Moeldoko Kagum Lihat Transformasi Kampung WNS dan 3G di Malang

Malang – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia, Jendr. (Purn) Dr. H. Moeldoko melakukan lawatan ke Kampung Pancasila Wonosari dan Rumah Prestasi 3G (Glintung Go Green), pada hari Rabu (23/03/2022).

Saat menyusuri lorong kampung didampingi inisiator 3G sebagai pembina Kampung Wonosari (WNS), Moeldoko banyak mendapatkan kejutan dari berbagai hal yang telah dibuat atau dilakukan oleh warg Wonosari RW 19 Purwantoro tersebut.

Kunjungan ke Taman Garuda yang menyajikan konsep urban farming dan tengah dikembangkan dengan fasilitas saung Pancasila, Kantin Kejujuran dan berbagai konsep lainnya mendapat apresiasi dari Kepala Staf Kepresidenan RI tersebut.

Moeldoko Kagum Lihat Transformasi Kampung WNS dan 3G di Malang
Moeldoko Kagum Lihat Transformasi Kampung WNS dan 3G di Malang

Usai menyusuri lorong kampung di WNS, KSP beserta rombongan mengikuti paparan Bambang Irianto tentang proses transformasi Kampung 3G hingga dapat membuat Rumah Prestasi 3G saat ini, termasuk melakukan berbagai replikasi dan pendampingan di berbagai wilayah.

“Yang jelas surprise ya bagi saya, karena yang saya lihat di lokasi baik WNS ataupun 3G ini melebihi dari yang saya dengar sebelumnya. Saya sangat mengapresiasi kinerja dan komitmen Bambang Irianto dan timnya serta pelaku perubahan di kampung WNS dan 3G,” ungkap Moeldoko.

Bahkan dalam paparanya, Kampung WNS dan 3G merupakan wujud konkret dari internalisasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini yang namanya mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan. Biarlah yang lain NATO (No Action Talk Only), tapi Kampung WNS dan 3G ini justru sebaliknya yaitu gak banyak bicara tapi action (bekerja.red) terus.,” ungkap Moeldoko.

Dengan transformasi kampung yang dinilai sangat luar biasa tersebut, KSP Moeldoko menyatakan banyak hal yang dapat diselesaikan dengan replikasi kampung 3G atau WNS di daerah-daerah lainnya.

“Bayangkan saja tanaman Obat Keluarga (Toga) dan sayur mayur yang ditanam sendiri oleh warga masyarakat di WNS tadi itu juga dapat meningkatkan perekonomian jika dijual, juga memberikan dampak positif bagi kesehatan. Jika masyarakat sehat, maka dana BPJS Kesehatan dapat semakin sedikit yang dipergunakan sehingga dapat dipergunakan untuk kebutuhan yang lain. Belumblagi yang lainnya, termasuk kemandirian dalam banyak hal seperti yang dibangun di Kampung 3G ini,” ungkap Moeldoko.

Melihat sisi positif yang menurutnya sangat luar biasa, Kepala Staf Kepresidenan berencana mengajak berbagai pihak di Kementerian ataupun pihak lain untuk dapat mendukung replikasi kampung 3G di berbagai wilayah nusantara.

Terkait dengan hal tersebut, inisiator Kampung 3G (Glintung Go Green) yang juga pembina Kampung Pancasila Wonosari (WNS) yakni Ir. H. Bambang Irianto menegaskan dirinya siap jika memang diminta melakukan replikasi kampung.

“Dalam membangun kampung saya tidak pernah berbicara tentang Pancasila, tetapi dalam pelaksanaan pembangunan kampung itu selalu dilakukan dengan cara bergotongroyong yang merupakan salah satu ciri khas Pancasila. Sebagai contoh pembuatan urban farming, itu saya mengajak berbicara Pancasila dalam hal ketahanan pangan dan masih banyak lainnya. Di situlah KSP mampu menangkap apa yang kami bangun tersebut,” ungkap peraih Kalpataru untuk kategori Pembina Lingkungan ini.

Sebelum lawatan hari ini, Rumah Prestasi 3G telah dikunjungi masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga tokoh-tokoh Indonesia termasuk istri dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

“Beliau pak Moeldoko sebenarnya sudah sering mendengar tentang 3G namun terkendala pandemi dan kesibukan akhirnya baru hari ini dapat berkunjung kemari,” ungkap Bambang Irianto. (Red)

Berita ini telah tayang di adadimalang.com dengan judul Kepala Staf Kepresidenan RI Kagum Saat Kunjungi WNS Dan 3G