UNIKAMA Berbagi Rahasia Tangkal Resesi Untuk UMKM

Malang, Unikama – Nanyak.com, Tetap waspada pandemi belum berakhir, seringkali kita mendengar kata tersebut. Meski kita sudah melepas masker dan berkegiatan diluar, kita diwajibkan selalu waspada.

Dampak pandemi ini membuat perputaran ekonomi global maupun dalam negeri melambat atau bakal resesi.

Banyaknya pelaku usaha atau UMKM yang gulung tikar menjadi indikasi perekonomian belum pulih sepenuhnya meskipun sudah dilonggarkan untuk beraktivitas.

Prof Juniardi dalam FGD menerangkan kepada audiens
Prof Juniardi dalam FGD menerangkan kepada audiens

“Saya ber-empati kepada UKM dengan sikon bisnis saat ini. Diawali dengan pandemi disusul inflasi serta resesi global sungguh sangat berpengaruh terhadap bisnis pelaku usaha.” ungkap Juniardi, pengamat dan peneliti UMKM.

UMKM merupakan tonggak penting dalam menopang perekonomian suatu negara.

Jum’at 22 Juli 2022 Universitas PGRI Kanjurahan Malang (UNIKAMA) melalui Forum Group Discussion bersama para pakar ekonomi dan bisnis diantaranya Dr. Endi Sarwoko, MM. , Dr. Lilik Sri Hariani, M.Ak., Dr. Kristina Sedyastuti , MM. memberikan edukasi kepada para pelaku usaha UMKM yang nantinya diharapkan bisa mendorong perekonomian kembali.

“Melalui apa yang saya miliki, kami meneliti mindset dan perilaku apa yang harus pelaku usaha kembangkan agar sukses berbisnis. Pun juga diperlukan strategi pengelolaan usaha yang benar dan baik untuk mendukung sukses bisnisnya.” ungkap Juniardi, selalu salah satu pemateri

Diawali dengan FGD bersama 100 pelaku usaha di kota Malang membahas langkah apa saja yang perlu disiapkan pelaku usaha khususnya UMKM untuk menghadapi era yang penuh ketidakpastian, perubahan yang cepat dan ketidakstabilan.

UNIKAMA Berbagi Rahasia Tangkal Resesi Untuk UMKM
UNIKAMA Berbagi Rahasia Tangkal Resesi Untuk UMKM

Juniardi yang juga pengurus Kadin Prop Jatim menerangkan ada Empat (4) komponen yang diteliti yaitu :

  1. Entrepreneurial Orientation
  2. Entrepreneurial Strategy
  3. Customer Orientation
  4. Kinerja UKM