Info BMKG: Tsunami Setinggi 0.07 Meter Terdeteksi di Marapakot

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

BMKG melakukan update terbaru terkait tsunami yang diakibatkan oleh gempa magnitudo 7,4 yang terjadi di perairan Flores, Larantuka-NTT.

Dalam pemutakhiran data BMKG tersebut dikatakan jika tsunami terlah terdeteksi di Marapokot pada hari Selasa (14/12/2021) pukul 10:36 WIB. Tsunami ini terdekti 16 menit setelah gempa yang terjadi di laut Flores.

Tinggi tsunami akibat gempa NTT ini setinggi 0,07 meter.

“Pemutakhiran Peringatan Dini #Tsunami akibat #Gempa Magnitudo: 7.4 (113 km BaratLaut LARANTUKA-NTT), telah terdeteksi di MARAPOKOT(10:36WIB)0.07m, REO(10:39WIB)0.07m #BMKG” tulis BMKG di akun Twitter milik BMKG.

Marapokot adalah nama daerah di Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Usai terjadi gempa magnitudo 7,4 di Larantuka-NTT, BMKG sekaligus mengeluarkan peringatan dini terjadinya tsunami yang diperkirakan bisa melanda ke sejumlah daerah seperti Maluku, NTB, NTT, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Gempa bumi di laut Flores ini memang cukup kuat, saking kuatnya, gempa bumi ini bisa dirasakan hingga kota Makassar.

Usai terjadinya gempa besar ini, di seputaran perairan Flores kemudian juga terjadi gempa susulan dengan magnitudo yang lebih kecil.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa susulan dengan magnitudo 5 yang terjadi pada pukul 1.47.02 WIB yang terjadi di 129 Km Barat Laut Maumere, Sikka, NTT, namun tidak menimbulkan tsunami.

  • Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Malang (Nanyak.com) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIRA Malang mengadakan acara perlombaan dalam peringatan Isra Mi’raj 2024 di TPQ Al-Basyir Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Sabtu (10/3/2024). Acara dihadiri oleh Asatidz dan Asatidzah TPQ Al-Basyir, anggota KKN, dan santriwan santriwati. Lomba yang diadakan ada lima kategori yaitu Lomba pidato, tartil, menghafal surat pendek, menghafal…


  • HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    Malang (Nanyak.com) – Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Karangsuko Kec. Pagelaran Kab. Malang, dan mayoritas petani di desa tersebut adalah petani padi dan tebu.  Mahasiswa KKN UNIRA kemudian mengadakan sosialisasi pembuatan pupuk dengan tujuan untuk membantu para petani dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dialami yaitu pupuk yang langka dan harganya mahal. …


  • KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    NT UNIRA Malang kelompok 19 menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint kepada Ibu PKK Desa Karangsuko, Pagelaran, Malang. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 2 Februari 2024 di Balai Desa Karangsuko. Peserta undangan dihadiri oleh Ibu PKK, dan juga mendatangkan Ibu DPL Kelompok 19 yaitu Ibu Nur Al maida, M.Pd, beserta Pemateri Pelatihan Ecoprint yaitu Dosen dari…