Dropshipper, Peluang Usaha Online di Tahun 2021, Pasti Cuan Dan Ga Pakai Ribet

Badai virus corona yang menghantam seluruh negeri baik di Indonesia maupun di luar negeri memang memiliki dampak menghancurkan beberapa lini bisnis, terutama lini bisnis offline.

Akibat virus corona banyak mall dan hotel yang harus gulung tikar akibat sepinya pembeli maupun pelancong, padahal sebelum ada virus corona, kedua bisnis ini merupakan bisnis yang selalu ramai didatangi oleh para pelanggan mall maupun hotel.

Namun, adanya virus corona ternyata juga membentuk pola pikir dan pola perdagangan yang berbeda dari sebelumnya.
Akibat tidak diperbolehkan keluar dari rumah dan pergerakannya dibatasi oleh berbagai macam kebijakan pemerintah membuat para pelaku usaha dan juga para pembeli beralih ke bisnis online.
Sebuah bisnis yang tidak harus mewajibkan pembeli dan penjual bertatap muka langsung

Ya, bisnis online justru semakin menggeliat saat badai virus corona menerjang.
Banyak pelaku bisnis online baru yang bermunculan, dan Nanyak yakin pelaku bisnis online yang baru itu termasuk kalian bukan?

Jika kalian belum menjadi bagian dari pelaku usaha online di tahun 2021 ini, kalian harus segera mengubah pola pikir dan mulai menjalankan bisnis secara online.

Karena peluang usaha online itu sangat besar, salah satu manfaat terbesarnya adalah pelanggan kalian bisa berasal dari daerah manapun di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Masih bingung mulai usaha online darimana?

Begini cara memulai usaha online di tahun 2021 ini.

1. Jadi Dropshipper

Peluang usaha online yang sedang naik daun di tahun 2021 ini adalah menjadi penjual dropshipper.

Dengan menjadi dropshipper, kalian tidak perlu lagi dipusingkan dengan urusan modal. Kalian hanya perlu membeli barang dari penyedia barang dengan menggunakan uang hasil penjualan yang telah dibayarkan pelanggan.
Kemudian selanjutnya, urusan pengiriman hingga persediaan barang akan ditangani langsung oleh pemilik barang.

Bagaimana usaha online dengan menjadi dropshipper ini bisa berjalan lancar?
Kalian sebagai penjual harus tegas meminta pembayaran dilunasi terlebih dahulu oleh pelanggan, karena jika tidak, maka kalian harus keluar uang untuk nalangi pembelian pelanggan kalian.

Secara ilustrasi, usaha online dengan menjadi dropshipper bisa digambarkan seperti gambar di bawah ini:

Infografis Alur Dropshipping
Infografis Alur Dropshipping

2. Manfaatkan Sosial Media

Agar jualan barang-barang yang kamu dapatkan dari dropshipper ini semakin lancar dan menghasilkan banyak cuan, kalian juga bisa memanfaatkan sosial media yang kalian miliki seperti Instagram dan Facebook untuk memasarkan barang-barang milik kalian.

Memanfaatkan Instagram Untuk Jualan

Caranya tentu saja sangat mudah, kalian tinggal membuat post atau story yang berupa penawaran barang yang kalian miliki.

Pergunakan foto dan deskripsi foto yang menarik agar semakin membuat para calon pembeli kalian di Instagram menjadi semakin tertarik.

Jika kalian memiliki banyak barang, kalian bisa menggunakan linktree untuk mendaftar semua tautan barang yang kalian miliki dan kemudian memasangnya di profile kalian.

Memanfaatkan Facebook Untuk Jualan

Berbeda dengan Instagram, Facebook memiliki piranti yang lebih menunjang untuk menjual barang kalian.

Kalian bisa memanfaatkan dinding status dan bisa juga memanfaatkan marketplace yang memang telah dirancang Facebook untuk para pelapak seperti kalian.
Dengan memasukkan barang dagangan kalian di Facebook marketplace, secara otomatis kalian telah membuka pangsa pasar hingga ke seluruh Indonesia.

Selain itu, jika kalian telah merasa ahli dalam bidang penjualan online, kalian bisa juga menjual barang kalian melalui fans page Facebook.

3. Manfaatkan Whatsapp Untuk Jualan

Pada saat baru pertamakali diperkenalkan, Whatsapp memang merupakan sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk berkirim pesan teks maupun gambar, bahkan kehadiran Whatsapp saat itu mampu membunuh aplikasi pesan berkirim pesan lain, BBM dan SMS yang telah muncul terlebih dahulu, namun kini Whatsapp sudah beralih fungsi.

Fitur Whatsapp Stories ternyata telah membuat WhatsApp menjadi sekaligus aplikasi marketplace dadakan.

Para penjual barang mulai menjual barang mereka melalui status-status Whatsapp yang mereka buat, target marketnya, siapa lagi kalau bukan orang-orang terdekat seperti saudara dan teman.

Keuntungan dari menjual barang melalui Whatsapp story ini adalah antara pembeli dan penjual sebelumnya telah terjalin relasi, sehingga kepercayaan jual beli pun menjadi lebih tinggi.

Landing Page

Selain memasarkan produk kalian melalui sosial media dan Whatsapp, salah satu cara yang bisa bikin cuan semakin mengalir adalah dengan membuat sebuah landing page untuk produk ataupun toko kalian.

Eits… masih bingung apa itu landing page?

Landing page adalah sebuah halaman online yang berisi penjelasan mengenai produk kalian, bahkan di landing page ini kalian juga bisa memberikan nomor kontak Whatsapp kalian agar calon pembeli mudah untuk menghubungi kalian lo.

Bagaimana sih bentuk landing page yang baik itu?

Karena landing page merupakan halaman yang berisi penjelasan maupun penawaran barang atau produk kalian, maka sebuang landing page haruslah berisi pesan yang USPS yakni:

  • Ultimate advanted: keunggulan produk kalian baik manfaat maupun proses pembuatan
  • Sensational offer: penawaran kalian yang berbeda dengan lapak sebelah
  • Powerfull promise: janji apa atau garansi apa yang akan kalian berikan untuk pembeli
  • Shocking: penawaran yang dibuat harus bisa langsung menarik perhatian dan calon pembeli tidak perlu berpikir kenapa harus membeli produk itu dari kalian

Contoh pembuatan halaman landing page yang USPS bisa dilihat di halaman situs Biomars ini

Apa kelebihan memiliki landing page?

Banyak banget….
Namun beberapa diantaranya adalah:

  1. Penawaran produk tak terbatas waktu dan tempat
    Kalian akan memiliki kesempatan menawarkan produk kalian ke seluruh penjuru dunia.
    Karena landing page yang merupakan sebuah situs ini bisa dilihat oleh orang di seluruh dunia selama 24 jam nonstop,
    Nah bayangkan jika kalian memiliki sebuah landing page yang berisi dua bahasa, bahasa Indonesia dan Inggris, tentu pangsa pasar kalian akan jauh lebih luas bila dibandingkan jualan dengan whatsapp.
  2. Gabungkan Dengan Sosial Media Kalian
    Agar penawaran yang dibuat di sosial media semakin berkualitas dan terpercaya, kalian juga bisa menggabungkan landing page kalian dengan akun sosial media yang kalian punyai.

Di Instagram, kalian bisa memasukkan alamat landing page kedalam profile, begitu juga di Facebook, kalian bisa memberikan alamat landing page di beranda ataupun di status kalian. Sedangkan di Whatsapp, kalian bisa memasukkan landing page ke setiap promo produk yang telah dibuat di stories.

Dengan cara seperti ini, calon pembeli akan bisa dengan sangat mudah mengetahui dan mengerti mengenai produk yang kalian jual.

  1. Gabungkan Dengan Google Bisnis
    Cara yang ketiga ini tidak banyak yang tahu.

Google telah memiliki fitur yang bernama Google Bisnis.

Untuk menambah kepercayaan calon pembeli dan pelanggan kalian, bergabunglah dengan Google Bisnis dengan menggunakan akun Google kalian.

Tambahkan semua informasi toko offline dan online kalian seperti landing page tadi ke dalam kolom informasi yang disediakan oleh Google Bisnis ini dan hasilnya, saat ada orang yang mencari produk ataupun toko kalian, Google akan memprioritaskan toko kalian untuk tampil di halaman pencarian Google.

Contoh penggabungan toko online di sosial media dan pembuatan landing page seperti pada toko emas ini, Javainblue-Jewelry.online.

Jika kalian cari Javainblue Jewelry di Google, maka Google akan menampilkan informasi toko yang telah Google dapatkan, inilah yang disebut sebagai fitur Google My Business. Di dalam situ terdapat juga informasi tautan yang diarahkan ke toko online ataupun sosial media yang kalian gunakan untuk jualan

Infografis Pengembangan Usaha Online
Infografis Pengembangan Usaha Online

Membuat Landing Page

Semakin menarik dan sudah bisa membayangkan bagaimana langkah-langkah membangun bisnis online?

Nah, tentu pertanyaan berikutnya yang timbul adalah, bagaimana sih cara membuat landing page?

Cara membuat landing page sebenarnya tidaklah sulit, sekarang sudah banyak tool yang bisa membuat landing page secara online dan hasilnyapun bagus, tetapi jika kalian betul-betul buta dengan yang namanya membuat landing page, kalian bisa meminta bantuan dengan membayar jasa pembuatan website.

Langkah pertama membuat landing page

Langkah pertama dalam membuat landing page yaitu tentu saja kalian harus memiliki domain atau alamat situs. Domain atau alamat situs yaitu nama yang biasa kalian ketikkan saat mencari di google ataupun di address bar peramban internet seperti Chrome.

Untuk membeli domain ini juga tidak bisa sembarangan, carilah tempat pendaftaran domain yang terpercaya seperti di Exabytes.co.id.

Selain harus memiliki domain, kalian juga harus memiliki hosting.
Namun hosting ini sifatnya antara wajib dan tidak wajib karena bisa juga menggunakan hosting gratisan seperti wordpress maupun blogspot.

Namun menurut Nanyak, cara yang paling tepat untuk memulai membuat website tentu saja dengan memanfaatkan promo beli hosting gratis domain yang ada di Exabytes Indonesia.

Langkah kedua membuat landing page

Nah setelah memiliki domain dan hosting, langkah berikutnya adalah mulai melakukan setting dan design.

Bagian ini adalah bagian tersulit, jika kalian merasa kesulitan, sudah saatnya kalian menggunakan jasa tenaga web design maupun web developer yang terpercaya.

Ingat, jika kalian habiskan waktu di titik ini, kalian akan kehilangan waktu untuk mengembangkan usaha online kalian.

Setelah kedua langkah tersebut selesai, kini waktunya mengisi landing page dengan informasi barang dan penawaran sesuai dengan barang yang kalian jual.

Nah sahabat Nanyak, itulah peluang usaha online di tahun 2021 yang masih terbuka lebar dan cara memulai usaha online serta pengembangannya secara detil.

Selamat mencoba dan salam sukses selalu