Mengenal Fitur NFC Yang Ada di HP, Bisa Untuk Bayar Dan Isi Kartu Tol

Apa sih sebenarnya fitur NFC yang ada di sebuah hp ini?

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication atau bisa diartikan dengan bahasa sederhana sebagai komunikasi medan singkat.

Sama seperti bluetooth, fitur NFC ini juga membutuhkan dua perangkat yang sama-sama memiliki fitur NFC. Satu bertindak sebagai transmitter dan satu perangkat lainnya berfungsi sebagai penangkap.

Meskipun fitur NFC dan Bluetooth ini mirip, namun NFC memiliki keunggulan dibandingkan dengan Bluetooth, yakni mengenai konsumsi daya.

Konsumsi daya yang dibutuhkan oleh NFC lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi daya yang dibutuhkan oleh Bluetooth.

Namun, jika dibandingkan dari segi kecepatan transfer antara Bluetooth dengan NFC, Bluetooth masih menjadi juaranya.

Bluetooth juga masih menjadi juara dalam soal jarak komunikasi. Jika NFC bisa berfungsi dengan jarak yang sangat dekat, Bluetooth bisa digunakan untuk komunikasi hingga jarak 10 meter.

Karena itulah NFC lebih banyak digunakan untuk pembayaran karena lebih aman dengan asumsi bahwa perangkat yang digunakan harus saling sangat berdekatan.

Kegunaan NFC

NFC yang tertanam di hp ini tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk cek saldo kartu tol saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

NFC mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti Samsung Pay atau Apple Pay.

Cara kerjanya cukup mudah, saat melakukan pembayaran kalian tinggal dekatkan hp ke mesin NFC penjual, dan barang akan terbayar.

Selain bisa mendukung sebagai cara pembayaran, NFC juga bisa digunakan untuk melakuakn transfer file antar dua perangkat dengan sangat mudah. Misalnya transfer foto dengan sesama hp yang berfitur NFC hanya butuh menempelkan hp satu sama lain, dan foto pun akan berpindah.

NFC Tak Ada Di Semua HP

Sayangnya fitur NFC ini memang tidak disematkan di semua hp seperti fitur bluetooth ataupun kamera yang saat ini sudah ada di semua tipe hp.

Fitur NFC biasanya disematkan di hp-hp yang masuk di kelas mid-range hingga kelas flagship, atau paling mudah biasanya fitur NFC ini ditanamkan di hp berharga Rp 4 jutaan ke atas.