Kapan dan Bagaimana Cara Melakukan Swab Test

Photo of author
Penulis Nanyak

Swab test saat ini sedang menjadi perbincangan yang sangat hangat di tengah pandemi virus corona atau covid-19 yang belum mereda hingga sekarang.

Lalu pertanyaannya, kapan kita harus melakukan swab test, dan bagaimana cara melakukan swab test tersebut?

Artikel mengenai “Kapan dan Bagaimana Cara Melakukan Swab Test” ini Nanyak tulis berdasarkan pengalaman pribadi Nanyak ya, jadi jika kalian punya pengalaman yang berbeda, silahkan dituliskan di kolom komentar supaya Nanyak dan teman-teman yang lain bisa saling update informasinya.

Oiya, Nanyak bukan orang yang berkecimpung di dunia medis, jadi jika artikel mengenai cara melakukan swab test ini ada kekeliruan penulisan medis, mohon bantuannya untuk dikoreksi ya.

Kapan Harus Melakukan Swab Test

Kapan harus melakukan swab test?

Pertanyaan ini sering timbul di pemikiran orang-orang yang sangat awam dengan dunia medis.

Seperti tujuan awalnya, swab test ini dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terkena virus covid-19 atau tidak.

Jadi jika kalian ingin tahu apakah kalian terkena virus covid-19 dengan gejala maupun tidak, dapat mengajukan ke rumah sakit yang melayani swab test untuk selanjutnya dilakukan swab test.

Swab Test Untuk Pemeriksaan Di Rumah Sakit

Swab test untuk pemerikasaan di rumah sakit ini maksudnya adalah jika kalian ingin melakukan rawat inap di rumah sakit dan tidak ingin dimasukkan ke dalam ruang isolasi terlebih dahulu kalian bisa melakukan swab test mandiri dan kemudian membawa hasilnya ke rumah sakit tempat rawat inap dilakukan.

IGD Rumah Sakit saat ini menerapkan kontrol yang sangat ketat terhadap semua pasien yang masuk ke IGD.

Jika kalian masuk IGD dengan memiliki beberapa indikasi penyakit Covid-19 seperti batuk, pilek, sesak, dan demam, maka secara otomatis kalian akan dimasukkan ke dalam IGD Covid-19.

Di dalam IGD Covid-19 ini pasien dengan indikasi sakit batuk, pilek, demam dan sesak napas akan dikumpulkan jadi satu dan akan dilabeli menjadi pasien suspect Covid-19.

Di IGD ini, pihak perawat dan dokter IGD akan melakukan observasi seperti kadar darah oksigen dan kondisi pasien. Jika kadar darah dalam oksigen di bawah angka 90, maka besar kemungkinan untuk langkah selanjutnya akan dibawa ke ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Pasien dengan ciri-ciri Covid-19 akan langsung dimasukkan terlebih dahulu ke ruang isoalsi Covid-19 baru setelahnya pihak rumah sakit akan melakukan swab test dengan hasil yang akan dapat dilihat lima hari kemudian.

Selama lima hari di dalam ruangan isolasi Covid-19 tersebut, pasien yang sedang menunggu kepastian apakah benar terjangkit Covid-19 atau tidak akan tetap diperlakukan sebagai pasien Covid-19.

Di sinilah sebenarnya langkah untuk mengambil tindakan swab test mandiri dilakukan.

Jika kalian atau pasien telah yakin sakit bukan karena covid-19, maka langkah mengambil swab test mandiri perlu dilakukan.

Swab Test Mandiri

Yang dimaksud dengan swat test mandiri adalah melakukan swab test berdasarkan kemauan pribadi dan tentu saja dengan biaya mandiri.

Beberapa rumah sakit, laboratorium medis maupun klinik medis telah memiliki layanan swab test mandiri ini dengan hasil yang sangat cepat yakni 1×24 jam.

Swab test mandiri ini sendiri bisa dilakukan di rumah sakit, klinik maupun laboratorium dan bisa juga dilakukan di rumah pasien dengan cara petugas swab test akan mendatangi rumah pasien.

Layanan swab test mandiri yang dilaukan di rumah ini biasanya disebut dengan homecare swab test, dan tentu saja karena memiliki layanan istimewa, harganya juga sedikit lebih mahal.

Cara Melakukan Swab Test Mandiri Di Rumah

Berikut ini cara-cara melakukan swab test mandiri di rumah supaya lebih aman dan nyaman.

  1. Daftar
    Daftarkan diri anda atau pasien yang akan di swab test ke rumah sakit, klinik ataupun laboratorium penyedia layanan swab test.
  2. Bayar
    Setelah mendaftar, lakukan pembayaran sesuai besaran yang diminta oleh pihak rumah sakit.

Jika swab test dilakukan di rumah sakit, maka biayanya sekitar Rp 900.000,-.
Tetapi jika swab test dilakukan di rumah atau home care, maka akan ada biaya tambahan yang akan dibebankan, yakni sekitar Rp 200.000,- sampai dengan Rp 250.000,-

  1. Petugas Datang Ke Rumah
    Petugas swab test akan datang ke rumah sesuai dengan jadwal yang telah dibuat saat pendaftaran.

Oiya, jika kalian mengambil home care swab test, petugas akan datang dengan menggunakan mobil biasa, dan perlengkapan apd standar.

  1. Hasil Test Swab Mandiri
    Hasil test swab mandiri biasanya akan bisa dilihat dalam waktu 1×24 jam.

Jika hasil swab test samar yang biasanya disebabkan karena RNA tidak terbaca, maka sampel akan ditest kembali dan akan membutuhkan waktu 1×24 jam lagi.

Nah, seperti itulah cara-cara melakukan swab test mandiri di rumah.

Jika kalian ingin tahu rumah sakit mana saja yang memiliki layanan swab test mandiri terutama yang memiliki layanan home care swab test, kalian bisa bertanya langsung ke petugas medis di rumah sakit manapun.

  • Gibran Cari Orang Yang Marah-Marah Di Tengah Jalan

    Gibran Cari Orang Yang Marah-Marah Di Tengah Jalan

    Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo mencari orang yang marah-marah di tengah jalan. Niatan Gibran mencari orang yang marah-marah tersebut terungkap dalam akun twitter Gibran, “Saya cari”, tulis Gbran singkat dalam akun Twitter pribadinya tersebut sembari mengunggah video milik akun @revelurra yang menayangkan sosok laki-laki berbaju merah berbadan besar yang sedang marah-marah di tengah jalan. Dalam ... Read more


  • Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa kembali mengguncang Jakarta pada Hari Sabtu (3/12/2022) sore ini. Menurut laporan awal BMKG, Gempa yang melanda Jakarta ini berpusat di Barat Data Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitude 6,4. Gempa yang berpusat di Garut Dan dirasakan hingga Jakarta ini langsung menjadi trending topic di jagat Twitter.


  • Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store hadir dengan konsep baru yang menarik di Mall Olympic Garden (MOG) Malang yang akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda karena memberikan personalisasi bagi konsumen. Refit  Levi’s®  store  di  Malang  ini  adalah  strategi  Levi’s®️  untuk  terus  mengakselerasi  laju  bisnisnya  di Indonesia serta memperluas jangkauan produk dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi ... Read more