Periksa 3 Bagian Ini Jika Mobil Sulit Distarter Di Pagi Hari

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Mobil sulit distarter atau susah hidup di pagi hari?

Mobil yang sulit hidup di pagi hari tentu akan sangat menyusahkan, terlebih lagi jika mobil tersebut merupakan mobil operasional di pagi hari untuk bekerja maupun antar anak ke sekolah.

Jika mobil susah di starter di pagi hari, kegiatan di pagi haripun tentu kegiatan Anda di pagi hari jadi terganggu karena harus terkendala dengan kondisi mobil yang kurang fit tersebut.

Berdasarkan dari pengalaman dan juga yang Nanyak himpun dari berbagai sumber, ada tiga penyebab utama yang bisa membuat mobil menjadi susah hidup di pagi hari.

Mobil Sulit Distarter Di Pagi Hari
Mobil Sulit Distarter Di Pagi Hari

1 Aki
Aki adalah sumber pemasok utama kelistrikan untuk mobil.

Jika mobil Anda susah hidup di pagi hari, coba cek kondisi aki, apakah stroom yang dihasilkan masih bagus atau justru akinya sudah soak.

Untuk memeriksa tegangan aki, Anda bisa menggunakan voltmeter atau Anda bisa juga memasang aksesoris pengukur tegangan listrik mobil yang ditancapkan pada colokan untuk pemantik api pada mobil.

Untuk dapat hidup, mobil memerlukan tegangan listrik di antara 12,2 volt sampai dengan 12,7 volt.

Jika tegangan aki di bawah 12 volt, maka Anda perlu mengganti Aki lama Anda dengan yang baru.

2 Busi
Komponen kedua yang harus dicek saat mobil susah hidup di pagi hari adalah busi.

Pengecekan busi pada mobil ini membutuhkan waktu yang agak lebih lama, karena Anda harus membuka satu per satu businya dan mengecek kondisi busi.

Apakah busi sudah akan habis ataukah justru kerenggangan busi yang sudah mulai bertambah sehingga api yang dihasilkan sudah tidak bagus lagi.

3 Fuel Pump
Fuel pump atau pompa bahan bakar menjadi komponen mobil yang berikutnya yang harus dicek ketika mobil sulit distarter di pagi hari.

Kondisi pompo bahan bakar yang sudah lemah dapat berpengaruh ke suplai bahan bakar, akibatnya mobil sulit dinyalakan karena tidak mendapatkan pasokan bahan bakar yang cukup.

Jika tiga komponen tersebut dalam kondisi yang masih bagus, ada beberapa komponen lain yang harus diperiksa jika mobil masih susah hidup di pagi hari yaitu dinamo starter, dinamo ampere, karburator dan water temperature sensor.

  • Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Malang (Nanyak.com) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIRA Malang mengadakan acara perlombaan dalam peringatan Isra Mi’raj 2024 di TPQ Al-Basyir Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Sabtu (10/3/2024). Acara dihadiri oleh Asatidz dan Asatidzah TPQ Al-Basyir, anggota KKN, dan santriwan santriwati. Lomba yang diadakan ada lima kategori yaitu Lomba pidato, tartil, menghafal surat pendek, menghafal…


  • HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    Malang (Nanyak.com) – Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Karangsuko Kec. Pagelaran Kab. Malang, dan mayoritas petani di desa tersebut adalah petani padi dan tebu.  Mahasiswa KKN UNIRA kemudian mengadakan sosialisasi pembuatan pupuk dengan tujuan untuk membantu para petani dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dialami yaitu pupuk yang langka dan harganya mahal. …


  • KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    NT UNIRA Malang kelompok 19 menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint kepada Ibu PKK Desa Karangsuko, Pagelaran, Malang. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 2 Februari 2024 di Balai Desa Karangsuko. Peserta undangan dihadiri oleh Ibu PKK, dan juga mendatangkan Ibu DPL Kelompok 19 yaitu Ibu Nur Al maida, M.Pd, beserta Pemateri Pelatihan Ecoprint yaitu Dosen dari…