Dapoer Kota Lama Sajikan Jangan Pedes Dan Makanan Khas Jawa Dengan Suasana Tempo Doeloe

Malang – Anda mencari tempat kuliner yang menyajikan masakan jangan pedes dan makanan khas Jawa lainnya?

Nah, Anda bisa mencoba menuju ke Dapoer Kota Lama yang bertempat di Jl. Laks Martadinata No 81 Kota Malang.

Di Dapoer Kota Lama ini anda akan bisa menikmati makanan jadul seperti jangan pedes, makanan khas Jawa dan juga menu olahan ikan laut yang lezat.

Lokasi Dapoer Kota Lama
Lokasi Dapoer Kota Lama

Dapoer Kota Lama ini sendiri dibuka pada tanggal 18 Maret 2022 lalu dengan jam buka mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 9 malam atau 21.00.

Jika Anda berkuliner di Dapoer Kota Lama ini, ada satu menu andalan yang tak boleh Anda lewatkan yakni menu Ikan Bakar dengan bumbu Jawa.

Ikan bakar dengan bumbu Jawa ini cara pengolahannya sangat pas sehingga mampu memberikan cita raza yang lezat yang mampu memanjakan lidah Anda.

Ketika memilih menu ikan, pelanggan bisa memilih sendiri kondisi ikan yang akan dikonsumsi, apakah ikan mentah langsung dibakar ataukah lebih memilih ikannya digoreng terlebih dahulu lalu dibakar.

Di Dapoer Kota Lama juga menyajikan aneka masakan ikan laut seperti ikan Lemadang, Kerapu, ikan Pari dan lain-lain. Menu makanan ikan laut di Dapoer Kota Lama biasanya bisa dinikmati sebanyak 5-10 orang.

Dapoer Kota Lama juga memiliki keahlian tersendiri dalam mengolah ikan Pari.

Umumnya ikan Pari memiliki aroma gas yang cukup mengganggu jika orang itu tak terbiasa terhadap baunya.
Namun berbekal pengalaman dalam mengolah Ikan, Dapoer Kota Lama mampu sajikan ikan tersebut tanpa bau yang mengganggu.

Suasana tempo doeloe di Dapoer Kota Lama
Suasana tempo doeloe di Dapoer Kota Lama

“Bahkan pengunjung yang menikmati Ikan Pari bakar tersebut tidak menyangka kalau itu ikan Pari yang biasanya punya bau khas tersebut” Ungkap Yudi Susilo Owner Dapoer Kota Lama

Selain olahan menu Ikan Bakarnya ada juga menu lain sayur mayur, ayam, usus, udang dll yang bisa menjadi alternatif menu tambahan. Pengunjung dapat memilih sendiri makanan yang sudah di disiapkan.

Tak ketinggalan dalam bulan Agustus ini demi memperingati kemerdekaan Dapoer Kota Lama memberikan promo khusus pembelian di tempat sebesar Rp 77.000,- dan akan mendapat free Ikan Bakar.

“Promo tersebut berlaku selama bulan Agustus, buruan ajak rekan kerja atau keluarga ke Dapoer Kota Lama” Ujar Nina selaku pengelola

Interior Dapoer Kota Lama
Interior Dapoer Kota Lama

Saat datang ke Dapoer Kota Lama, pengunjung juga dipastikan akan bisa menikmati suasana tempo dulu yang masih dipertahankan di bangunan yang digunakan oleh Dapoer Kota Lama.

Bangunan Kolonial yang terletak di Jl Laks Martadinata no 81 ini tetap terjaga ke orisinilannya seperti kusen kayu, lantai, jendela dan plafon kayu menjadi ciri khas tempo doloe.

Hal ini membuat para pengunjung betah berlama-lama disana untuk menikmati suasana Tempoe Doloe. Tempat yang memiliki 5 ruang dengan nama daerah di malang ini mampu menampilkan ciri khas daerah masing-masing.

Lima nama ruang tersebut Kota Lama, Splendid, Comboran, dan Comboran dimana dalam ruangan tersebut terdapat ciri khas kawasan yang berada di Kota Malang ini.

Seperti ruang comboran menampilkan beberapa benda yang memang berasal dari pasar loak comboran untuk di pajang.

Adapun benda lain yang ada di beberapa ruang terdapat lukisan karya Pelukis Difabel Sadikin yang menggambarkan suasana kawasan tersebut.

“Dengan tema tempoe doloe ini diharapkan Pengunjung luar Malang jadi bisa lebih mengenal dekat tentang kawasan tersebut” tutup Yudi Susilo pria asli Blitar ini.