Army Festival Day

Begini Cara Mengolah Bunga Telang Rasa Bintang Lima ala Ibu-Ibu Pandanwangi Malang

Bagaimana cara mengolah bunga telang untuk menghasilkan cita rasa kelas atas bintang lima?

Kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok PKK RW 12 Pandanwangi Kota Malang ini memiliki jawabannya.

Pada hari Sabtu (18/6/2022) Kelompok PKK RW 12 Pandanwangi berkesempatan menunjukkan cara mengolah bunga telang terhadap hasil tanaman budidaya bunga telang yang telah dipanen.

Namun sebelum kita mengetahui cara mengolah bungal telang tersebut, alangkah baiknya kita mengenal tanaman bunga telang itu sendiri.

Bunga telang adalah tumbuhan merambat yang biasanya banyak dijumpai di tepi hutan, namun saat ini sudah sangat mudah dijumpai di pekarangan rumah-rumah di perkotaan.

Sejak dulu tanaman bunga telang sebenarnya sudah dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena warna bunganya yang menarik dan bisa tumbuh banyak, namun sekarang bunga telang tidak hanya jadi tanaman hias, tetapi sudah bisa diolah.

Tim Juri TP PKK Kelurahan Pandanwangi bersama Kelompok PKK RW12 Pandanwangi melakukan sesi foto bersama
Tim Juri TP PKK Kelurahan Pandanwangi bersama Kelompok PKK RW12 Pandanwangi melakukan sesi foto bersama

Dalam lomba antar RW yang diadakan, ibu-ibu PKK RW 12 Pandanwangi mendemokan beberapa produk olahan dari bunga telang.

Dewi Citra Larasati S.AP, M.Si, Ketua TP PKK Pandanwangi selaku Juri mengatakan jika kriteria penilaian lomba ini sudah ditentukan.

“Yang di lombakan yakni Gerakan Budidaya Bunga Telang dan Olahan Bunga Telang dengan kriteria penilaian yang sudah di tentukan” Ungkap Dewi Citra Larasati S. AP MSi Ketua TP PKK Pandanwangi selaku Juri.

Perwakilan Kelompok PKK RW 12 Pandanwangi menjelaskan salah satu olahan menu Bunga Telang Kepada tim Juri
Perwakilan Kelompok PKK RW 12 Pandanwangi menjelaskan salah satu olahan menu Bunga Telang Kepada tim Juri

Dengan antusias ibu-ibu PKK ini menunjukkan kepada tim juri letak penanaman bunga telang dengan memanfaatkan tempat yang ada dan olahan hasil bunga Telang.

Selain dikenal menjadi tanaman hias Bunga Telang juga dapat digunakan menjadi pewarna alami maupun menjadi olahan makanan yang lezat seperti hasil karya dari Kelompok PKK RW12 Pandanwangi ini.

“Ada dua menu olahan bunga Telang yang kami sajikan dengan nama Putri Mandi Salin Klambi dan Udang Rolade Dinamit Saus Mayo Telang” ungkap Tatiek Koerniawati Andajani selaku Ketua Kelompok PKK RW 12,

Salah satu Menu olahan Bunga Telang
Salah satu Menu olahan Bunga Telang

Olahan bunga Telang ini menjadi inovasi kelompok PKK RW12 Pandanwangi untuk menunjukkan kreativitas dalam pengolahan bunga Telang.

“Dan tentunya bisa menjadi motivasi kepada kelompok PKK RW yang lain untuk terus berinovasi dalam menunjukkan kreativitasnya”, tambah Dewi Citra Larasati S. Ap Msi

Kekompakan tim menjadi aspek penting dalam mewujudkan inovasi tersebut.

Bibit bunga telang yang dibagikan ke tiap RW oleh tim PKK Kota, kini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Gerakan Budidaya Bunga Telang (Gerbudbute) masuk dalam program PKK Kota Malang dengan harapan menjadikan Kota Malang sebagai sentra bunga telang.

“Bantinya hasil penilaian lomba akan diumumkan pada hari Rabu 22 Juni 2022 di Aula Kelurahan Pandanwangi”, tutup wanita murah senyum itu.

Tim Juri didampingi perwakilan kelompok PKK RW 12 Pandanwangi melakukan penilaian Gerbudbute (Gerakan Budidaya Bunga Telang)
Tim Juri didampingi perwakilan kelompok PKK RW 12 Pandanwangi melakukan penilaian Gerbudbute (Gerakan Budidaya Bunga Telang)

Salah satu cara mengolah bunga telang yang mudah adalah dengan membuatnya menjadi teh, atau biasa yang dikenal oleh masyarakat sebagai blue tea.

Cara mengolah bunga telang menjadi blue tea pun sangat mudah, karena tinggal menyeduh bunga telang yang segar ataupun yang sudah kering dengan air panas.

Tinggalkan komentar