Gunung Semeru Meletus, Kota Lumajang Gelap Gulita

Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur, tepatnya di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang meletus pada hari hari ini (Sabtu, 4/12/2021).

Dalam sebuah video amatir yang beredar di sosial media, tampak debu vulkanis yang volumenya sangat banyak keluar dari Gunung Semeru.

Selain tersebar di sosial media, video-video Gunung Semeru meletus dan foto-fotonya kemudian banyak bertebaran di group-group Whatsapp, mulai dari grup Whatsapp keluarga hingga grup Whatsapp kantor.

Di Twitter, topik yang bersinggungan dengan letusan Gunung Semeru menjadi trending topik seperti Semeru dan Lumajang.

Dalam video yang beredar, tampak kepanikan warga setempat yang harus berlarian menyelamatkan diri dari debu vulkanis gunung Semeru.

Sementara itu ada juga video yang memperlihatkan kondisi Kota Lumajang yang gelap gulita saat terjadi letusan gunung semeru hari ini.

Dalam video tersebut, tampak perekam video mengatakan jika kondisi saat merekam video masih jam empat sore yang harusnya masih cukup terang tetapi karena gunung semeru yang meletus suasananya menjadi gelap gulita seperti tengah malam.

Tentang Gunung Semeru

Gunung Semeru atau gunung Meru adalah sebuah gunung berapi yang ada ada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3.367 meter dari permukaan laut (mdpl).

Puncak Gunung Semeru sendiri diberi nama dengan puncak Mahameru, sedangkan kawahnya diberi nama kawah Jonggring Saloko.

Saat mendaki Gunung Semeru dan telah sampai puncak, para pendaki tidak disarankan untuk mendaki dari sisi sebelah selatan karena adanya gas beracun dan aliran lahar.

Para pendaki Gunung Semeru juga tidak disarankan untuk menuju ke kawah Jonggring Saloko.