Ini 6 Cara Belanja Online Aman, Jangan Tergiur Harga Murah

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Bagaimanakah cara belanja online yang aman, dan tidak mudah tertipu oleh penjual barang?

Belanja online adalah salah satu alternatif berbelanja dengan praktis.

Praktis karena kita sebagai pembeli tidak perlu keluar mencari barang ke mall, atau berkunjung dari toko satu ke toko lainnya. Tinggal duduk, berselancar di marketplace, pilih barang, bayar dan barang akan datang.

Tetapi ternyata, dibalik kepraktisan cara belanja online tersebut, menyimpan juga masalah lain yang membuat orang yang berbelanja online bisa jadi ilfil dan tidak mau melakukan belanja online lagi.

Semuanya setuju bahwa tantangan besar dalam mengembangkan e-commerce di Indonesia adalah mengikis kekhawatiran masyarakat untuk bertransaksi secara online. Salah satu penyebabnya tentu saja adalah penipuan bermodus jual-beli barang yang kerap terjadi.

Menyebalkan bukan? Padahal belanja online itu enak, tidak perlu antri, tidak perlu kepanasan, tinggal klik-klik barang akan datang ke rumah.

Tips Belanja Online Aman

Ada beberapa tips atau cara belanja online agar tidak tertipu oleh penjual barang yang tidak bertanggung jawab.

1. Harga Murah

Harga murah adalah pancingan paling masuk akal yang dilemparkan oleh penipu kepada calon korbannya.

Karena itu, saat kalian berbelanja online, jangan tergiur dengan harga murah, terlebih lagi jika harga murahnya ini jauh di bawah harga pasaran.

Jika ini terjadi, kalian wajib sangat waspada, atau lebih baik tidak melanjutkan transaksi.

Eits… tapi jika harga murah ini ada di marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli dan lainnya, bisa jadi ini adalah promo dari para e-commerce ini.

2. Gunakan Platform Terpercaya

Tips cara belana online aman yang kedua adalah, sebisa mungkin gunakan platform e-commerce terpercaya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli dan lainnya.

Kenapa?

Karena jika kita belanja di e-commerce, uang kita tidak langsung menuju ke penjual, tetapi ditahan dulu oleh pemilik platform sampai pembeli menyatakan jika barang yang diterima benar dan tidak ada kekurangan.

3. Rekening Bersama

Tips belanja online aman yang ketiga ini untuk kalian yang senang melakukan belanja online di sosial media seperti Instagram dan Facebook.

Kasus penipuan terbesar berasal dari sosial media, dimana pembeli yang tertarik membeli barang dari penjual langsung melakuan transfer uang ke penjual.

Dan ujung-ujungnya penjual tidak mengirim barang dan langsung menghilang dari peredaran.

Agar jual beli barang di sosial media aman, kalian bisa menggunakan jasa rekening bersama.

Carilah jasa rekening bersama yang terpercaya.

4. Reputasi

Jangan lupa, sebelum melakukan transaksi, kalian wajib juga memeriksa reputasi penjual barang.

5. Komunikasi

Selalu bangun komuniasi dengan penjual saat sebelum membeli maupun saat setelah melakukan transaksi.

Penjual yang menipu biasanya akan selalu aktif dan cepat membalas di awal-awal perkenalan atau saat sebelum terjadinya transaksi.

Tetapi jika setelah transaksi, terutama ketika pembayaran sudah dikirim, penjual yang memiliki niatan penipu akan berusaha menghindar dan kemudian memblokir nomor pembeli.

6. Insting

Tips cara belanja online yang keenam ini menurut Nanyak yang sangat sulit, yakni percayai insting kalian.

Jika sudah ragu, jangan teruskan transaksi daripada menyesal.

Nah, itulah 6 cara belanja online aman, semoga bermanfaat ya.

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BCA Bioskop Trans TV BTS Cara Daftar Harga Film First Media Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Internet Internet Wifi Jadwal Pertandingan Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Malang Manchester United MyRepublic Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Piala AFF 2020 Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral