Cara Cetak Kartu Vaksin Yang Praktis dan Mudah

Bagaimanakah cara mencetak kartu vaksin jika sudah melakukan vaksin kesatu maupun vaksin kedua?

Pertanyaan mengenai cara cetak kartu vaksin ini seringkali dijumpai oleh Nanyak, karena memang kartu vaksin ini terkadang dibutuhkan saat sedang melakukan perjalanan jauh ataupun saat akan masuk ke mall.

Cara mendapatkan kartu vaksin sebenarnya sangat mudah, karena pemerintah sendiri telah membuat aplikasi khusus untuk hp android maupun iphone yang bisa diunduh secara gratis di Play Store maupun di App Store.

Cara Mendapatkan Dan Cetak Kartu Vaksin

Cara mendapatkan dan kemudian mencetak kartu vaksin dari aplikasi pedulilindungi.id sangat mudah.

1. Unduh dan Install Aplikasi Pedulilindungi

Sebelum bisa mengunduh kartu atau sertifkat Vaksin dan kemudian mencetaknya, pertama-tama yang kalian butuhkan adalah menginstall aplikasi pedulilindungi ke dalam hp.

aplikasi pedulilindungi
aplikasi pedulilindungi

Sebelum menginstall, pastikan bahwa kalian ingat alamat email dan password email serta nomor hp kalian yang aktif, karena aplikasi pedulilindungi akan mengirimkan kode aktivasi ke alamat email ataupun ke nomor hp melalui SMS.

Setelah alamat email dan juga passwordnya sudah kalian ingat serta nomor hp sudah dipastikan masih aktif, silahkan download aplikasi pedulilindungi di Play Store untuk pemakai hp android ataupun di Appstore untuk para pemakai iPhone.

Aplikasi pedulilindungi ini dapat di download secara gratis, jadi jangan percaya dan jangan mau kalau disuruh bayar ya.

2. Verifikasi Akun

Setelah download dan install aplikasi pedulilindungi di hp, buka aplikasi tersebut dan kemudian lakukan proses verifikasi.

Cara melakukan proses verifikasi ini sangat mudah, kalian tinggal mengisi semua data pribadi secara lengkap.

Jika data telah diisi lengkap, maka proses mendapatkan sertifikat Vaksin untuk dicetak akan semakin cepat dan mudah.

3. Download Sertifikat Vaksin

Setelah akun Pedulilindungi kalian diverifikasi dengan tanda bahwa kalian telah diminta untuk memasukkan kode tertentu yang dikirimkan melalui sms atau membuka link tertentu yang dikirimkan melalui email, kini kalian bisa mengunduh sertifikat vaksin.

sertifikat vaksin
sertifikat vaksin

Cara mengunduh sertifikat vaksin ini yaitu dengan cara masuk ke akun, kemudian pilih Sertifikat Vaksin.

Setelah itu kalian akan melihat nama kalian.

Klik nama kalian untuk melihat sertifikat vaksin.

Jika kalian telah melakukan dua kali vaksin, kalian akan melihat dua sertifikat vaksin, tetapi jika masih satu kali vaksin, maka kalian tentu hanya bisa mendapatkan satu sertifikat vaksin saja.

Untuk mengunduh sertifikat vaksin, klik salah satu sertifikat dan kemudian pilih Unduh Sertifikat.

4. Cetak Kartu Vaksin

Langkah selanjutnya adalah tentu ingin mengetahui bagaimana cara membuat dan mencetak sertifikat vaksin sehingga bisa menjadi kartu vaksin.

kartu vaksin
kartu vaksin

Setelah sertifikat vaksin tersebut diunduh, edit ukuran sertifikat vaksin tersebut sesuai dengan ukuran ktp atau sim.

Setelah ukurannya disamakan dengan ukuran ktp atau sim, kalian kemudian bisa mecetaknya dengan menggunakan printer dan kemudian melaminating sertifikat vaksin yang sudah menjadi kartu vaksin tersebut supaya lebih awet dan bisa digunakan dimanapun.

Dengan mencetak sertifikat vaksin menjadi kartu vaksin ini akan memudahkan pemiliknya membawa kartu vaksin ini kemanapun karena tinggal dimasukkan ke dalam dompet ataupun tas kecil.

Nah, itulah cara mudah mencetak kartu vaksin yang bisa dilakukan sendiri tanpa bayar alias gratis.

Baca Juga: