Kongres dan Seminar Nasional Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia 2022

Malang, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya menggelar Seminar Nasional dan Kongres Asosiasi Ilmu Admnistrasi Bisnis Indonesia (AIABI) pada tanggal 26 Juli 2022 sampai 27 Juli 2022.

Tema seminar nasional dan kongres AIABI kali ini mengusung tentang Transformasi dan Keberlanjutan Bisnis Pasca Covid-19.

“Dan saat ini, AIABI juga akan menggelar kongres ke lima sejak tahun 2008, bersamaan dengan forum ilmiah seminar nasional” Ungkap Dekan FIA Andy Fefta Wijaya, MDA, PhD

Prof. Dr. Kusdi Raharjo, Dea selalu Ketua Umum AIABI
Prof. Dr. Kusdi Raharjo, Dea selaku Ketua Umum AIABI

Acara yang di hadiri 81 Perguruan Tinggi dan 207 peserta seminar ini akan membahas cara menjadi entrepreneur yang sukses paska pandemi.

“Diharapkan dengan diadakannya agenda Kongres dan Senmas ini, maka AIABI akan mampu berkontribusi optimal dalam menghasilkan serangkaian pendekatan keilmuan yang memiliki kebaruan dalam kajian Administrasi Bisnis. ” Tambah Dekan FIA Andy Fefta Wijaya, MDA, PhD

Secara keilmuan, kajian administrasi bisnis dihadapkan pada tantangan tingkat praktis, untuk memecahkan permasalahan yang terbagi dalam 3 pilar keilmuan yakni Tata Kelola (governance) , Kewirausahaan (enterpreneurship) dan Proses Administrasi (administrative process).

Tiga pilar keilmuan tersebut menjadi dasar penting untuk mampu beradaptasi dalam situasi perubahan perkembangan bisnis.

Kanan Dekan FIA Andy Fefta Wijaya, MDA, PhD
Kanan Dekan FIA Andy Fefta Wijaya, MDA, PhD

“Dengan adanya seminar nasional dan kongres ini, AIABI dan para anggotanya memiliki peran strategis guna menyelesaikan isu-isu relevan dengan keberlangsungan operasi bisnis.” Ungkap Ketua Umum AIABI Prof. Dr. Kusdi Raharjo, DEA

Dampak pandemi covid 19 menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha. Hal yang mungkin sudah terjadi yakni Disrupsi teknologi dimana perubahan teknologi terdahulu terganggu lantaran digantikan oleh teknologi terbaru.

“Agar tidak ter desrupsi teknologi dan mampu bertahan, pelaku usaha mau tidak mau harus ber- transformasi demi pengembangan usahanya”tambah Ketua Umum AIABI Prof. Dr. Kusdi Raharjo, DEA

Adanya seminar ini diharapkan mampu memberi inspirasi para peserta untuk menjadi entrepreneur yang mampu beradptasi dalam kondisi saat ini.

“Semoga para peserta terpacu atau termotivasi untuk menjadi enterpreneur dan ikut berkontribusi dalam perkembangan pembangunan bangsa. Tambah Dekan FIA Andy Fefta Wijaya, MDA

Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI) telah berdiri sejak tahun 2008 dengan tujuan untuk menjadikan Ilmu administrasi bisnis sebagai katalisator pembangunan yang berperan dan berfungsi untuk mewadahi para akademisi maupun profesional sebagai pemangku kepentingan dan keilmuan pada bidang kajian Administrasi Bisnis.

AIABI juga memiliki kepentingan untuk mensinergikan akademisi maupun institusi pendidikan tinggi penyedia layanan pendidikan bisnis di Indonesia melalui peningkatan kualitas pengelolaan lembaga.