Begini Contoh Ucapan Hari Raya Nyepi Yang Bisa Digunakan

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Hari Raya Nyepi tahun 2021 atau tahun Caka 1943 akan jatuh pada hari Minggu (14/3/2021) besok.

Sebagai bagian dari masyarakat yang hidup di Indonesia, sudah sewajarnya apabila kita ikut menjaga dan menghormati kesucian perayaan Hari Raya Nyepi yang dirayakan oleh umat beragama Hindu.

Wujud dari menjaga toleransi dan menghormati antar umat beragama salah satunya bisa dilakukan dalam memberikan ucapan Hari Raya Nyepi kepada sanak saudara maupun teman kita yang beragama Hindu.

Ucapan selamat hari Raya Nyepi ini sendiri saat ini telah banyak beredar di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Tik Tok.

Sejarah Ucapan Hari Raya Nyepi

Sejarah memberikan ucapan hari Raya Nyepi kepada umat Hindu atau sesama umat Hindu ternyata baru terjadi di tahun 1990-an.

Seperti yang disampaikan oleh Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana melalui Kompas.com, sebelumnya tradisi pertukaran memberikan ucapan hari Raya Nyepi kepada sesama umat beragama Hindu tidak pernah terjadi, sampai ada akhirnya di tahun 1990-an saling bertukar memberikan ucapan hari raya Nyepi menjadi tren.

Etika Memberi Ucapan Hari Raya Nyepi

Lalu bagaimanakah tata cara atau etika memberikan ucapan hari Raya Nyepi kepada teman, saudara atau kerabat yang beragama Hindu?

Etika memberikan ucapan hari Raya Nyepi kepada umat beragama Hindu ternyata sangat mudah.

Ucapan bisa diberikan dengan bahasa Indonesia dengan kata-kata seperti berikut:

  1. “Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga kebaikan-kebaikan akan terjadi di masa yang akan datang, dan semoga perayaan ini membawa hal yang baik”
  2. Selamat Hari Raya Nyepi untuk (sebutkan nama) dan keluarga. Semoga Nyepi memberikan kedamaian dan ketenangan jiwa sepanjang hidup.
  3. Selamat menjalankan Catur Brata Penyepian, Tahun Baru Saka 1943
  4. Gemericik air suci mengalir di dalam hati. Selamat Hari Nyepi. Damai di bumi, bahagia di langit

Selain menulis kata-kata ucapan hari Raya Nyepi yang ditujukan kepada teman, saudara, sahabat maupun kerabat, kalian juga bisa memberikan ucapan selamat hari raya Nyepi dengan melampirkan foto yang disertai caption atau keterangan foto seperti di atas.

  • Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Peringati Isra Mi’raj, Mahasiswa KKN UNIRA Malang Gelar Lomba

    Malang (Nanyak.com) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIRA Malang mengadakan acara perlombaan dalam peringatan Isra Mi’raj 2024 di TPQ Al-Basyir Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Sabtu (10/3/2024). Acara dihadiri oleh Asatidz dan Asatidzah TPQ Al-Basyir, anggota KKN, dan santriwan santriwati. Lomba yang diadakan ada lima kategori yaitu Lomba pidato, tartil, menghafal surat pendek, menghafal…


  • HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    HargaPupuk Mahal, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Ke Petani

    Malang (Nanyak.com) – Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Karangsuko Kec. Pagelaran Kab. Malang, dan mayoritas petani di desa tersebut adalah petani padi dan tebu.  Mahasiswa KKN UNIRA kemudian mengadakan sosialisasi pembuatan pupuk dengan tujuan untuk membantu para petani dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dialami yaitu pupuk yang langka dan harganya mahal. …


  • KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    KKNT UNIRA MALANG KELOMPOK 19, Menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint di Kantor Desa Karangsuko

    NT UNIRA Malang kelompok 19 menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint kepada Ibu PKK Desa Karangsuko, Pagelaran, Malang. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 2 Februari 2024 di Balai Desa Karangsuko. Peserta undangan dihadiri oleh Ibu PKK, dan juga mendatangkan Ibu DPL Kelompok 19 yaitu Ibu Nur Al maida, M.Pd, beserta Pemateri Pelatihan Ecoprint yaitu Dosen dari…