Manfaat Minum Jeruk Nipis Setiap Pagi Hari

Manfaat minum jeruk nipis atau biasa dikenal dengan nama jeniper (jeruk nipis peras) di pagi hari ternyata sangat banyak lo.

Meskipun jika belum terbiasa minum, perasan air jeruk nipis ini terasa sangat masam, namun ternyata air perasan jeruk nipis ini membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Seperti yang kita tahu, tubuh manusia terdiri dari 60% cairan, dan salah satu manfaat minum jeruk nipis peras ini adalah dapat menjaga cairan dalam tubuh kita.

Kandungan Jeruk Nipis Peras

Jeruk nipis mengandung vitamin C, vitamin A, asam folat dan zat besi yang bisa bermanfaat untuk membantu melindungi kerusakan sel-sel yang ada di dalam tubuh akibat adanya radikal bebas atau bahan-bahan kimia lain.

Kerusakan sel-sel tubuh ini akan dapat berakibat sangat fatal terhadap tubuh, karena akan dapat memunculkan berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah penyakit kanker.

Cara Membuat Perasan Air Jeruk Nipis

Agar bisa mendapatkan manfaat perasan air jeruk nipis atau jeniper secara maksimal ada beberapa langkah dalam membuatnya.

Cara membuat jeniper

  1. Pertama yakni sediakan terlebih dahulu air hangat dalam satu gelas,
  2. kemudian iris jeruk nipis menjadi dua bagian.
  3. Peras satu irisan jeruk nipis tadi ke dalam gelas yang berisi air hangat, dan sisa irisan yang lain bisa disimpan untuk diperas keesokan harinya.
  4. Aduk air yang bercampur dengan perasan jeruk nipis
  5. Minum air perasan jeruk nipis dan air hangat tersebut

Yang perlu digarisbawahi saat membuat jeniper ini adalah saat meminumnya jangan dicampur dengan gula satu sendokpun, dan diminum sebelum makan pagi atau sebelum perut terisi makanan apapun.

Saat rutin minum air perasan jeruk nipis di pagi hari ini tubuh Nanyak terasa sedikit lemas, namun rasa lemas tersebut hanya sesaat saja dan akan hilang dengan sangat cepat.

Manfaat Minum Jeniper Setiap Hari

Ketika sudah rutin meminum jeniper setiap pagi hari, sedikit demi sedikit kalian akan mulai dapat merasakan manfaat positifnya.

Berikut ini beberapa manfaat minum jeruk nipis:

1 Pengobatan Kanker.

Jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan mampu memabntu tubuh untuk mencetak sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan mampu mencegah penuaan dini dan menguragi tubuh terkena kanker.

Manfaat kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis ini juga mampu menjadi penetralisir dan membantu tubuh menyeimbangkan kadar asam yang sangat mempengaruhi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2 Jeruk Nipis Untuk Diet

Manfaat lain minum perasan jeruk nipis setiap hari adalah dapat membantu proses diet kalian.

Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih banyak dan sedikit menyimpannya dalam tubuh.

Namun tentu saja, kesuksesan diet ini tidak bisa serta merta didapat dari minum perasan air jeruk nipis ini saja, tetapi juga harus dengan olahraga dan juga makan-makanan yang seimbang serta mengganti beras putih dengan beras coklat atau beras merah.

3 Jeruk Nipis Untuk Pengobatan Diabetes

Kandungan indeks glikemik dalam jeruk nipis yang rendah dapat membantu tubuh untuk menyerap gula ke dalam aliran darah.

4 Jeruk Nipis Untuk Kecerdasan Otak

Minum jeniper setiap hari juga dapat membuat otak kalian lebih encer lo.

Hal ini dikarenakan dalam jeruk nipis terdapat kandungan magnesium dan potasium yang tinggi sehingga dapat membantu sistem otak berfungsi secara lebih maksimal.

Jeruk nipis juga dapat membantu tubuh tidak cepat dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi akan menyebabkan kerja otak menurun.

5 Mengobati Jerawat

Manfaat jeruk nipis yang juga disukai oleh remaja adalah manfaatnya yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat.