses poin sehingga sekarang nama modem bergeser menjadi modem router dan kemudian penamaannya bergeser lagi menjadi modem WiFi.

Modem WiFi ini memiliki kemampuan yang luar biasa.
Selain menerima sambungan dari luar rumah juga memiliki kemampuan mendistribusikan jaringan internet melalui kabel yang dicolokkan melalui LAN dan juga menyebarkan jaringan internet melalui WiFi.

Di dalam modem WiFi ini tersimpan menu yang bisa digunakan untuk mengatur WiFi, caranya yakni bisa masuk ke IP Address modem yang secara default biasanya menggunakan 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 namun ada juga yang menggunakan alamat IP yang lain seperti 192.168.1.254.

Di dalam pengaturan modem WiFi kalian bisa mengatur keamanan jaringan internet dengan memberikan password, mengubah password, memberikan akses dan menolak akses serta masih banyak fungsi-fungsi lainnya.

Menelusuri Penyebab WiFi Lemot

Setelah mengetahui sedikit dasar dari jaringan WiFi sekarang kembali ke topik awal yakni bagaimana cara mengatasi WiFi yang lemot.

Berdasarkan pengalaman Nanyak, ada beberapa cara untuk mengatasi WiFi yang lemot.

1. Berdasarkan Pengguna

WiFi yang lemot biasanya karena ada beban berlebih pada jaringan tersebut atau dengan kata lain pengguna WiFi nya terlalu banyak.

Sekarang bayangkan jika kalian berlangganan internet WiFi dengan kecepatan 20 Mbps kemudian ada 20 orang yang berkumpul disitu dan semuanya pakai WiFi tersebut.

Secara logika kecepatan internet 20 Mbps tersebut akan dibagi ke 20 orang yang artinya masing-masing orang akan mendapatkan 1 Mbps.

Nah, jika pengguna WiFi terlalu banyak, mau tidak mau kalian harus bersabar menerima atau naikkan paket langganan ke kecepatan internet yang lebih cepat lagi.

2. Lokasi

Ingat pepatah waktu sekolah dulu jika posisi menentukan prestasi?
Nah, pepatah waktu sekolah tersebut juga berlaku untuk WiFi.

Lokasi yang bagaimana yang membuat akses internet WiFi lambat?

Secara teknis, jaringan WiFi antara akses poin dengan hp atau komputer itu tidak boleh terhalang agar bisa mendapatkan sinyal dengan kualitas maksimal.

Jika banyak halangan atau tempatnya jauh dari akses poin maka sangat besar kemungkinannya jika koneksi internet wifi kalian akan lemot.

Cara mengatasinya ada dua yakni pindah ke lokasi yang lebih dekat dengan akses poin supaya tidak banyak halangan atau tambah repeater wifi.

3. Paket Berlangganan

Paket berlangganan internet ini sebenarnya seperti yang sudah dibahas di poin satu.

Jika kecepatan internet terbatas tetapi penggunanya banyak, maka solusinya adalah dengan menambah kecepatan internet yakni dengan ganti paket internet yang diambil

Jika WiFi Masih Lemot

Jika ketiga poin tersebut ternyata tidak memenuhi syarat namun kecepatan internet masih lemot maka yang perlu kalian lakukan adalah mengikuti langkah-langkah berikut:

1 Lakukan tes kecepatan internet dengan menggunakan speedtest.org.
Tes ini dilakukan untuk memastikan jika kecepatan internet yang kalian dapatkan maksimal.
Karena internet terasa lemot bisa juga disebabkan karena server web yang sedang kalian buka sedang bermasalah.

2 Pastikan kalian mengetahui aturan setting WiFi yang ada di rumah kantor. Jika ada bandwidth limiter atau ada router mikrotik maka disitulah permasalahannya.
Kalian harus berhasil merayu bagian jaringan agar mau menambah kecepatan internet kalian.

3 Restart modem
Cara yang terakhir adalah dengan melakukan restart modem internet.
Cara restart modem cukup mudah yaitu dengan mencabut power adaptor modem selama kurang lebih satu menit dan kemudian colokkan lagi ke listrik.

Jika internet masih juga terasa lemot, kalian bisa kontak ke bagian CS atau customer support sesuai dengan provider internet kalian, karena bisa jadi ada gangguan jaringan internet di lokasi kalian.