Hyundai Staria, Penantang Toyota Aplhard dan Honda Odyssey Yang Bukan Kaleng-Kaleng

Hyundai Indonesia *PT Hyundai Motors Indonesia) secara resmi telah mendatangkan Hyundai Staria, mobil mewah besar produksi Hyundai untuk menantang Toyota Aplhard dan Honda Odyssey di kelas premium.

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, peluncuran Hyundai Staria ini dilakukan oleh Hyundai Motors Indonesia secara virtual melalui channel Youtube Hyundai Motors Indonesia.

“Hari ini, kami mewujudkan pengalaman perjalanan dalam kenyamanan terbaik untuk mencapai aspirasi. Dengan bangga, kami persembahkan Hyundai Staria” kata Makmur yang menjabat sebagai Chief Operating Officer HMID dalam acara peluncuran Hyundai Staria.

Seperti apakah Hyundai Staria ini, yuk kita kenal dengan lebih dekat.

Design Hyundai Staria

Design Hyundai Staria ini menurut Nanyak harus dicerna dengan lebih dalam dulu, karena untuk masalah design, tentu saja sesuai dengan selera masing-masing.

Dari tampak depan Hyundai Staria terlihat futuristik.

Hidung Staria terlihat sangat melandai, dan lampu utamanya diletakkan tidak pada bagian hidung seperti kebanyakan mobil yang ada, tetapi diletakkan sejajar dengan grill depan yang sekaligus menjadi bumper depan dari MPV mewah Hyundai ini.

Pada bagian hidung terdapat lampu led memanjang yang berfungsi sebaga LED DRL Welcome Light.

Pihak Hyundai menyebut design membentang panjang ini seperti sebuah horizon atau cakrawal. Lampu ini akan menyambut pemilik mobil saat berada di dekat kendaraan.

Dilihat dari samping, Hyundai Staria tampak seperti sebuah pesawat luar angkasa dengan design aerodinamik yang futuristik. Jendela samping Hyundai Staria yang lebar memberikan nuansa yang lega dan bisa memberikan ketenangan bagi penumpang karena memberikan jangkauan pandangan yang lebar dan luas.

Pada bagian belakang, design lampu belakang Hyundai Staria akan mudah dikenali karena bentuknya memanjang ke bawah dan terlihat sangat elegan. Hyundai menyebutnya dengan Parametrix Pixel Light.

Keempat roda Hyundai Staria menggunakan velg alloy wheel berukuran 18″ bernuansa warna tinted brass yang terlihat elegan dan futuristik. Design ini diyakini oleh pihak Hyundai Indonesia akan semakin membuat Hyundai Staria menjadi daya tarik bagi siapapun yang memandangnya.

Interior Hyundai Staria

Dengan ukuran mobil yang sangat besar, interior Hyundai Staria juga dipastikan lega dan yang pasti karena mobil ini didatangkan untuk menjadi pesaing Toyota Alhard yang sudah terkenal mewah, maka Staria pun juga dipastikan memiliki interior yang sangat mewah juga.

Di jendela penumpang, Hyundai memastikan bahwa penumpang Staria tetap mendapatkan privasi dengan memberikan tirai di masing-masing jendela.

Bahkan tirai ini tidak hanya untuk penumpang yang duduk di baris tengah atau baris kedua, melainkan juga untuk penumpang yang berada di baris belakang.

Bangku baris kedua yang bergaya captain seat memiliki sandaran untuk kaki, sehingga membuat penumpang akan terasa sangat nyaman ketika melakukan perjalanan jauh.

Pada peluncuran Hyundai Staria, Cathy Sharon yang menjelaskan fitur dan kenyamanan interior Staria ini mengatakan betapa nyamannya rasa berkendara di Staria ini.

Fitur audio Staria yang menggunakan BOSE premium sound yang ok banget membuat Cathy Sharon betah di dalam mobil karena suaranya seperti di ruang konser.

Fitur Keselamatan Hyundai Staria

Desing futuristik dan interior yang nyaman takkan lengkap jika Hyundai Staria hanya dibekali fitur keselamatan apa adanya saja.

Menilik dari video peluncuran Hyundai Staria, mobil mewah ini telah dibekali dengan fitur keselamatan yang sudah canggih dan mengadopsi kebutuhan masa kini dan masa depan.

Berikut ini fitur keselamatan Staria:

FCA (Forward Collision-Avoidance Assist)
Fitur keselamatan FCA ini akan membantu melindungi kendaraan agar terhindar dari benturan dengan obyek yang ada di depannya.

Contoh jika kendaraan sedang berjalan beriringan, fitur FCA ini akan membantu mobil tidak menabrak kendaraan yang ada di depannya.

Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA)
Fitur ini akan memungkinkan kendaraan tetap berada tetap dijalurnya sesuai dengan marka jalan.

Blind-spot Collision Avoidance Assist (BCA)
Fitur ini akan memonitor titik buta dan membantu pengereman kendaraan untuk menghindari benturan.

Blind-Spot View Monitor (BMV)
Fitur ini akan membuat pengemudi semakin waspada karena dengan fitur Blind-spot View Monitor ini kendaraan atau obyek yang ada dalam clister pada obyek di titik buta saat pengendara menyalakan lampu sein akan ditampilkan dalam monitor.

Manual Speed Limit Assist (MSLA)
Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menentukan kecepatan maksimal pada saat berkendara.

Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA)
Bodi Hyundai Staria yang besar tentu akan sedikit menyusahkan pengendara saat keluar dari titik parkir.

Namun berkat fitur RCCA ini, pengendara akan lebih mudah memonitor keadaan di belakang mobil sehingga benturan atau tabrakan dengan kendaraan lain dapat diminamlisir.

Fitur ini akan memberikan peringatan dan tindakan pengereman pada saat kendaraan mundur untuk menghindari benturan.

Surround View Monitor (SVM)
Surround View Monitor ini adalah monitor 360 yang memudahkan saat parkir dengan menyediakan tampilan menyeluruh kendaraan.

Dapur Pacu Hyundai Staria

Mesin
Hyundai Staria dibekali dengan mesin 2.2 CRDi Turbodiesel andalan Hyundai agar Staria mendapatkan performa terbaik di setiap jalanan yang dilaluinya.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 177 ps pada 3.800 rpm serta torsi maksimum 430 Nm pada 1.500-2.500 rpm.

Transmisi
Hyundai Staria dilengkapin dengan transmisi 8 percepatan dengan teknologi shift by wire yang membuat permindahan gigi semakin halus dan bahan bakar semakin efisien.

Fitur-Fitur Hyundai Staria

Ditempatkan sebagai mobil MPV dengan kelas premium, Hyundai Staria dibekali dengan fitur-fitur canggih khas mobil mewah masa kini.

Cluster Intrument
Pengemudi Hyundai Staria akan sangat dimanjakan melihat cluster-cluster instrumen mobil dalam layar 10,25 inchi TFT LCD Instrument cluster. Layar besar ini akan membuat pengemudi bisa membaca informasi mobil dengan lebih terang dan jelas.

Pilihan model mengemudi juga bisa diatur dalam pilihan Driver Mode, mau santai atau agresif bisa diatur dengan menggunakan fitur ini.

Wireless Phone Charging System (Qi Standard)
Baterai smartphone habis?
Jangan kuatir, di Hyundai Staria telah dilengkapi dengan pengisian daya yang mudah, terutama dengan adanya fitur wireless smartphone charger dan tentu saja konektivitas smart phone yang memudahkan mobilitas penumpang.

Pilihan Warna Hyundai Staria

Hyundai Staria dihadirkan dengan empat pilihan warna dan dengan dua aksen chrome yang berbeda.

Yakni warna Creamy White, Abyss Black Pearl, Shimmering Silver Metallic yang dilengkapi dengan Tinted Brass Chrome yang elegan dan warna Graphite Gray Metallic yang dilengkapi dengan dark chrome yang membuat Hyundai Staria semakin gagah.

Mau pilih yang mana?

Tak hanya pilihan warna mobil yang beragam, Hyundai juga memberikan pilihan warna interior, karena ada dua pilihan warna interior yang bisa disesuaikan dengan kesenangan pemilik mobil sepert warna Brown Two-Tone dan Black One-tone.

Pilihan Tipe Hyundai Staria

Hyundai Motors Indonesia memberikan dua pilihan tipe yang bisa dipilih oleh calon pemilik Hyundai Staria yakni Hyundai Staria Signature 7 dan Hyundai Staria Signature 9

Di Hyundai Signature 9, penumpang di baris kedua memiliki dua tempat yang bisa diatur untuk saling berhadapan yang akan semakin membuat suasana kekeluargaan saat bepergian semakin tercipta.

Harga Hyundai Staria

Berapakah harga Hyundai Staria ini?

Dalam acara peluncurannya, Hyundai Motors Indonesia mengumumkan jika harga Staria adalah sebagai berikut:

Harga Hyundai Staria Signature 7 dibanderol dengan harga Rp 1.020.000.000,- on the road Jakarta.

Harga Hyundai Staria Signature 9 dibanderol dengan harga Rp 888.000.000,- on the road Jakarta.