Begini Contoh Ucapan Hari Raya Nyepi Yang Bisa Digunakan

Photo of author
Penulis Nanyak

Hari Raya Nyepi tahun 2021 atau tahun Caka 1943 akan jatuh pada hari Minggu (14/3/2021) besok.

Sebagai bagian dari masyarakat yang hidup di Indonesia, sudah sewajarnya apabila kita ikut menjaga dan menghormati kesucian perayaan Hari Raya Nyepi yang dirayakan oleh umat beragama Hindu.

Wujud dari menjaga toleransi dan menghormati antar umat beragama salah satunya bisa dilakukan dalam memberikan ucapan Hari Raya Nyepi kepada sanak saudara maupun teman kita yang beragama Hindu.

Ucapan selamat hari Raya Nyepi ini sendiri saat ini telah banyak beredar di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Tik Tok.

Sejarah Ucapan Hari Raya Nyepi

Sejarah memberikan ucapan hari Raya Nyepi kepada umat Hindu atau sesama umat Hindu ternyata baru terjadi di tahun 1990-an.

Seperti yang disampaikan oleh Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana melalui Kompas.com, sebelumnya tradisi pertukaran memberikan ucapan hari Raya Nyepi kepada sesama umat beragama Hindu tidak pernah terjadi, sampai ada akhirnya di tahun 1990-an saling bertukar memberikan ucapan hari raya Nyepi menjadi tren.

Etika Memberi Ucapan Hari Raya Nyepi

Lalu bagaimanakah tata cara atau etika memberikan ucapan hari Raya Nyepi kepada teman, saudara atau kerabat yang beragama Hindu?

Etika memberikan ucapan hari Raya Nyepi kepada umat beragama Hindu ternyata sangat mudah.

Ucapan bisa diberikan dengan bahasa Indonesia dengan kata-kata seperti berikut:

  1. “Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga kebaikan-kebaikan akan terjadi di masa yang akan datang, dan semoga perayaan ini membawa hal yang baik”
  2. Selamat Hari Raya Nyepi untuk (sebutkan nama) dan keluarga. Semoga Nyepi memberikan kedamaian dan ketenangan jiwa sepanjang hidup.
  3. Selamat menjalankan Catur Brata Penyepian, Tahun Baru Saka 1943
  4. Gemericik air suci mengalir di dalam hati. Selamat Hari Nyepi. Damai di bumi, bahagia di langit

Selain menulis kata-kata ucapan hari Raya Nyepi yang ditujukan kepada teman, saudara, sahabat maupun kerabat, kalian juga bisa memberikan ucapan selamat hari raya Nyepi dengan melampirkan foto yang disertai caption atau keterangan foto seperti di atas.

  • Gibran Cari Orang Yang Marah-Marah Di Tengah Jalan

    Gibran Cari Orang Yang Marah-Marah Di Tengah Jalan

    Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo mencari orang yang marah-marah di tengah jalan. Niatan Gibran mencari orang yang marah-marah tersebut terungkap dalam akun twitter Gibran, “Saya cari”, tulis Gbran singkat dalam akun Twitter pribadinya tersebut sembari mengunggah video milik akun @revelurra yang menayangkan sosok laki-laki berbaju merah berbadan besar yang sedang marah-marah di tengah jalan. Dalam ... Read more


  • Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa kembali mengguncang Jakarta pada Hari Sabtu (3/12/2022) sore ini. Menurut laporan awal BMKG, Gempa yang melanda Jakarta ini berpusat di Barat Data Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitude 6,4. Gempa yang berpusat di Garut Dan dirasakan hingga Jakarta ini langsung menjadi trending topic di jagat Twitter.


  • Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store hadir dengan konsep baru yang menarik di Mall Olympic Garden (MOG) Malang yang akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda karena memberikan personalisasi bagi konsumen. Refit  Levi’s®  store  di  Malang  ini  adalah  strategi  Levi’s®️  untuk  terus  mengakselerasi  laju  bisnisnya  di Indonesia serta memperluas jangkauan produk dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi ... Read more