Gunung Semeru Erupsi Lagi, Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 4,5 Km

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Gunung Semeru erupsi lagi, hal ini diketahui juga dari beberapa akun Twitter yang tersebar di sosial media.

Aktivitas Gunung Semeru hari ini (Kamis, 16/12/2021) terpantau meningkat dan meluncurkan awan panas guguran sejauh 4,5 kilomter dari kawah ke arah Besuk Kobokan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Meningkatnya aktivitas Gunung Semeru ini membuat para relawan yang sedang bertugas mencari korban harus ditarik menjauh dari Gunung Semeru.

Sejumlah relawan berlarian turun dari lokasi bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Mereka berupaya menyelamatkan diri dari awan panas Gunung Semeru.

Tak hanya relawan yang berlari menyelamatkan diri, tetapi warga yang kebetulan ada di dalam rumah mereka yang terdampak erupsi Gunung Semeru sebelumnya turut berlari menyelamatkan diri.

Penarikan para relawan ini dilaukan dengan sangat cepat, karena laju dari awan panas guguran semeru ini juga sangat cepat.

Kecepatan awan panas guguran ini bisa mencapai kecepatan 10 kilometer per detik.

Status Gunung Semeru Terkini

Status gunung Semeru berdasarkan data dari magma.esdm.go.id saat ini (Kamis, 16/12/2021) berada di level 2 (waspada).

Dalam laporan magma.esdm.go.id ini, pengamatan visual Gunung Semeru yan menunjukkan jika Gunung api tertutup Kabut 0-II hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah utara, timur laut dan barat daya.

Selain itu Gunung Semeru juga mengalami beberapakali kegempaan.

Dengan kondisi Gunung Semeru saat ini yang masih dalam status waspada, masyarakat, pengunjung dan wisatawan tidak diperbolehkan beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara – selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya demi keselamatan bersama.

  • 5 Arti Mimpi Melihat Matahari Terbit

    5 Arti Mimpi Melihat Matahari Terbit

    Apa ya arti mimpi melihat matahari terbit? Dalam kehidupan, melihat pemandangan matahari terbit adalah bisa dikatakan sesuatu yang cukup langka. Untuk bisa menikmati momen melihat matahari terbit, kita harus mencari tempat yang tepat seperti ke gunung maupun pantai. Meskipun telah pergi ke gunung ataupun pantai, namun untuk bisa melihat proses matahari terbit juga butuh keberuntungan,…


  • Harga BBM Pertamina Terbaru di Bulan Mei 2024, Turun?

    Harga BBM Pertamina Terbaru di Bulan Mei 2024, Turun?

    Harga BBM Pertamina di bulan Mei 2024 ini tidak ada penyesuaian harga oleh PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga. Jadi harga BBM Pertamina tidak turun dan juga tidak naik, atau tetap. Saat ini, BBM Pertamina terbagi menjadi dua kelompok harga yaitu BBM Pertamina subsidi dan BBM Pertamina non subsidi. Karena harga BBM Pertamina di…


  • Tanggal Merah Mei 2024, Mulai Atur Cuti Lagi

    Tanggal Merah Mei 2024, Mulai Atur Cuti Lagi

    Tanggal merah di bulan Mei 2024 ini bisa dikatakan lumayan banyak. Tanggal merah bulan Mei 2024 yang pertama ada di tanggal 1 Mei 2024. Tanggal merah 1 Mei 2024 diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Meskipun tanggal merah, namun tanggal 1 Mei ini cukup rawan jika digunakan untuk agenda berlibur, karena biasanya banyak demo buruh dimana-mana.…