Sinergi Jaga Eksistensi Mata Air, Tugu Tirta Bersih-bersih Cacthment Area Sumber Binangun

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

MALANG – Gerakan penanaman pohon sebagai upaya konservasi lingkungan dan melestarikan sumber air tak henti digelorakan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

Setelah pada September lalu melakukan giat penghijauan di kawasan Jabung yang merupakan daerah tangkapan air atau catchment area jalur delinasi Bromo Tengger Semeru, kali ini penanaman bibit aneka pohon dilakukan di catchment area Sumber Binangun yang berada di Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kota Batu, Jumat (11/11/22).

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi bentuk upaya nyata menyelamatkan eksistensi sumber air serta memacu masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap alam.

“Karena itulah selain menanam bibit pohon, pada hari ini kita semua yang hadir di sini juga bergotong royong membersihkan catchment area bersama. Semoga apa yang kita lakukan memberikan dampak positif yang nyata dalam upaya merawat alam dan kelestarian sumber air untuk anak cucu kita,” terangnya.

Muhlas sekaligus menenkankan bahwa catchment area setempat yang terkenal dengan julukan ‘Bukit Teletubbies’ bukanlah kawasan wisata atau tempat pelesir yang bebas dimasuki oleh masyarakat umum. Larangan masuk tersebut diberlakukan demi menjaga kelestarian daerah tangkapan air. Edukasi mengenai kebijakan tersebut juga terus disuarakan Perumda Tugu Tirta.

Sinergi Jaga Eksistensi Mata Air, Tugu Tirta Bersih-bersih Cacthment Area Sumber Binangun
Sinergi Jaga Eksistensi Mata Air, Tugu Tirta Bersih-bersih Cacthment Area Sumber Binangun

Secara simbolis, giat penanaman pohon sinergi Tim Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) Perumda Tugu Tirta dan Perum Jasa Tirta 1 ini dihadiri langsung oleh Direksi dan Manajemen Perumda Tugu Tirta serta jajaran perangkat Desa Bumiaji. Sejumlah komunitas dan pegiat lingkungan turut ambil bagian mendukung kegiatan ini.

“Kami mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Perumda Tugu Tirta sebagai upaya pelestarian lingkungan dan ekosistem alam. Sudah menjadi tugas kita bersama sebagai bagian dari masyarakat Bumiaji untuk turut menjaga eksistensi mata air yang diantaranya ada di wilayah kami,” ungkap Kepala Desa Bumiaji, Edy Suyanto.

Pihaknya menghimbau masyarakat bisa turut berpartisipasi merawat kelestarian cachtment area dengan mematuhi peraturan yang ada serta menjaga kebersihan kawasan setempat.

*Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BTS Cara Daftar Harga Film Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Gempa Larantuka - NTT Gempa Malang Instagram Internet Internet Wifi Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Manchester United MyRepublic OVO Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral Whatsapp Wisata