Jadwal Puasa Ramadan 2020, Muhammadiyah Tetapkan Tanggal 24 April

Photo of author
Penulis Nanyak

Puasa Ramadan tinggal menghitung hari saja, lalu kapan jadwal puasa Ramadan tahun 2020 ini akan dilaksanakan?

Jadwal puasa Ramadan tahun 2020 memang belum secara resmi diumumkan oleh pemerintah Indonesia, namun Muhammadiyah telah mengumumkan jika jadwal puasa Ramadan 2020 akan dimulai pada tanggal 24 April 2020.

Jadwal puasa Ramadan yang telah ditetapkan oleh salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia ini tertuang dalam maklumat PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2020 yang diunggah di situs resmi PP Muhammadiyah, Sabtu (7/3/2020).

Maklumat penetapan tanggal 1 Ramadan 1441 H yang bertepatan dengan tanggal 24 April 2020 ini berdasarkan dari hasil hisab hakiki wujudul hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Dengan telah dikeluarkannya jadwal puasa Ramadan 2020 ini, bisa dikatakan jika jadwal shalat tarawih Muhammadiyah akan dimulai pada hari Kamis, 23 April 2020 malam, dan kemudian pada hari Jumat diniharinya akan melaksanakan sahur puasa Ramadan yang pertama.

MUhammadiyah tak hanya menentukan awal puasa Ramadan saja, tetapi juga mengumumkan tanggal hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

Dlaam pengumumannya tersebut, Muhammadiyah telah menetapkan jika 1 Syawal 1441 H akan jatuh pada hari Sabtu Wage, 23 Mei 2020.

Pada saat tersebut, tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta berada di ketinggian -07°48¢ (LS) dan l= 110°21¢BT) = +06°43¢31²(hilal sudah wujud).

Sementara di seluruh wilayah Indonesia, pada saat terbenam Matahari, Bulan berada di atas ufuk.

Kapan Pemerintah mengumumkan jadwal resmi puasa Ramadan?

Jika menengok ke tahun-tahun sebelumnya, pemerintah akan mengumumkan secara resmi jadwal puasa Ramadan pada saat h-1 puasa Ramadan dimulai.

Hal ini karena pemerintah menggunakan metode melihat bulan terlebih dahulu.

Dan jika melihat jadwal puasa Ramadan yang telah diumumkan oleh Muhammadiyah, maka pemerintah akan mengumumkan pada tanggal 23 April malam sesudah matahari terbenam.

Jadi masih ada kemungkinan jika jadwal puasa Ramadan tahun ini antara Muhammadiyah dan Pemerintah akan berbeda.

  • Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa kembali mengguncang Jakarta pada Hari Sabtu (3/12/2022) sore ini. Menurut laporan awal BMKG, Gempa yang melanda Jakarta ini berpusat di Barat Data Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitude 6,4. Gempa yang berpusat di Garut Dan dirasakan hingga Jakarta ini langsung menjadi trending topic di jagat Twitter.


  • Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store hadir dengan konsep baru yang menarik di Mall Olympic Garden (MOG) Malang yang akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda karena memberikan personalisasi bagi konsumen. Refit  Levi’s®  store  di  Malang  ini  adalah  strategi  Levi’s®️  untuk  terus  mengakselerasi  laju  bisnisnya  di Indonesia serta memperluas jangkauan produk dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi ... Read more


  • FOTO: Walikota Batu Dewanti Rumpoko Hadir Untuk Serahkan Hadiah Di Batu Street Food Festival

    FOTO: Walikota Batu Dewanti Rumpoko Hadir Untuk Serahkan Hadiah Di Batu Street Food Festival

    Walikota Batu, Dewanti Rumpoko hadir di Batu Street Food Festival (BSFF) 2022 Untuk menyerahkan Hadiah kepada para pemenang lomba fashion show di event tahunan Kota Batu.