Cara Membuat Surat Izin Sakit Untuk Anak Sekolah

Bagaimana cara membuat surat izin sakit untuk anak-anak yang masih bersekolah?

Disaat pergantian musim seperti saat ini, tubuh memang rentan terserang penyakit, terutama tubuh anak-anak. Sakit pilek, batuk dan demam akan mudah sekali menyerang tubuh.

Di saat pandemi seperti saat ini, sakit pilek, batuk dan demam akan menjadi sakit yang sangat serius, karena ketiganya merupakan indikasi serangan virus covid-19.

Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, sebagai orang tua kita wajib untuk mengawasi kondisi kesehatan buah hati kita.

Apakah saat ini anak-anak kita sedang sakit pilek, batuk atau bahkan demam. Sebagai orang tua, anda wajib ikut memantau.

Jika saat ini buah hati anda terserang sakit, lebih baik jika sebagai orang tua anda berperan aktif untuk melarang anak pergi ke sekolah terlebih dahulu dan memberikan waktu yang cukup pada anak anda untuk berisitirahat di rumah sampai buah hati Anda sembuh kembali.

Lalu bagaimana cara membuat surat ijin sakit ke guru sekolah anak Anda?

Cara membuat surat atau pemberitahuan tidak masuk sekolah sebenarnya sangat mudah.

Dengan kecanggihan dan kecepatan teknologi saat ini bisa menggunakan metode Whatsapp yang dikirimkan ke wali kelas buah hati anda, atau jika anda merasa kurang berkirim kabar lewat Whatsapp, anda juga bisa membuat surat ijin sakit untuk anak anda.

Membuat Izin Sakit Melalui Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu metode komunikasi dua arah yang sudah sangat lazim digunakan saat ini.

Pemberitahuan resmi secara sementara bisa dilakukan melalui Whatsapp dan kemudian bisa disusulkan dengan surat resmi ataupun pertemuan resmi.

Jika anda ingin membuat surat izin sakit melalui whatsapp bisa menggunakan kalimat seperti berikut ini:

“Selamat pagi Bapak/Ibu Wali Kelas (sebutkan nama kelas anak anda). Hari ini ananda (sebutkan nama putra/putri anda) sedang sakit dan tidak bisa masuk mengikuti pelajaran di sekolah atau daring seperti biasanya. Terima kasih atas pengertiannya, semoga ananda bisa segera sehat kembali. (sebutkan nama anda).”

Biasanya dengan cepat guru wali kelas putra/putri anda akan membalasnya dengan cepat dan memberikan izin untuk tidak mengikuti pelajaran di sekolah ataupun daring.

Membuat Surat Izin Sakit

Jika surat izin sakit tidak masuk sekolah lewat WA anda rasa kurang tepat dan lebih tepat dengan membuat surat dengan tulisan tangan, maka anda bisa membuat surat izin sakit melalui surat ijin sakit yang bisa dikirimkan ke pihak sekolah.

Cara membuat izin tidak masuk sekolah ini juga sangat mudah.

“Kepada Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas (sebutkan nama kelasnya)
di tempat,

Dengan hormat,

Bersama ini Kami beritahukan bahwa anak saya yang bernama:
Nama: (sebutkan nama putra/putri Anda)
Kelas: (sebutkan kelas putra/putri anda)

Tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah seperti biasanya dikarenakan sedang sakit.

Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu sekalian, semoga anak kami segera diberi kesembuhan dan bisa mengikuti pelajaran di sekolah lagi.

Hormat kami,

(tanda tangan orang tua)
(nama terang orang tua)

Saat mengirimkan surat ini ke pihak wali kelas di sekolah, masukkan surat ijin sakit ini ke dalam sebuah amplop.

Di amplop berikan tulisan untuk ditujukan kepada wali kelas anak Anda.

Itulah cara membuat surat izin tidak masuk sekolah melalui WA maupun surat tertulis.

Surat dari orang tua ini biasanya berlaku tidak lebih dari satu atau dua hari, jika anak anda masih belum bisa mengikuti pelajaran lagi di hari berikutnya, maka anda harus menyertakan surat ijin sakit dari dokter.