Dunia Terendam Banjir, Banjir Irak Hingga Banjir Calon Ibu Kota Indonesia

Photo of author
Penulis Nanyak

Musim penghujan tahun ini sepertinya lebih dahsyat daripada tahun sebelumnya ya?

Jika Nanyak rasakan, hujan yang datang di musim hujan tahun ini langsung terjadi hujan besar dan deras, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana ketika masuk musim hujan, di awal-awal hanya disertai hujan dengan intensitas sedang. Intesitas hujan deras biasanya masuk di bulan Januari.

Maka tak ayal, di musim penghujan tahun ini sudah banyak tersiar berita banjir seperti berita banjir di Kota Batu yang disertai dengan tanah longsor.

Berita banjir di Kota Batu ini bahkan juga membawa dampak yang tak kalah dahsyatnya hingga ke Kota Malang.

Baca Juga Berita Banjir

Kemudian yang terbaru adalah adanya berita banjir di Irak yang menyebabkan 12 orang tewas, banjir di Malaysia yang menyebabkan ribuan orang mengugsi dan juga berita banjir yang merendam calon ibu kota baru Indonesia yang menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.

Banjir di Irak

Seperti yang dilansir oleh CNN Indonesia, setidaknya ada 12 orang yang dilaporkan meninggal dunia di Irak akibat adanya banjir yang ditimbulkan karena hujan lebat.

Di Propinsi Kirkuk, pasukan keamanan Irak juga telah turun tangan untuk memberikan bantuan kepada warga yang terkena banjir.
Beberapa warga bahkan terjebak di rumah mereka akibat hujan yang sangat deras.

Banjir karena hujan deras yang melanda Irak ini diperkirakan karena adanya perubahan iklim dunia akhir-akhir ini.

Banjir di Malaysia

Selain Irak, berita banjir juga datang dari negeri jiran Malaysia.

Banjir di Malaysia disebabkan karena negeri jiran Indonesia ini hujan selama dua hari.

Ribuan orang dikabarkan mengungsi akibat banjir di Malaysia yang disebabkan karena hujan lebat selama dua hari ini

Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaahob telah memerintahkan tentara, polisi dan badan keamanan lainnya untuk segera mengevakuasi warga Malaysia yang terjebak banjir di Malaysia.

Badan Meteorologi Malaysia telah mengeluarkan peringatan jika hukan lebat diperkirakan masih akan mengguyur 12 dari 16 negara bagian dan teritori Malaysia di hari Minggu ini.

Banjir di Calon Ibukota Indonesia

Sementara itu di Indonesia, calon ibukota Indonesia yang berada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dilaporkan juga terendam banjir.

Banjir di calon ibukota Indonesia yang baru tersebut terjadi pada hari Jumat (17/12/2021) kemarin yang diakibatkan karena adanya hujan lebat pukul 14.00 WIB dan juga karena adanya pasang tinggi air laut mulai pukul 16.00-18.00 WIB.

Banjir di Penajam Paser tersebut menyebabkan 101 rumah yang tersebar di dua desa dan satu kelurahan terendam banjir.

Bagaimana dengan daerah Anda, apakah terendam banjir juga?
Nanyak yang ada di Kota Malang, yang merupakan dataran tinggi di Jawa Timur juga merasakan banjir jika hujan yang terjadi sangat deras dan dalam waktu yang cukup lama.