Menginspirasi Kreativitas Siswa MI: Mahasiswa KKN UNIRA Kel 19 Mengubah Tutup Botol Menjadi Bunga

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

3 Februari 2024, Mahasiswa KKN kelompok 19 memberikan pengaruh yang positif kepada siswa MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bustanul Ulum yang terletak di Desa Karangsuko, Pagelaran, Malang.

Kegiatan Kreativitas ini dilakukan pada siswa kelas 3 MI. Dengan tujuan untuk memberikan dan mengembangkan kreativitas serta pengajaran yang bermanfa’at untuk siswa kelas 3 MI.

Dalam Kegiatan yang menyenangkan dan interaktif ini, Fitri Riskya/Mahasiswa PGSD menyampaikan panduan kepada para siswa tentang cara membuat kreativitas berupa bunga dari tutup botol bekas.

Tutup botol bekas yang mana sampah yang sulit untuk diuraikan bisa dijadikan sebagai kerajinan yang berguna dengan sedikit kreativitas semisal untuk hiasan dinding di kelas, Ujarnya.

Kegiatan pembuatan kreativitas siswa ini, dilakukan di kelas 3 SD dengan jumlah siswa sebanyak 27 anak. Dari 27 siswa dibagi menjadi 6 kelompok dengan masing-masing anggota sebanyak 4-5 anak.

Rata-rata dari siswa tersebut banyak yang aktif dan senang dalam pembuatan hiasan bunga. Setiap kelompok di dampingi oleh mahasiswa KKN. Mereka dengan penuh semangat dan antusias dalam menghias dan mendekorasi wallpaper bunga dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

“Saya mengadakan kreativitas ini, salah satunya karena bahannya mudah untuk didapat. Dan manfa’atnya bisa menambah pengetahuan anak bahwa tutup botol yang tidak digunakan bisa di buat menjadi sesuatu yang menarik seperti hiasan bunga ini. Serta melatih kreativitas anak dalam proses pembuatan hiasan bunga”, kata Fitri.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN UNIRA tidak hanya memberikan sebuah pengetahuan yang praktis kepada siswa, akan tetapi memberikan inspirasi dan pengalaman dalam kreativitas dan juga pentingnya pengolahan limbah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat mengambil dampak yang positif dan menjadikan suatu bekal yang berharga dalam mengembangkan potensi di masa yang akan datang.

  • Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Malang (Nanyak.com) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIRA Malang mengadakan acara perlombaan dalam peringatan Isra Mi’raj 2024 di TPQ Al-Basyir Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Sabtu (10/3/2024). Acara dihadiri oleh Asatidz dan Asatidzah TPQ Al-Basyir, anggota KKN, dan santriwan santriwati. Lomba yang diadakan ada lima kategori yaitu Lomba pidato, tartil, menghafal surat pendek, menghafal…


  • HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    Malang (Nanyak.com) – Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Karangsuko Kec. Pagelaran Kab. Malang, dan mayoritas petani di desa tersebut adalah petani padi dan tebu.  Mahasiswa KKN UNIRA kemudian mengadakan sosialisasi pembuatan pupuk dengan tujuan untuk membantu para petani dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dialami yaitu pupuk yang langka dan harganya mahal. …


  • KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    NT UNIRA Malang kelompok 19 menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint kepada Ibu PKK Desa Karangsuko, Pagelaran, Malang. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 2 Februari 2024 di Balai Desa Karangsuko. Peserta undangan dihadiri oleh Ibu PKK, dan juga mendatangkan Ibu DPL Kelompok 19 yaitu Ibu Nur Al maida, M.Pd, beserta Pemateri Pelatihan Ecoprint yaitu Dosen dari…