Army Festival Day

Mengenal KIPI Vaksin Covid-19 Sinovac

Seiring telah dimulainya penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac secara gratis untuk masyarakat Indonesia, ada istilah baru yang kemudian muncul di tengah-tengah masyarakat usai pasca penyuntikan vaksin covid-19 sinovac yaitu istilah KIPI vaksin Sinovac.

Bagi masyarakat awam atau masyarakat non medis, istilah KIPI vaksin Sinovac ini tentu masih bikin bingung.

Nah, Nanyak rangkum dari sebuah media online besar di Indonesia, berikut ini pengertian mengenai KIPI Vaksin Sinovac.

KIPI Vaksin Sinovac Adalah

KIPI vaksin Sinovac secara singkat bisa dijelaskan sebagai suatu kejadian medis yang tidak diinginkan seusai penyuntikan vaksin ke dalam tubuh.

KIPI vaksin ini bisa dicontohkan seperti munculnya gejala efek samping usai disuntik vaksin covid-19 sinovac. Dalam kasus umum, kemungkinan seperti saat bayi disuntik imunisasi dan kemudian timbul demam setelahnya.

Apakah KIPI Vaksin Sinovac Berbahaya?

Beberapa waktu lalu sebelum penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac dimulai, kepala BPOM Penny K Lukito seperti yang dilansir oleh detik.com mengatakan jika ada sejumlah efek samping selama uji klinis vaksin Sinovac.

Namun sobat Nanyak jangan khawatir, karena efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin Sinovac ini tidak sampai membuat mati, tetapi hanya merupakan efek samping ringan dan sidang.

Efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin Sinovac ini hanya bersifat sementara dan bisa pulih kembali dengan cepat.

Efek Samping Vaksin Covid-19 Sinovac

Berdasarkan hasil uji klinis yang telah dilakukan, efek samping atau KIPI vaksin covid-19 Sinovac bisa dibagi dalam dua bagian yaitu efek samping lokal dan efek samping sistemik.

Efek Samping / KIPI lokal

Efek samping lokal / KIPI lokal ini adalah efek samping pada bagian tubuh tertentu seperti:

  • Nyeri
  • Indurasi atau iritasi
  • Kemerahan
  • Pembengkakan

Efek Samping / KIPI Sistemik

Efek samping / KIPI Sistemik ini adalah efek samping yang membuat seluruh tubuh merasakan efeknya, seperti: Nyeri Otot Fatigue atau kelelahan Demam Seperti yang telah nanyak sebutkan sebelumnya, KIPI Vaksin covid-19 Sinovac ini tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian serta badan bisa pulih seperti sediakala.

Pemerintah Tanggung Biaya Penderita KIPI Vaksin Sinovac

Bagaimana jika KIPI vaksin Sinovac ini dirasa sangat mengganggu dan atau terjadi berlarut-larut hingga harus dilakukan perawatan secara intensif?

Juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa program vaksinasi ini gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia, yang artinya sejak pelaksanaan di awal hingga akhir termasuk timbulnya KIPI vaksin Sinovac juga gratis.

Pemerintah akan bertanggung jawab penuh terhadap biaya yang akan ditimbulkan dari pengobatan KIPI vaksin Sinovac itu nantinya.

KIPI Vaksin Sinovac Muncul Setelah 30 Menit

Jika sobat Nanyak telah masuk dalam daftar penerima vaksin Covid-19 Sinovac, ada satu hal penting yang harus diperhatikan usai disuntik vaksin Covid-19 tersebut.

Usai disuntik vaksin Covid-19 Sinovac, lebih baik sobat Nanyak jangan buru-buru pulang dahulu, atau jika terpaksa harus meninggalkan tempat penyuntikan, jangan langsung beraktifitas berat terlebih dahulu dan jangan bekerja terlebih dahulu, karena efek atau KIPI vaksin Sinovac akan dapat dirasakan 30 menit setelah disunik vaksin corona tersebut.

Selama 30 menit setelah penyuntikan vaksin corona, petugas medis akan memonitor kondisi tubuh penerima vaksin corona, apakah mengalami efek samping atau tidak.

Jika mengalami efek samping, maka petugas medis akan dapat langsung menindaklanjuti dengan memberikan pengobatan yang sesuai.