Periksa 3 Bagian Ini Jika Mobil Sulit Distarter Di Pagi Hari

Topik:

Mobil sulit distarter atau susah hidup di pagi hari?

Mobil yang sulit hidup di pagi hari tentu akan sangat menyusahkan, terlebih lagi jika mobil tersebut merupakan mobil operasional di pagi hari untuk bekerja maupun antar anak ke sekolah.

Jika mobil susah di starter di pagi hari, kegiatan di pagi haripun tentu kegiatan Anda di pagi hari jadi terganggu karena harus terkendala dengan kondisi mobil yang kurang fit tersebut.

Berdasarkan dari pengalaman dan juga yang Nanyak himpun dari berbagai sumber, ada tiga penyebab utama yang bisa membuat mobil menjadi susah hidup di pagi hari.

Mobil Sulit Distarter Di Pagi Hari
Mobil Sulit Distarter Di Pagi Hari

1 Aki
Aki adalah sumber pemasok utama kelistrikan untuk mobil.

Jika mobil Anda susah hidup di pagi hari, coba cek kondisi aki, apakah stroom yang dihasilkan masih bagus atau justru akinya sudah soak.

Untuk memeriksa tegangan aki, Anda bisa menggunakan voltmeter atau Anda bisa juga memasang aksesoris pengukur tegangan listrik mobil yang ditancapkan pada colokan untuk pemantik api pada mobil.

Untuk dapat hidup, mobil memerlukan tegangan listrik di antara 12,2 volt sampai dengan 12,7 volt.

Jika tegangan aki di bawah 12 volt, maka Anda perlu mengganti Aki lama Anda dengan yang baru.

2 Busi
Komponen kedua yang harus dicek saat mobil susah hidup di pagi hari adalah busi.

Pengecekan busi pada mobil ini membutuhkan waktu yang agak lebih lama, karena Anda harus membuka satu per satu businya dan mengecek kondisi busi.

Apakah busi sudah akan habis ataukah justru kerenggangan busi yang sudah mulai bertambah sehingga api yang dihasilkan sudah tidak bagus lagi.

3 Fuel Pump
Fuel pump atau pompa bahan bakar menjadi komponen mobil yang berikutnya yang harus dicek ketika mobil sulit distarter di pagi hari.

Kondisi pompo bahan bakar yang sudah lemah dapat berpengaruh ke suplai bahan bakar, akibatnya mobil sulit dinyalakan karena tidak mendapatkan pasokan bahan bakar yang cukup.

Jika tiga komponen tersebut dalam kondisi yang masih bagus, ada beberapa komponen lain yang harus diperiksa jika mobil masih susah hidup di pagi hari yaitu dinamo starter, dinamo ampere, karburator dan water temperature sensor.