Sumber Suara Dentuman Di Kota Malang Terungkap, Dari Misteri Jadi Ilmiah

Photo of author
Penulis Nanyak

Beberapa hari terakhir warga Kota Malang dihebohkan dengan fenomena suara dentuman yang bisa didengar di seluruh penjuru Kota Malang.

Suara dentuman di Kota Malang ini terdengar mulai pukul 22.00 WIB ketika suasana sudah mulai sepi hingga pukul 05.00 WIB.
Namun terkadang menjelang siang hari suara dentuman di Kota Malang masih bisa didengar oleh beberapa warga kota Malang.

Sumber Suara Dentuman Di Kota Malang

Ketika belum ada pihak yang mengkonfirmasi fenomena suara dentuman di Kota Malang ini, para warga Kota Malang yang tergabung di grup Komunitas Peduli Malang – ASLI Malang banyak yang menduga-duga sumber dari suara dentuman yang terdengar saat tengah malam.

Beberapa warganet meyakini jika suara dentuman tersebut terjadi karena ada pembukaan lahan Jalur Lingkar Selatan (JLS) Malang dengan menggunakan dinamit atau bahan peledak.

Namun pendapat ini segera disangkal, karena suara dentuman ini tidak hanya terdengar di Malang Selatan, tetapi hampir di seluruh Kota Malang.

Ada juga yang mengatakan jika sumber suara dentuman di Kota Malang ini karena ada latihan militer.

Namun lagi-lagi pendapat ini dapat dipatahkan karena latihan militer hanya ada di satu daerah dan tidak dilakukan di seluruh Kota Malang.

Pendapat yang sedikit mendekati bisa dipercaya adalah suara dentuman yang didengar oleh warga Malang ini karena ada beberapa gunung yang berstatus waspada.

Beberapa warga kota Malang menyebut suara dentuman yang didengar oleh warga Malang berasal dari letusan Gunung Raung dan juga Gunung Semeru.

Namun, pendapat ini dipatahkan oleh PVMBG, karena status kedua gunung tersebut tidak meletus dan lagian, lokasi Gunung Raung berada ratusan kilometer dari Kota Malang.
Sedangkan Gunung Semeru meskipun aktif namun tidak mengeluarkan letusan yang besar.

Bahkan BMKG juga menyangkal jika suara dentuman berasal dari gempa dangkal karena stasiun pemantau gempa bumi BMKG di Pandaan tidak mencatat adanya anomali aktifitas seismik atau gempa.

Fenomena yang tak biasa ini juga membuat LAPAN turun tangan dengan mengeluarkan pernyataan jika tidak ada catatan asteroid yang tiba pada hari Rabu 3 Februari 2021 lalu.

Lalu darimanakah sumber suara dentuman di kota Malang ini?

Ini Sumber Suara Dentuman Di Malang

Sumber suara dentuman di Kota Malang
Sumber suara dentuman di Kota Malang

Akhirnya misteri suara dentuman di Kota Malang terjawab pada hari Kamis (4/2/2021) ini setelah BMKG mengeluarkan pernyataan jika suara dentuman di Kota Malang adalah suara fenomena Sky Quake atau Gempa Langit.

Fenomena Sky Quake atau Gempa Langit yang terjadi di Kota Malang dan bisa terjadi di kota-kota lain ini terjadi akibat aktivitas gunung berapai atau petir.

  • Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa kembali mengguncang Jakarta pada Hari Sabtu (3/12/2022) sore ini. Menurut laporan awal BMKG, Gempa yang melanda Jakarta ini berpusat di Barat Data Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitude 6,4. Gempa yang berpusat di Garut Dan dirasakan hingga Jakarta ini langsung menjadi trending topic di jagat Twitter.


  • Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store hadir dengan konsep baru yang menarik di Mall Olympic Garden (MOG) Malang yang akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda karena memberikan personalisasi bagi konsumen. Refit  Levi’s®  store  di  Malang  ini  adalah  strategi  Levi’s®️  untuk  terus  mengakselerasi  laju  bisnisnya  di Indonesia serta memperluas jangkauan produk dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi ... Read more


  • FOTO: Walikota Batu Dewanti Rumpoko Hadir Untuk Serahkan Hadiah Di Batu Street Food Festival

    FOTO: Walikota Batu Dewanti Rumpoko Hadir Untuk Serahkan Hadiah Di Batu Street Food Festival

    Walikota Batu, Dewanti Rumpoko hadir di Batu Street Food Festival (BSFF) 2022 Untuk menyerahkan Hadiah kepada para pemenang lomba fashion show di event tahunan Kota Batu.