Beras Coklat: Harga, Manfaat, Rasa Hingga Cara Memasak Beras Coklat

Photo of author
Penulis Nanyak

Beras coklat, namanya akhir-akhir lebih sering disebut-sebut oleh orang-orang yang peduli dengan kesehatannya.

Jelas saja, karena beras coklat sendiri memliki banyak manfaat untuk orang-orang yang mau mengkonsumsinya setiap hari.

Manfaat beras coklat sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan manfaat beras merah.

Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, baik beras merah maupun beras cokelat, merupakan sumber serat, vitamin B, kalsium, seng, zat besi, mangan, selenium, serta nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh.

Bagi orang-orang yang menderita penyakit diabetes, beras coklat juga bisa digantikan untuk konsumsi makan pengganti beras putih seperti halnya saat mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih.

Manfaat Beras Coklat

Beras Coklat Premium Brown Rice adalah beras sehat yang di tutu / ditumbuk secara tradisional tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya dan pengawer.

Beras Coklat ini sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet atau untuk Anda yang sedan mencari pengganti beras merah untuk konsumsi penderita diabetes.

Sama halnya seperti Beras Merah, Beras Coklat juga banyak direkomendasikan oleh Dokter Gizi untuk menjaga kesehatan kalian ataupun untuk menurunkan berat badan kalian.

Kenapa beras coklat direkomendasikan oleh banyak ahli gizi?
Karena beras coklat memiliki kandungan 900% lebih banyak serat, serta 80% lebih banyak kandungan gizi daripada beras putih.

Dan… beras Coklat juga memiliki rasa yang lebih enak dan pulen daripada beras merah, jadi buat kalian yang mencoba beralih dari beras putih, bisa beralih terlebih dahulu ke beras coklat.

Manfaat Beras Coklat:

1 Dapat mencegah penyakit jantung
2 Dapat mencegah penyakit jantung stroke
3 Menekan resiko kanker usus
4 Menekan resiko kanker usus payudara
5 Sangat dianjurkan untuk penderita DIABETES

Beda Beras Coklat dengan Beras Merah

Lalu apa bedanya beras merah dan beras coklat?

Dibandingkan beras merah, pamor atau ketenaran beras coklat memang masih kalah. Namun untuk kandungan nutrisi, kandungan nutrisi beras coklat tidak kalah bahkan sama dengan kandungan nutrisi yang ada pada beras merah.

Secara fisik beras merah dan beras coklat bisa dilihat perbedaannya pada warna berasnya.

Jika beras merah warnanya berwarna merah, maka beras coklat warnanya terlihat coklat seperti warna beras yang masih ada kulitnya.

Pengertian Beras Coklat

Karena pamor beras coklat yang kalah dengan beras merah, tentu masih banyak yang bertanya-tanya, apa sih beras coklat itu?
Apakah diwarna sehingga ada warna coklatnya?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu memang sudah biasa dilontarkan oleh orang-orang yang baru pertama kali mendengar istilah beras coklat.

Sebelum kita membahas mengenai pengertian beras coklat, kita perlu tahu terlebih dahulu jika pada dasarnya beras putih yang dikonsumsi sehari-hari sebenarnya berasal dari beras coklat yang mengalami proses pengikisan atau penyosohan lanjut setelah proses pecah kulit, sehingga lapisan bekatulnya yang berwarna coklat telah terlepas dan menghasilkan beras putih.

Cara pengolahan beras coklat, diolah dengan tradisional. Sumber: ndogbaris.com

Nah dari sini kita sudah bisa menyimpulkan jika pengertian dari beras coklat adalah berasal sama dari beras putih, hanya saja beras coklat masih diliputi oleh lapisan bekatul yang berwarna coklat dan mengandung serat maka pada saat dikonsumsi, karbohidrat dalam beras coklat mengalami pencernaan menjadi glukosa dalam saluran penceraan secara lebih lambat dan menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah yang lambat (sumber: bpkn.go.id).

Rasa Beras Coklat

Rasa beras coklat memang sedikit berbeda dengan rasa beras putih.

Tetapi buat kalian yang terbiasa mengkonsumsi beras merah, rasa beras coklat tidaklah berbeda jauh dengan rasa beras merah, hanya saja rasa beras coklat tidaklah se-sepa rasa beras merah.

Rasa beras coklat meskipun sepa tetapi masih terasa sedikit manisnya, tetapi tentu saja rasanya tidak semanis rasa beras putih.

Merk Beras Coklat Yang Bagus

Merk beras coklat yang bagus sebenarnya menurut Nanyak juga tidak bisa dipastikan kedalam satu merk beras coklat saja.

Nanyak sudah mencoba merk beras coklat keluaran dari salah satu UMKM di Malang yang bernama Ndog Baris. Selama mencoba dan mengkonsumsi, rasanya sama seperti mengkonsumsi beras coklat dengan merk-merk yang disarankan oleh beberapa teman yang katanya lebih ber-merk.

Bahkan menurut salah satu motivator nomor satu di Indonesia, rasa merk beras coklat dari Ndog Baris ini masih lebih enak daripada merk beras coklat yang lain.

Tetapi sebenarnya apapun merk beras coklatnya, kita tidak perlu memikirkannya, toh yang kita butuhkan adalah khasiatnya dan kita tidak makan merk beras coklatnya bukan?

Harga Beras Coklat

Harga beras coklat di pasaran, seperti di toko online maupun di supermarket sebenarnya cukup beragam.

Dan para penjual beras coklat juga mengemas beras coklat ini ke dalam kemasan yang berbeda-beda sama halnya seperti saat mereka menjual beras putih.

Kemasan ini tentu saja akan mempengaruhi harga beras coklat yang dijual.
Kemasan yang tersedia saat ini ada mulai kemasan 1kg, 2kg dan 5.kg.

Tetapi yang lebih sering dibeli oleh orang biasanya beras coklat kemasan 1Kg dan beras coklat kemasan 5Kg

Harga Beras Coklat 5kg

Harga beras coklat per kilo biasanya dijual mulai sekitaran Rp 30.000,- an namun saat ini ada beberapa juga yang menjual beras coklat dengan harga mulai Rp 18.000 – Rp 22.000 dan biasanya harga beras coklat ini berasal langsung dari petani.

Harga Beras Coklat 1kg

Harga beras coklat yang Nanyak konsumsi sendiri seharga Rp 65.000,-.
Lho kok mahal?

Nggak kok, harga beras coklat Rp 65.000,- itu sudah mendapatkan beras coklat seberat Rp 5 kg.
Nah, jadi kalau dibagi lima, maka perkilonya, harga beras coklat yang Nanyak konsumsi hanya seharga Rp 13.000,- saja. Harga beras coklat yang murah banget kan?

Mau beli beras coklat murah yang Nanyak konsumsi?
Silahkan klik tautan Harga Beras Coklat Murah ini ya

Cara Memasak Beras Coklat

Nah, bagi kalian yang sudah tertarik untuk mengkonsumsi beras coklat, tentu juga bertanya-tanya, bagaimana sih cara memasak beras coklat ini?

Cara memasak beras coklat ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu sama dengan memasak beras putih. Serius, tidak ada bedanya cara memasak beras coklat ini dengan cara memasak beras putih.

Namun, ada juga sebagian orang yang agak membedakan cara memasak beras coklat ini yaitu dengan merendamnya selama beberapa waktu terlebih dahulu sebelum kemudian memasak beras coklat dengan cara yang sama seperti saat memasak beras putih.

Olahan Beras Coklat

Olahan beras coklat sebenarnya tidak berbeda dengan olahan beras merah ataupun beras putih.

Olahan beras coklat bisa juga dibuat untuk berbagai macam olahan masakan dengan nasi coklat sebagai pengganti nasi putihnya dan kemudian dipadu dengan masakan pendamping sebagai lauknya.