Ini Arti Gong Xi Fa Cai, Ternyata Bukan Selamat Tahun Baru

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Gong Xi Fa Cai adalah salah satu kalimat yang paling diingat oleh setiap orang di setiap tahun baru Imlek.

Meskipun tidak banyak orang yang tahu arti Gong Xi Fa Cai, namun setiap tahun baru Imlek, kata Gong Xi Fa Cai adalah kata yang paling umum diucapkan oleh setiap orang untuk memberikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek kepada kerabat, maupun teman mereka.

Namun ternyata arti Gong Xi Fa Cai yang sering didengar dan diucapkan di tahun baru Imlek ini bukanlah ucapan tahun baru. Arti Gong Xi Fa Cai ternyata sangat luas dan bisa digunakan tidak hanya untuk tahun baru Imlek saja.

Arti Gong Xi Fa Cai Adalah

Melansir situs Dinas Komunikasi dan Informatika, arti Gong Xi Fa Cai adalah mendoakan seseorang untuk mendapatkan lebih banyak kemakmuran dan kekayaan. Jadi arti Gong Xi Fa Cai adalah bukan selamat tahun baru.

Arti Gong Xi Fa Cai adalah “Semoga Mendapatkan Lebih Banyak Kekayaan atau Kemakmuran”.

Jika diartikan kata-demi kata, maka arti Gong Xi Fa Cai adalah

Gong Xi (baca: kungsi) artinya selamat, Fa artinya berkembang, dan Cai artinya kekayaan. Fa Cai juga bisa berarti berkembang dan menjadi kaya.

Ucapan Gong Xi Fa Cai pada saat tahun baru Imlek biasanya lebih banyak diucapkan dan diterima oleh mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia yang memiliki profesi sebagai pebisnis.

Karena seringnya ucapan Gong Xi Fa Cai ini diucapkan pada saat tahun baru Imlek membuat orang-orang zaman dahulu mengartikan Gong Xi Fa Cai sebagai selamat tahun baru imlek itu sendiri.

Namun saat ini, dengan seiring berkembangnya pendidikan serta kemudahan mengakses informasi melalui teknologi, orang-orang telah mengetahui bahwa ada beberapa ucapan Tahun Baru Imlek yang bisa digunakan selain ucapan Gong Xi Fa Chai.

  • Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Malang (Nanyak.com) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIRA Malang mengadakan acara perlombaan dalam peringatan Isra Mi’raj 2024 di TPQ Al-Basyir Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Sabtu (10/3/2024). Acara dihadiri oleh Asatidz dan Asatidzah TPQ Al-Basyir, anggota KKN, dan santriwan santriwati. Lomba yang diadakan ada lima kategori yaitu Lomba pidato, tartil, menghafal surat pendek, menghafal…


  • HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    Malang (Nanyak.com) – Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Karangsuko Kec. Pagelaran Kab. Malang, dan mayoritas petani di desa tersebut adalah petani padi dan tebu.  Mahasiswa KKN UNIRA kemudian mengadakan sosialisasi pembuatan pupuk dengan tujuan untuk membantu para petani dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dialami yaitu pupuk yang langka dan harganya mahal. …


  • KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    NT UNIRA Malang kelompok 19 menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint kepada Ibu PKK Desa Karangsuko, Pagelaran, Malang. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 2 Februari 2024 di Balai Desa Karangsuko. Peserta undangan dihadiri oleh Ibu PKK, dan juga mendatangkan Ibu DPL Kelompok 19 yaitu Ibu Nur Al maida, M.Pd, beserta Pemateri Pelatihan Ecoprint yaitu Dosen dari…