Cara Menjadi Barista Profesional Hanya Dalam 3 Hari

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Barista adalah salah satu profesi yang banyak dicari saat ini, namun tak banyak yang mengetahui bagaimana cara menjadi barista profesional yang bisa mengolah kopi menjadi minuman yang penuh cita rasa.

Berkembangnya profesi sebagai seorang barista ini tak lepas dari perkembangan tren bisnis kopi di Indonesia.

Perkembangan bisnis kopi di indonesia beberapa waktu belakangan ini berjalan cukup pesat, karena saat ini minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Dalam bisnis kopi, barista menjadi sosok yang penting dalam perkembangan bisnis kopi. Barista yang memiliki tugas utama yaitu menyajikan secangkir kopi. Bukan sekedar meracik kopi namun profesi, harus memahami kopi dari hulu sampai ke hilir.

Maka tak heran jika pada akhirnya para pemilik bisnis kopi mulai melirik mencari para barista profesional.

Tuntutan inipun akhirnya juga membuat para barista harus selalu meningkatkan kompetensinya agar semakin diakui yang salah satunya adalah mengambil sertifikasi barista.

Seorang barista professional memperoleh pengakuan secara tertulis dengan lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pelatihan Barista ini dapat menjadi peluang untuk generasi muda berwirausaha sejak dini sebagai peran penting untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Dilatarbelakangi hal tersebut maka BPLP Brawijaya Malang mengadakan kegiatan pelatihan wira usaha dalam bidang kopi dengan tema “Become a Coffee Shop Owner in 3 Days” (Pelatihan dan Sertifikasi Barista).

Cara Menjadi Barista Profesional Hanya Dalam 3 Hari

Sasaran peserta kegiatan ini para UMKM dan generasi muda pecinta kopi yang tertarik menekuni bisnis kuliner.

Pelatihan wira usaha dalam bidang kopi dengan tema “Become a Coffee Shop Owner in 3 Days” (Pelatihan dan Sertifikasi Barista) ini akan berlangsung tanggal 4 s/d 6 Agustus 2022.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini, peserta pelatihan tidak hanya mendapatkan cara menjadi barista profesional, tetapi juga akan mendapatkan pelatihan digital marketing, konten digital foto dan video, sharing dengan narasumber yaitu dari pengusaha kuliner kopi, serta di hari ketiga sertifikasi kompetensi bidang Barista.

Biaya untuk mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Barista yang diadakan oleh BPLP Brawijaya Malang ini sebesar Rp 1.250.000,- untuk 10 pendaftar pertama dan untuk selanjutnya sebesar Rp 1.500.000,-

Setelah mengikuti pelatihan menjadi barista profesional ini, diharapkan para generasi muda memiliki bekal ketrampilan dan kompetensi dalam mengelola usaha dibidang kopi.

“Pelatihan & sertifikasi Barista diselenggarakan BPLP Brawijaya sebagi bentuk kegiatan untuk mencetak wira usaha dibidang kopi serta mencetak Barista yang berkompeten,” ungkap Mira, Operations Manager BPLP Brawijaya Malang.

“Acara dikemas mulai dari pelatihan teori & praktek tentang kopi itu sendiri dari mana, jenis-jenis kopi, tehnik membuat kopi mulai espresso, cappuccino, manual brew sampai tehnik latte art. Lalu hari kedua akan dibekali pelatihan bagaimana memasarkan usaha kopi secara online, diajarkan membuat konten digital melalui foto & video dan dihari terakhir adalah sertifikasi uji kompetensi bidang Barista. Dimana semua pelatihan tsb diberikan secara langsung oleh Dosen BPLP Brawijaya yang sudah professional dibidang masing-masing,” lanjut Mira.

Cara Mendaftar Pelatihan dan Sertifikasi Barista

Berikut ini cara mendaftar dan mengikuti pelatihan cara menjadi barista profesional dalam pelatihan “Becoma a Coffee Shop Owner in 3 Days”:

BPLP Brawijaya Malang
Plaza Apartemen Begawan – Upper Ground 13 (Lantai 2)
Jl. Raya Tlogomas 1-3 Malang

Pendaftaran & informasi :
0811 303 7730 | 081 131 4988 | 0814 5908 1779
Website : www.bplpbrawijayamalang.com
Instagram: bplp_brawijayamalang

  • Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Malang (Nanyak.com) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIRA Malang mengadakan acara perlombaan dalam peringatan Isra Mi’raj 2024 di TPQ Al-Basyir Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Sabtu (10/3/2024). Acara dihadiri oleh Asatidz dan Asatidzah TPQ Al-Basyir, anggota KKN, dan santriwan santriwati. Lomba yang diadakan ada lima kategori yaitu Lomba pidato, tartil, menghafal surat pendek, menghafal…


  • HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    Malang (Nanyak.com) – Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Karangsuko Kec. Pagelaran Kab. Malang, dan mayoritas petani di desa tersebut adalah petani padi dan tebu.  Mahasiswa KKN UNIRA kemudian mengadakan sosialisasi pembuatan pupuk dengan tujuan untuk membantu para petani dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dialami yaitu pupuk yang langka dan harganya mahal. …


  • KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    NT UNIRA Malang kelompok 19 menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint kepada Ibu PKK Desa Karangsuko, Pagelaran, Malang. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 2 Februari 2024 di Balai Desa Karangsuko. Peserta undangan dihadiri oleh Ibu PKK, dan juga mendatangkan Ibu DPL Kelompok 19 yaitu Ibu Nur Al maida, M.Pd, beserta Pemateri Pelatihan Ecoprint yaitu Dosen dari…