Berita Tsunami Terkini: BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami AKibat Gempa Magnitudo 7,4

Photo of author
Penulis Nanyak

BMKG merilis pemberitahuan terbaru mengenai peringatan dini tsunami yang diakibatkan karena gempa magnitudo 7,4 yang terjadi di laut Flores, Larantuka – NTT.

Sebelumnya BMKG merilis peringatan dini tsunami yang berpotensi terjadi di sejumlah daerah seperti Maluku, NTB, NTT, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Bahkan tsunami kecil sempat terdeteksi di Marapokot pada hari Selasa (14/12/2021) pukul 10:36 WIB. Tinggi tsunami akibat gempa NTT ini setinggi 0,07 meter atau hanya 7 cm saja.

“Pemutakhiran Peringatan Dini #Tsunami akibat #Gempa Magnitudo: 7.4 (113 km BaratLaut LARANTUKA-NTT), telah terdeteksi di MARAPOKOT(10:36WIB)0.07m, REO(10:39WIB)0.07m #BMKG” tulis BMKG di akun Twitter milik BMKG.

Namun setelah lewat dari dua jam sejak gempa magnitudo 7,4 di NTT yang juga dirasakan di Makassar ini terjadi, BMKG kemudian membuat pengumuman baru terkait tsunami dan menyatakan jika peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa magnitudo 7,4 telah berakhir.

“#Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:7.4, tanggal: 14-Dec-21 10:20:23 WIB, dinyatakan telah berakhir#BMKG” tulis akun Twitter BMKG terkini.

Sebenarnya usai terjadinya gempa besar ini, di seputaran perairan Flores kemudian juga terjadi gempa susulan dengan magnitudo yang lebih kecil.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa susulan dengan magnitudo 5 juga terjadi di kedalaman 10 km, 14 Des 2021 12:46:41 WIB, Koordinat: 7.54 LS-121.78 BT (129 km BaratLaut MAUMERE-SIKKA-NTT), Tidak berpotensi tsunami.

  • Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa kembali mengguncang Jakarta pada Hari Sabtu (3/12/2022) sore ini. Menurut laporan awal BMKG, Gempa yang melanda Jakarta ini berpusat di Barat Data Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitude 6,4. Gempa yang berpusat di Garut Dan dirasakan hingga Jakarta ini langsung menjadi trending topic di jagat Twitter.


  • Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store hadir dengan konsep baru yang menarik di Mall Olympic Garden (MOG) Malang yang akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda karena memberikan personalisasi bagi konsumen. Refit  Levi’s®  store  di  Malang  ini  adalah  strategi  Levi’s®️  untuk  terus  mengakselerasi  laju  bisnisnya  di Indonesia serta memperluas jangkauan produk dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi ... Read more


  • FOTO: Walikota Batu Dewanti Rumpoko Hadir Untuk Serahkan Hadiah Di Batu Street Food Festival

    FOTO: Walikota Batu Dewanti Rumpoko Hadir Untuk Serahkan Hadiah Di Batu Street Food Festival

    Walikota Batu, Dewanti Rumpoko hadir di Batu Street Food Festival (BSFF) 2022 Untuk menyerahkan Hadiah kepada para pemenang lomba fashion show di event tahunan Kota Batu.