Arti Ular Masuk Rumah, Ada Janji Yang Belum Dilakukan

Ular masuk rumah pertanda apa ya?

Bagi orang yang rumahnya dekat dengan sawah atau kebun mungkin sudah biasa jika rumah mereka dimasuki ular, namun bagi orang yang tinggal di daerah kota, ular masuk ke dalam rumah tentu merupakan peristiwa yang sangat menghebohkan dan sekaligus menakutkan.

Rumah Nanyak ada di daerah perbatasan kota, beberapa tahun lalu rumah Nanyak pernah dimasuki oleh seekor ular dengan ukuran yang lumayan besar.

Ular yang masuk ke rumah tersebut jenisnya adalah ular weling atau biasa disebut juga dengan nama ular belang karena warnanya yang belang putih-hitam atau kuning hitam.

Seperti yang dilansir oleh Detik.com, ular weling ini merupakan salah satu jenis ular yang memiliki bisa paling mematikan di dunia.

Berdasarkan daftar bisa ular dalam buku ‘Poisonous Snakes’ yang disusun oleh Tony Phelps, bisa ular weling menduduki peringkat tiga paling mematikan di dunia. Urutan pertama diduduki oleh ular sendok (Naja sputatrix) dan peringkat dua diisi oleh ular anang (Ophiophagus hannah).

Ular Masuk Rumah Pertanda Apa Ya?

Pada saat ada ular masuk rumah tersebut, tentu saja seisi rumah langsung panik, terlebih lagi ular weling yang masuk rumah tersebut berada di dekat kran mesin cuci.

Bahkan warna ularnya yang hitam putih sempat dikira sebagai tas kresek berwarna hitam putih yang teronggok di tembok dekat mesin cuci.

Nanyak sendiri tak berani mengambil ular yang masuk rumah tersebut sendirian, selain karena takut, juga karena pada saat itu istri Nanyak sedang hamil besar.

Dalam mitos Jawa menyebutkan jika istri sedang hamil, maka suami harus berhati-hati dalam menangani binatang yang masih bernyawa, sebisa mungkin jangan membunuh binatang, karena nanti akibatnya bisa menerima karma yang diterima oleh anaknya.

Alhamdulillah, ular yang masuk rumah tersebut akhirnya berhasil disingkirkan setelah memanggil orang

Mitos Ular Masuk Rumah

Pada saat kejadian ular masuk rumah tersebut, kebetulan ada mertua Nanyak.

Saat itu ayah mertua mengatakan jika arti ular masuk rumah adalah ada janji dari pemilik rumah yang belum dilakukan.

Nanyak-pun disuruh untuk mengingat, janji apa yang belum dilakukan sehingga ada ular masuk rumah.

Meskipun nanyak menganggap bahwa itu adalah mitos, namun tak urung, nanyak pun berusaha juga mengingat janji apa yang belum dilakukan.
Setelah mencoba mengingat dalam kurun waktu yang cukup lama, akhirnya zonk… Nanyak tak mengingat apapun.

Dalam kepercayaan masyarakat sendiri, ular yang masuk rumah memang memiliki banyak arti, antara lain yaitu:

1. Tamu Tak Diundang

Jika ular yang masuk rumah adalah berjenis ular hitam, itu artinya akan ada sosok tamu tak diundang yang akan datang ke rumah kalian.

Tamu tak diundang ini bisa diartikan sebagai orang yang memiliki niatan tidak baik, seperti maling, perampok ataupun lainnya.

2. Jelmaan Jin

Mitos ular sebagai jelmaan jin ini adalaha salah satu mitos yang sudah mengakar kuat di kebudayaan masyarakat Indonesia, bahkan mungkin juga di luar negeri.

Para leluhur bahkan mengajarkan jika ada ular masuk rumah jangan langsung dibunuh, tetapi katakan dengan tegas kepada ular untuk segera pergi dari rumah secepat mungkin dan jangan terlihat lagi.

3. Datangnya Masalah

Jika ular yang masuk rumah adalah ular yang berbisa, hal tersebut bisa diartikan jika pemilik rumah kemungkinan besar akan mendapatkan masalah dalam waktu dekat.

Masalah tersebut tentu bermacam-macam.

4. Pengingat Janji

Jika ular yang masuk rumah bukan ular yang berbisa, maka arti dari ular masuk rumah adalah sebagai pengingat janji yang belum dilakukan.

Mungkin janji ini sebenarnya sudah dinantikan oleh seseorang dan sudah waktuya dilaksanakan.