Cara Bayar Pajak Kendaraan (STNK) Online Melalui Aplikasi Tokopedia

Cara bayar pajak kendaraan (STNK) sekarang semakin mudah saja berkat kemajuan teknologi informasi yang semakin maju juga.

Jika dulu cara bayar pajak kendaraan (STNK) harus datang ke SAMSAT dan kemudian mengisi formulir serta harus antri hingga kurang lebih satu jam, kini dengan kemajuan teknologi bayar pajak kendaraan dapat dilakukan kurang dari 10 menit.

Cara pembayaran Pajak Kendaraan (STNK) ini memang baru dalam beberapa bulan terakhir bisa dilakukan.

Sebelumnya pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan melalui outlet-outlet Indomaret, namun sekarang beberapa aplikasi toko online seperti Tokopedia dan LinkAja telah memiliki fitur pembayaran pajak kendaraan secara online ini.

Bayar Pajak Kendaraan (STNK) Mobil / Motor

Pembayaran pajak kendaraan (STNK) mobil / motor merupakan salah satu hal yang harus dilakukan setiap tahun sekali.

Meskipun hanya dilakukan setiap satu tahun sekali, namun tak jarang ada juga beberapa orang yang enggan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor ini dengan alasan ribet dan malas antri.

Tetapi saat ini, alasan malas antri dan ribet ini seharusnya telah terkikis habis, karena SAMSAT telah mempermudah pemilik kendaraan untuk dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor mereka tanpa harus datang ke kantor SAMSAT.

Bayar Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi

Cara paling mudah tanpa ribet untuk membayar pajak kendaraan bermotor ini adalah melalui aplikasi toko online seperti yang dimilik oleh Tokopedia.

Nanyak mencoba melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor melalui aplikasi Tokopedia ini.

Haslinya, pajak kendaraan bermotor milik Nanyak sudah terbayar dalam jangka waktu kurang dari 10 menit saja.

Berikut ini cara membayar pajak kendaraan bermotor di aplikasi Tokopedia:

1 Aplikasi Tokopedia
Buka aplikasi Tokopedia, atau jika kalian belum memilikinya bisa mengunduhnya terlebih dahulu di App Store maupun di Play Store.

2 e-Samsat
Masuk ke menu e-Samsat yang ada di menu Pajak yang ada ada di bagian transaksi Tokopedia.

3 Isi Data
Isi data yang diminta oleh aplikasi tersebut.
Data yang dibutuhkan antara lain adalah wilayah, nomor polisi kendaraan bermotor kalian, nomor mesin dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

4 Bayar
Setelah data diisi dan benar, barulah kalian akan dapat melakukan pembayarannya melalui pembayaran yang disediakan oleh Tokopedia seperti kartu kredit, saldo Ovo ataupun transfer ke bank.

5 Cetak
Setelah pembayaran berhasil dilakukan, kalian akan mendapatkan SMS dari SAMSAT jika pembayaran pajak kendaraan telah berhasil dilakukan.

Dalam SMS tersebut juga disertakan tautan atau link yang jika diklik merupakan Pajak Kendaraan Bermotor kalian yang sudah terbayar dan siap dicetak.

Saat ini belum semua wilayah SAMSAT bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online.

Tokopedia sendiri masih bisa melayani wilayah seperti Kepulauan Riau, Jatim, Jateng dan Jabar.