Cara Memperbaiki “Error Establishing Database” di WordPress

Halo webmaster, sedang kebingungan mengatasi cara untuk memperbaiki error establishing database pada situs wordpress kalian?

Error ini memang sangat jarang terjadi, tetapi ketika terjadi tak ayal bikin kepala puyeng juga kan?

Nah, kali ini Nanyak akan berbagi tips untuk memperbaiki Error Establishing Database di website yang menggunakan WordPress.

Tetapi sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai error yang bisa bikin puyeng kepala ini Nanyak akan bahas terlebih dahulu penyebab dari error yang menyebabkan situs wordpress kalian tidak bisa diakses.

Penyebab Error Establishing Database

Gampangnya, secara umum pengertian dari Error Establishing Database atau jika dalam bahasa Indonesia diartikan dengan galat mengadakan koneksi database ini adalah kondisi dimana front end website tidak bisa melakukan koneksi dengan database.

Penyebab gagalnya koneksi ke database ini bermacam-macam, antara lain yaitu:

  1. Salah memasukkan username atau password di WP-Config.php.
  2. Salah memasukkan nama database di file wp-config.php
  3. Server database mati
  4. Database rusak

Setelah kita tahu beberapa penyebab dari tidak berfungsinya database di wordpress yang menyebabkan munculnya error establishing database, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi error tersebut?

Cara Mengatasi Error Establishing Database

Di bawah ini Nanyak akan bahas satu persatu bagaimana cara untuk mengatasi error galat sambungan basis data berdasarkan penyebabnya seperti yang sudah tertulis di atas tadi.

1. Periksa Credential di Wp-Config

Seperti yang kita tahu, di file WP-Config.php ada pengaturan untuk koneksi ke database situs wordpress kita dengan memasukkan username dan password database

Penyebab paling umum dari munculnya Error Establishing Database atau galat sambungan basis data adalah karena ada kesalahan dalam memasukkan tiga komponen penting dalam penyambungan database, yaitu nama database, username dan password.

Untuk memastikan bahwa nama database, username dan password sudah sesuai, kalian perlu masuk ke file wp-config.php yang ada di root dan periksa sekali lagi isian database. Pastikan bahwa semuanya telah benar.

// ** Pengaturan MySQL – Anda dapat memperoleh informasi ini dari web host Anda ** //
/** Nama basis data untuk WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘nama database’);

/** Nama pengguna basis data MySQL */
define(‘DB_USER’, ‘username database’);

/** Kata sandi basis data MySQL */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘password database’);

/** Nama host MySQL */
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

/** Set Karakter Basis Data yang digunakan untuk menciptakan tabel basis data. */
define(‘DB_CHARSET’, ‘utf8’);

/** Jenis Collate Basis Data. Jangan ubah ini jika ragu. */
define(‘DB_COLLATE’, ”);

Bagaimana jika semuanya sudah benar tetapi masih memunculkan error yang sama?

Tenang, jika ternyata semua credential yang dimasukkan sudah benar, maka perlu ada langkah lanjutan yang sedikit lebih advance.

Kalian perlu membuat file PHP baru di direktori root situs WordPress kalian, dengan isi baris scriptnya seperti di bawah ini, cukup ubah nilai db_user dan db_password:

<?php

$test = mysql_connect( ‘localhost’ , ‘db_user’ , ‘db_password’ );

if (! $test ) {

die ( ‘MySQL Error: ‘ . mysql_error());

}

echo ‘Database connection is working properly!’ ; mysql_close( $testConnection );

Simpan dengan nama file checkdb.php.

Setelah tersimpan buka file tersebut di browser https://yourdomain.com/checkdb.php. Jika kalian mendapatkan pesan “MySQL Error: Access denied” maka dipastikan jika username atau password kalian masih salah.

Tetapi jika pesan yang didapatkan adalah “Database connection is working properly.” maka berarti jika username dan password yang sudah dimasukkan sudah benar.

Server Database Mati

Penyebab lainnya dari munculnya pesan Error Establishing Database pada situs wordpress adalah tidak berjalannya server database kalian.

Jika kalian menggunakan VPS, kalian bisa melakukan ssh dan coba restart server secara keseluruhan ataupun server database MYSQL nya saja.

Tetapi jika kalian menggunakan shared hosting, kalian perlu membuat tiket dan melakukan komplain ke penyedia layanan

Memperbaiki Database Rusak

Jika kedua cara di atas ternyata masih belum bisa mengatasi permasalahan kalian, maka ada kemungkinan jika database situs wordpress kalian sedang rusak.

Untuk memastikan hal ini dan untuk memperbaiki database situs wordpress yang rusak, maka kalian perlu menambahkan satu baris kode ini di file wp-config.php.

define( ‘WP_ALLOW_REPAIR’ , true);

Tambahkan baris kode di atas di bawah sendiri, sehingga kode wp-config.php akan menjadi seperti ini

Simpan file wp-config.php yang telah ditambahkan satu baris script tadi, dan kemudian akses alamat https://yourdomain.com/wp-admin/maint/repair.php.

Kalian kemudian akan diberikan dua pilihan untuk melakukan repair, silahkan pilih yang dibutuhkan.

Jika seandainya langkah ini tidak berhasil karena ada tabel database yang rusak, maka langkah berikutnya adalah memperbaiki tabel database yang rusak tersebut melalui phpmyadmin.